Saturday, July 9, 2022

Bikin Buku? Indscript Creative Publisher Saja!

Cara Bikin Buku Cepat Bersama Indie Publisher

Penulis: Dhona Maria Ananda


Sumber foto: Think Pink

Teman-teman, menerbitkan buku karya sendiri merupakan impian setiap penulis. Tak jarang banyak penulis yang mengurungkan niatnya, karena para penerbit buku besar memiliki standar penyeleksian yang ketat.


Namun, jangan khawatir, di masa sekarang ini ada banyak penerbit indie dan self publishing yang memberi peluang para penulis untuk bertumbuh bersama. Termasuk, menerbitkan karyanya. Lantas, apa bedanya istilah tersebut? Mari simak penjelasannya.


Definisi

Self publishing: penulis melakukan segala sesuatu yang berkaitan dengan penerbitan buku secara mandiri.

Indie publisher: Jasa penerbitan buku. Dengan kata lain, mereka menyediakan pelayanan segala sesuatu yang berkaitan dengan penerbitan buku.


Cara menerbitkan buku

Self publishing: Penulis memiliki kebebasan dalam menentukan jumlah eksemplar buku yang dicetak.

Indie publisher: Penerbit mengurus semua hal yang berkaitan dengan percetakan. Jumlah eksemplar disesuaikan dengan modal yang dimiliki penulis.


Biaya yang dikeluarkan

Self publishing: mulai dari Rp.500.000, buku yang tercetak belasan hingga puluhan eksemplar.

Indie publisher: bergantung pada jumlah halaman dan bahan baku.


Alokasi biaya

Self publishing dan indie publisher, mengalokasikan biayanya bagi jasa penyuntingan, pembuatan sampul buku, teknis percetakan dan bahan baku buku.


Sistem Distribusi

Self publishing: Buku dipasarkan oleh penulis.

Indie publisher: Buku dipasarkan oleh tim penerbit ke toko-toko buku Indie. Penulis diberi kebebasan untuk terlibat atau tidak dalam proses pemasaran.


Indscript Creative Indie Publisher

Teman-teman, semakin menjamurnya indie publisher dalam dunia percetakan buku, terkadang dapat membuat teman kebingungan. Iya, bingung menentukan pilihan mengenai mutu indie publisher yang sesuai antara kualitas dan harga.


Nah, daripada teman bingung menentukan pilihan ada baiknya kenali terlebih dahulu penerbit indie yang akan diajak kerjasama. Misalnya dengan mengikuti kelas pelatihan menulis, marketing buku, dan lain-lain. Hah? Memang ada indie publisher sekaligus merangkap training center? Ada dong. Salah satunya adalah melalui kelas-kelas menulis yang dilaksanakan oleh tim Indscript Creative. 


Indscript Creative sendiri adalah perusahaan yang bergerak di dunia penulisan dan bisnis. Pada awalnya, Indscript Creative adalah agen naskah yang menjadi jembatan antara penerbit dengan penulis. Seiring waktu, perusahaan berkembang menjadi tiga lini inti, yaitu indie publisher, jasa copywriting dan training center


Founder dari Indscript Creative sendiri, Indari Mastuti, merupakan seorang veteran dalam dunia literasi. Beliau memulai karirnya sebagai penulis artikel pada tahun 1996. Sekarang, Indari Mastuti yang kerap akrab dengan sapaan Teh Iin atau Bubup, telah menetaskan banyak sekali penulis baru. Di antaranya melalui program kelas menulis antologi dan kelas menulis artikel. 


Kerennya, Indari Mastuti sendiri sampai saat ini masih terjun bergerilya di komunitas yang dibangunnya semenjak tahun 2010. Namanya komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) dan Ibu-ibu Doyan Bisnis (IIDB). Jangan khawatir teman, meski judulnya diawali dengan kata ibu-ibu, isinya sangat beragam. Banyak anggota yang masih lajang, bahkan ada bapak-bapak yang ikut bergabung.


Teman-teman, di tahun 2022, Indari Mastuti dengan Indscript Creative telah berekspansi ke All in One Copywriting service. Hal ini meliputi: penulisan konten website, blogger review, pembuatan company profile, konten media sosial, penulisan biografi, ghostwriter, outsource copywriter, kelas pendampingan penulisan buku dan buzzer. Mantap sekali, bukan? Dijamin akan banyak sekali ilmu dan pengetahuan dunia literasi yang akan teman dapatkan. Tentunya agar tidak jenuh, semua program dikemas dengan cara yang menyenangkan dan menyegarkan ala Indari Mastuti.


Jadi gimana teman, mau menerbitkan karya tulis sendiri? Gabung Indscript Creative indie publisher aja.




Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda




No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...