Thursday, July 7, 2022

Denny Santoso, Bisnis Online dan Tribelio

Rahasia Sukses Bisnis Online Zaman Now

Penulis: Dhona Maria Ananda

Mengenal pentingnya konsep Tribes bersama founder Tribelio, Denny Santoso

Denny Santoso Tribelio

Sumber foto: dennysantoso.id

Teman-teman, Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan keberagaman suku bangsa. Menurut situs website Gramedia, ada lebih dari sekitar 1300 suku bangsa yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Hebatnya, keragaman suku yang ada Indonesia tersebut tidak membuat bangsa Indonesia terpecah belah. Sebaliknya keragaman tersebut menjadi pemersatu bangsa, sesuai dengan sila ketiga pancasila. 

Namun, tahukah teman-teman bahwa istilah suku bangsa atau Tribes telah lama diadopsi ke dalam dunia bisnis online? Kira-kira apa korelasinya terhadap dunia bisnis? Dan kenapa hal tersebut menjadi poin penting dalam berbisnis di dunia digital? Mari kita bahas lebih lanjut di artikel ini.

Definisi Suku Bangsa dan Tribes

Teman-teman, menurut Wikipedia etnis atau suku bangsa adalah suatu golongan atau kelompok manusia yang anggota-anggotanya mengidentifikasikan dirinya dengan sesamanya. Baik dalam hal budaya, bahasa, agama, perilaku dan ciri-ciri biologis. Namun, pada umumnya identifikasi terjadi berdasarkan garis keturunan yang dianggap sama. 

Dalam kutipan buku yang berjudul "Tribes" karya Seth Godin, dijelaskan bahwa "A tribe is any group of people, large or small, who are connected to one another, a leader and an idea. For millions of years, humans have been seeking out tribes, be they religious, ethnic, economic, political, or even musical. It's our nature."

Singkatnya, Tribes adalah sekumpulan orang dengan satu pemimpin, yang memiliki frekuensi sama (ide dan pemikiran). Suatu Tribes dapat dikatakan kuat bila memiliki ide yang menarik, cara komunikasi yang unik dan seorang pemimpin yang tangguh. 

Contohnya, sebuah kelompok diet kenyang yang pemimpinnya merupakan kakak kelas saya di SMU. Awalnya beliau hanya memposting keberhasilannya turun berat badan di sosial media. Karena rajin posting konten, semakin lama banyak orang yang tertarik dan mencoba program dietnya. Ide menarik yang beliau usung adalah konsep menu diet kenyang. Karena pada umumnya diet memiliki konotasi sedikit makan dan identik dengan tidak kenyang. Cara komunikasi unik beliau adalah dengan memposting foto diet before-after beliau. 

Pentingnya Konsep Tribes dalam Bisnis Online

Teman-teman, mungkin ada yang bertanya, apa pentingnya Tribes dalam bisnis online? Toh, ada atau tanpa adanya Tribes bisnis tetap jalan? Jelas ada perbedaan mendasar antara bisnis berkonsep Tribes dengan yang tidak, teman. Pasalnya, bisnis berkonsep Tribes ini lebih memiliki fans setia. Ibaratnya begini teman, kalau dalam bisnis ada istilah pembeli, dalam tribes ada fans. Bila dalam bisnis ada istilah penjual, dalam Tribes ada pemimpin. Konsep Tribes ini sendiri juga sudah sejak lama diadaptasi oleh para pebisnis di dunia online, dalam upaya mengokohkan pondasi bisnisnya.

Bisnis yang dibuat dengan konsep Tribes, akan lebih mempunyai efek yang lebih kuat dibanding dengan yang tidak. Karena biasanya bisnis berkonsep Tribes memiliki tujuan yang lebih besar selain profit, yaitu impact. Iya, Tribes bisa dikatakan bukan sebuah model bisnis. Tribes lebih ditujukan bagi orang-orang yang ingin melakukan perubahan di sekitarnya. Nyawa Tribes terletak pada keinginan bersama untuk melakukan perubahan positif. Hal tersebut juga ditekankan oleh founder Tribelio, Denny Santoso. 

Tribelio dan Bisnis Online

Nah, bagi teman-teman yang masih kebingungan dalam menentukan langkah awal dalam berbisnis, jangan jadi stress ya. Karena Tribelio dan Denny Santoso menawarkan sebuah solusi yang tepat. Dengan kata lain, Tribelio adalah kendaraan yang dapat langsung dipakai agar bisnis online teman-teman kokoh layaknya Tribes. Tribelio juga telah merangkum bagaimana caranya agar bisnis online teman-teman berkonsep Tribes di dalam satu platform bisnis. Tinggal klik klik, dijamin bisnis online mu akan semakin berkembang, teman. Selain itu, pribadi kamu juga akan semakin ciamik dengan mengikuti Mindset education class dan Business education class dari Denny Santoso. 

"Business is all about building the universe. Digital business is making content, selling products and doing marketing," sahut Denny Santoso menggarisbawahi.


Jadi, gimana teman? Mau jadi chief of tribes tapi enggak pake ribet? Klik Tribelio saja!



Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda



No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...