Monday, July 11, 2022

Indari Mastuti: Kisah Eril dalam Buku Antologi

Indari Mastuti: Kisah Eril dalam Buku Antologi

Penulis: Dhona Maria Ananda


Indari Mastuti
Teman-teman, kisah Eril mengundang begitu banyak simpati berbagai kalangan masyarakat. Uniknya, banyak yang tidak mengenal sosok Eril secara langsung terutama kaum ibu, tetapi ikut merasakan kesedihan dan kehilangan yang begitu dalam.

Indari Mastuti, founder dari Indscript Creative pun merasakan hal yang sama. Oleh karenanya, ia berinisiatif untuk mengumpulkan curahan hati para ibu dan perempuan ke dalam sebuah buku Antologi bertemakan Eril. Lantas, siapa Eril? Dan apa yang membuat kisah Eril hingga dibukukan oleh Indari Mastuti? Yuk, kita simak bersama artikelnya.


Kisah Eril

Teman-teman, Emmeril Khan Mumtadz atau yang kerap disapa Eril, lahir di kota New York, 25 Juni 1999. Eril merupakan putra sulung dari pasangan Ridwan Kamil dan Atalia Praratya, yang saat ini masih berdinas sebagai Gubernur Jawa Barat. 

Eril mendapatkan pendidikan SD dan SMP di Pondok Pesantren Darul Hikam Bandung. Eril kemudian melanjutkan pendidikan di SMAN 3 Bandung dan berkuliah di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, ITB. Saat ini Eril tengah menyelesaikan tugas akhir. Rencananya setelah selesai kuliah di ITB, Eril akan melanjutkan kembali pendidikannya ke jenjang S2 di Swiss.

Namun, takdir berkehendak lain. Eril kembali 'berpulang' akibat tenggelam di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022. Jasad Eril baru ditemukan dua pekan kemudian, tepatnya pada Kamis, 9 Juni 2022, pukul 11.50 WIB, oleh Geraldine Beldi di Bendungan Engehalde Sungai Aare.

Duka mendalam seolah menyelimuti Jawa Barat. Seluruh masyarakat turut merasakan kesedihan mendalam atas kepergian Eril. Ternyata selama ini sosoknya memang dikenal sebagai pribadi yang rendah hati dan baik hati. Sehingga tak mengherankan jika ribuan orang yang ingin mendoakan dan menyalatkan jenazah Eril berdatangan ke rumah dinas Gubernur Jabar, sejak Minggu, 12 Juni 2022.

Teman-teman, Eril dimakamkan di Cimaung, tempat kelahiran sang bunda, Atalia Praratya, pada Senin, 13 Juni 2022.

Rencananya, di areal pemakaman Eril, akan dibangun Masjid Al-Mumtadz, yang di desain oleh sang ayah, Ridwan Kamil.


Indari Mastuti

Teman-teman, Indari Mastuti adalah seorang perempuan yang terlahir dengan kecintaan terhadap dunia literasi. Tumbuh dalam kondisi "kekurangan" tidak membuat Indari kecil berputus asa untuk bermimpi besar. Berawal dari menulis diari atau curahan hati semenjak SD, kemampuan menulisnya sedikit demi sedikit semakin terasah secara alami.

Karir Indari Mastuti sebagai seorang penulis dimulai saat SMA. Pada tahun 1996, artikelnya untuk pertama kali dirilis oleh majalah Gadis. Pada tahun 2004, Indari Mastuti menjadi seorang penulis buku di sebuah indie publisher di Bandung. Akhirnya, Indari Mastuti pun menulis buku solo pertamanya pada tahun 2006 sambil terus mengembangkan karirnya di bidang writing service sebagai penulis di Grup Kompas Gramedia.

Pada tahun 2007, Indari Mastuti mulai membangun agensi penulis yang menjembatani penerbit dan penulis. Pada tahun 2009, karirnya sebagai penulis pun semakin naik ketika diminta Penerbit Mizan untuk menulis buku Biografi Pak Joko, owner Brownies Amanda.

Teman-teman, passion Indari Mastuti dalam dunia literasi tidak berhenti sebatas mengejar karir sebagai penulis. Pada tahun 2010, beliau membentuk komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) dan Ibu-ibu Doyan Bisnis (IIDB). Itu artinya beliau juga memiliki passion di bidang edukasi, yaitu menggiring dan mendampingi ibu rumah tangga agar tetap produktif belajar dan berpenghasilan dari rumah. Tahun 2012, beliau pun menjadi penyedia konten dalam lini business to business. 

Pada tahun 2013, Indari Mastuti mengembangkan kiprahnya kembali di dunia edukasi dengan mendirikan Sekolah Perempuan. Tujuannya untuk melahirkan lebih banyak perempuan menulis buku.

Pada tahun 2015, Indari Mastuti mulai masuk ke dunia literasi secara holistik dengan menjadi indie publisher. Indscript Creative, perusahaan yang dipimpinnya, sekarang tidak hanya menangani penjualan buku, tetapi memproduksi secara utuh, mulai dari membuat buku hingga distribusinya. 

Pada tahun 2022 ini, Indari Mastuti melalui Indscript Creative telah berekspansi ke copywriting service. Jasa yang diberikan meliputi: penulisan konten website, Blog review, pembuatan company profile, konten media sosial, penulisan biografi, ghostwriter, outsource copywriter, kelas pendampingan penulisan buku, dan buzzer.


Indari Mastuti, Kisah Eril dan Buku Antologi

Teman-teman, buku Antologi adalah buku yang di dalamnya melibatkan banyak penulis. Dengan kata lain, buku tersebut ditulis oleh banyak penulis. Setiap orang biasanya menulis dua sampai enam halaman buku. Buku Antologi juga memiliki banyak jenis, di antaranya penulisan kisah, tips, quote, dan lain-lain.

Indari Mastuti memiliki program kelas Nulis Bareng yang sudah berjalan sejak lama bersama puluhan bahkan ratusan perempuan di seluruh penjuru dunia. Hal tersebut ia lakukan untuk membantu para perempuan khususnya ibu rumah tangga, agar tetap produktif di rumah. Selain itu, ia sangat ingin membawa dunia literasi lebih dekat dengan masyarakat agar bermunculan para penulis baru.

Buku Antologi kisah Eril merupakan salah satu karya kelas Nulis Bareng Indari Mastuti, yang diterbitkan oleh Indscript Creative. Berawal dari rasa empati yang mendalam para ibu dan perempuan atas kesedihan dan kehilangan akan sosok Eril. Curahan hati tersebut terkumpul dan dibukukan dengan tujuan menginspirasi para pembacanya. Juga sebagai bentuk support dan kasih sayang kepada orangtua Eril, yaitu Ridwan Kamil dan Atalia Praratya.

Seperti yang kita ketahui, Indari Mastuti dan Atalia Praratya memiliki hubungan pertemanan yang cukup dekat. Buku Eril terbitan Indscript Creative pun disumbangkan sebagai cenderamata untuk para pelayat di acara tahlilan hari ke- 40 almarhum Emmeril Khan Mumtadz, pada hari Senin, 4 Juli 2022.


Selamat jalan Aa Eril, energi kebaikan yang engkau tebarkan akan selalu menjadi kenangan dan inspirasi seluruh generasi. 



Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda

No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...