Monday, July 4, 2022

Indari Mastuti, ODOA dan Nulis Artikel

Belajar Nulis Artikel dengan ODOA Bersama Indari Mastuti

Penulis: Dhona Maria Ananda

Indari Mastuti
Sumber foto: landingpage Indscript Creative

Teman-teman, terkadang menulis artikel adalah sebuah momok yang mengerikan bagi sebagian orang, bahkan di kalangan penulis sekali pun. Dibutuhkan suatu keahlian yang memang tidak bisa didapatkan hanya dengan modal bakat menulis. 

Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi suatu artikel agar terbilang sukses. Salah satu indikator artikel sukses adalah ketika pembaca seolah tidak sedang membaca. Dengan kata lain, artikel tersebut dapat membius para pembaca untuk masuk ke dunianya. 

Melalui latihan menulis secara konsisten dan terus belajar mengenai literasi yang berkaitan dengannya, keahlian tersebut bukan menjadi sebuah mimpi. 

Nah, dalam tulisan kali ini saya akan membahas mengenai salah satu dari sekian banyak cara, agar para penulis dapat menuliskan artikel secara mumpuni. Bersama Indari Mastuti dan Indscript Creative, yuk, kita mulai belajar bersama.


Definisi Artikel

Teman-teman, sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai artikel, ada baiknya kita mengetahui pengertian dari istilah artikel itu sendiri.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artikel merupakan suatu karya tulis yang ditulis secara lengkap. 

Secara umum artikel itu sendiri memiliki pengertian sebuah karangan yang berisikan opini, data, fakta, dan ditulis dengan bahasa ilmiah. Biasanya artikel ini ditujukan untuk kepentingan publikasi untuk meyakinkan, mendidik atau menghibur. 


Jenis Artikel

Adapun beberapa jenis artikel yang wajib Teman - teman ketahui adalah: Narasi, Deskripsi, Eksposisi, Argumentasi dan Persuasi.

 

Indiscript Creative

Teman-teman, Indscript Creative adalah perusahaan yang bergerak di dunia penulisan dan bisnis. 

Pada awalnya, Indscript Creative adalah agen naskah yang menjadi jembatan antara penerbit dengan penulis. Seiring waktu, perusahaan tersebut berkembang menjadi dua lini inti, yaitu jasa copywriting dan training center. 


Apa itu Program Kelas ODOA

Teman-teman, program kelas One Day One Article atau ODOA, merupakan program yang digagas oleh Indari Mastuti selaku CEO Indscript Creative. 

Program kelas menulis selama 30 hari tersebut bertujuan untuk melatih keterampilan peserta menulis artikel dengan tema dan jumlah kata yang sudah ditentukan. 

Program kelas ODOA sendiri telah berjalan sejak tahun 2014 dan berhasil mencetak para penulis artikel yang handal. Itu karena program ODOA memang melatih para pesertanya untuk dapat menggali ide dengan cepat dengan membentuk habit menulis.


Tips Menulis Artikel ala Indari Mastuti

Teman-teman, berikut merupakan tips-tips Indari Mastuti dalam program ODOA agar kita dapat menulis artikel dengan mudah:

1. Tulis berdasarkan pengalaman atau ilmu yang paling kita kuasai.

2. Pahami media yang dituju

3. Baca minimal 3 artikel sejenis

4. Ikuti langkah dan arahan mentor

Dari keempat tips tersebut, Indari Mastuti sangat menekankan yang ketiga. 

"Terkadang para penulis itu malas sekali membaca. Padahal dengan membaca kita dapat memiliki ide dan pengetahuan baru yang dapat kita tulis. Dengan membaca, para penulis dapat memperkaya wawasannya. Ingat, yang penulis jual adalah tulisannya," tutur Indari Mastuti menjelaskan. 


Kiat-kiat agar Produktif Menulis Artikel ala Indari Mastuti

Teman-teman, selain tips menulis artikel dengan mudah, dalam program ODOA, Indari Mastuti juga membagikan kiat-kiat bagaimana agar Teman produktif dalam menulis artikel, sebagai berikut:

1. Buat kumpulan ide berdasarkan tema yang ditentukan

2. Buat kerangka artikel

3. Tentukan waktu menulis artikel

4. Mulai menulis tanpa jeda/ edit

5. Lakukan self editing

6. Minta pendapat rekan kerja untuk membaca artikel

7. Publish artikel

Dari ketujuh kiat tersebut, Indari Mastuti menggarisbawahi bahwa memiliki manajemen waktu yang baik sangat memiliki peranan penting untuk menunjang keberhasilan menulis. 

"Sediakan waktu khusus untuk menulis, sediakan waktu khusus untuk menulis," tutur Indari Mastuti menambahkan.


Bagaimana teman-teman, tertarik program kelas One Day One Article? Kalau saya sih, yes!



Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda



No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...