Friday, July 8, 2022

Indscript Creative: Tips Menulis Indari Mastuti

Hobi Bisa Jadi Profesi? Bisa Banget!

Penulis: Dhona Maria Ananda

Tips menulis ala founder Indscript Creative, Indari Mastuti

Sumber foto: malicaahmad

Teman-teman, menulis memang kerap menjadi hobi yang menyenangkan. Selain sebagai ajang ekspresi diri, menulis juga dapat dijadikan ajang healing. Apalagi kalau menghasilkan cuan. Hobi yang dibayar memang pekerjaan yang terbaik bukan? Namun, terkadang seorang penulis belum dapat menjadikan hobinya tersebut sebagai profesi. Apa sebabnya? Dan bagaimana caranya agar menulis dapat menghasilkan cuan? yuk, kita simak artikelnya lebih lanjut.


Pengertian menulis, hobi dan profesi

Teman-teman, menulis secara umum merupakan upaya menuangkan apa yang terlintas dalam pikiran kita melalui tulisan. Isi tulisan dapat sangat beragam. Seperti curahan hati, ide atau pemikiran, cerita, dan lain-lain. 

Hobi adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara berkelanjutan dan disukai. Biasanya, hobi dilakukan secara sukarela tanpa berharap imbalan apapun. Bahkan, kerap kali seseorang rela mengeluarkan uang demi melakukan hobinya.

Sedangkan profesi secara sederhana dapat diartikan suatu kegiatan pekerjaan yang dilandasi keahlian atau pendidikan. Biasanya, profesi mendapat pengakuan masyarakat dan mendapatkan timbal balik berupa bayaran.


Hobi menulis yang jadi profesi

Teman- teman, menjalani profesi yang berawal dari hobi, biasanya akan terasa lebih menyenangkan. Kenapa? Karena ada passion dan love yang terlibat di sana. Menjalankan rutinitas tugas atau kegiatan pun terasa sangat mudah dan penuh semangat. Karena, bekerja layaknya menjalankan hobi namun dibayar. Bisa jadi, profesi seperti ini adalah dambaan setiap orang. 

Nah, kalau hobi teman adalah menulis, maka teman dapat menjadikan hobi tersebut sebagai profesi. Karena, ternyata banyak sekali lahan yang dapat digarap dalam dunia literasi. Namun, ternyata banyak juga penulis yang tidak menyadarinya. Menulis jadi profesi harus diimbangi dengan pengembangan diri agar menjadi profesional di bidangnya ya.


Tips menulis jadi profesi ala Indari Mastuti

Teman-teman, sekarang telah banyak sarana pelatihan untuk meningkatkan skill menulis. Salah satunya adalah melalui kelas-kelas menulis yang dilaksanakan oleh tim Indscript Creative. 

Indscript Creative sendiri adalah perusahaan yang bergerak di dunia penulisan dan bisnis. Pada awalnya, Indscript Creative adalah agen naskah yang menjadi jembatan antara penerbit dengan penulis. Seiring waktu, perusahaan berkembang menjadi tiga lini inti, yaitu Indie publisher, jasa Copywriting dan Training center

Founder dari Indscript Creative sendiri, Indari Mastuti, merupakan seorang veteran dalam dunia literasi. Beliau memulai karirnya sebagai penulis artikel pada tahun 1996. Sekarang, Indari Mastuti yang kerap akrab dengan sapaan Teh Iin atau Bubup, telah menetaskan banyak sekali penulis baru. Diantaranya melalui program kelas menulis Antologi dan kelas menulis artikel. Indari Mastuti jugalah yang menjadi pionir komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) dan Ibu-ibu Doyan Bisnis (IIDB).

"Nulis bisa jadi profesi asalkan kalian mau serius. Ada banyak sekali lahan yang bisa digarap dalam dunia literasi, termasuk di Indscript, untuk menghasilkan cuan," tutur Indari Mastuti menekankan. "Tumbuhkan minat membaca, karena dalam dunia literasi yang dijual adalah tulisan anda. Orang yang rajin membaca tulisannya tentu akan jauh lebih berbobot dibanding dengan yang tidak," ungkap Indari Mastuti menambahkan.


Dalam salah satu videonya, Indari Mastuti, membagikan tips bagaimana agar menulis menjadi profesi:

1. Bangun mimpi

Teman-teman, satu-satunya profesi yang tidak akan runtuh adalah profesi yang dibangun berdasarkan mimpi. Beranilah bermimpi besar, karena mimpi itu free.

2. Latihan tanpa henti

Teman-teman, kualitas tulisan adalah modal dalam dunia literasi. Maka rajinlah berlatih, karena yang dijual adalah tulisan.

3. Cari celah

Teman-teman, dunia literasi adalah dunia yang cukup luas. Kesempatan untuk berkembang bukan hanya menjadi penulis. Namun, bisa sebagai editor, design cover, dan lain-lain. Jadi, rajin-rajin meng-upgrade diri teman ya.

4. Berani

Teman-teman harus memiliki keberanian untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Juga memberi dampak positif bagi lingkungan sekitar.

5. Bangun portofolio

Teman-teman, portofolio adalah tolak ukur kepercayaan klien terhadap pekerjaan seorang profesional. Semakin banyak portofolio, maka trust akan lebih mudah terbentuk.

6. Memiliki target jelas

Teman-teman, memiliki target yang jelas adalah salah satu sikap seorang profesional. Baik dalam hal yang bersifat pribadi maupun yang berhubungan dengan pekerjaan.

7. Libatkan tim, jangan kerja sendiri

Teman-teman, digital world kerap disandingkan dengan network building. Hal tersebut berguna agar pencapaian tujuan kerja menjadi lebih mudah dan rapi.


Nah, gimana teman-teman? Tertarik menjadikan hobi menulis jadi profesi? join Indscript Creative aj!



Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda

No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...