Tuesday, July 12, 2022

Sarah Malik: Tips Membuat Foto Produk Sendiri agar Lebih Menarik

Penulis: Dhona Maria Ananda


Foto produk katalog




sumber foto: Canva

Teman-teman, siapa di sini yang tidak pernah "terhipnotis" oleh iklan? Baik dalam bentuk foto atau video, keduanya seperti mengandung "sihir" yang dapat membuat perang batin setiap penontonnya. Tentu saja, hal tersebut memang sengaja dibuat agar suatu produk tertentu laris terjual.

Namun, tahu kah Teman, kalau sekarang kesempatan membuat foto produk katalog yang eye catching tidak hanya dimiliki oleh perusahaan besar? Dan dapat dibuat dengan biaya minim? Iya, Teman, dapat membuat foto katalog produk yang ciamik dengan hanya bermodalkan smartphone. Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat sebuah foto produk katalog agar dapat menarik minat pembeli? Yuk, kita belajar bersama praktisi digital marketing berpengalaman, Sarah Malik, di artikel ini.


Foto Produk Katalog

Definisi

Teman- teman, foto produk adalah bagian pertama yang dilihat konsumen saat hunting barang di toko online. Oleh karenanya, agar foto kita tepat sasaran dan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, maka penting untuk kita mengetahui definisi dari foto produk itu sendiri. 

Secara sederhana, foto produk adalah gambar yang diambil untuk mewakili wujud produk sebenarnya. Sedangkan katalog itu sendiri memiliki arti daftar koleksi dokumentasi yang disusun berdasarkan sistem tertentu. Jadi, foto produk katalog adalah gambar yang akan membantu menjelaskan bentuk dan fungsi dari suatu produk. 

Semakin menarik gambar yang dihasilkan, maka potensi penjualan produk tersebut dapat meningkat.

Sumber foto: CanvaFoto produk katalog

Manfaat Foto Produk Katalog

Teman-teman, menurut praktisi digital marketing foto produk katalog memiliki banyak manfaat untuk para pebisnis online, di antaranya:

1. Membangun reputasi bisnis

Salah satu pendukung kesuksesan bisnis online adalah melakukan branding produk dan menciptakan brand awareness. Dengannya, produk yang ditawarkan berkesan dapat dipercaya dan profesional, serta memiliki keunggulan dibandingkan dengan produk lain.

2. Meningkatkan visibilitas dan engagement dengan pelanggan

Foto produk yang unik dan menarik akan memiliki peluang untuk dibagikan kembali di media sosial milik pelanggan. Hal tersebut dapat memancing followers dan interaksi yang lebih intens dengan pelanggan.

3. Meningkatkan penjualan

Foto produk yang menarik akan membuat pelanggan tertarik berkunjung kemudian membelinya.

4. Memikat lebih banyak konsumen

Foto produk yang berkualitas baik akan cenderung dipilih oleh pelanggan.


Tips Membuat Foto Katalog agar Menarik

Teman-teman, dalam membuat foto produk kita dapat menggunakan jasa foto produk profesional untuk hasil yang memuaskan, contohnya, melalui Foto Produk Katalog (FPK). FPK sendiri merupakan jasa foto produk profesional yang membuatkan konten menarik dan original untuk sebuah brand

Founder-nya, Sarah Malik, merupakan praktisi digital marketing yang sudah berpengalaman selama 10 tahun. Meskipun demikian, para pelaku bisnis UMKM masih tetap dapat memakai jasanya dengan harga terjangkau. Bagi yang memerlukan jasa foto produk, Teman, dapat mengunjungi https://instagram.com/fotoprodukkatalog atau bisa langsung klik website-nya di https://fotoprodukkatalog.com

Foto produk katalog
Sumber foto: Linkedln FPK

Namun, jika terkendala masalah biaya, tidak ada salahnya untuk belajar membuat foto produk sendiri dengan menggunakan smartphone. Agar foto produk lebih menarik, yuk, kita simak bersama tips dari founder FPK sekaligus praktisi digital marketing, Sarah Malik:

1. Tentukan tema

Tema akan berhubungan dengan tempat dan detail properti yang akan diterapkan dalam fotografi. 

Contoh: tema foto baju atau foto skincare bisa berupa rustic, romantic, elegant, glamour dan lain sebagainya.

Sumber foto: CanvaFoto produk

2. Tentukan tempat yang sesuai

Tempat akan berhubungan dengan properti dan proses pencahayaan dalam fotografi, seperti teras, balkon dan halaman rumah, kamar berjendela, dan lain-lain.

Contoh: pada pengambilan foto baju usahakan di tempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup. Tujuannya agar warna pada foto baju dan aslinya tidak mengalami pembiasan. Pada pengambilan foto skincare dengan tema natural dapat menggunakan pencahayaan lembut atau tidak terlalu terang.

Sumber foto: CanvaFoto skincare

3. Properti pendukung foto

Properti akan berhubungan dengan tema dan lokasi yang cocok dalam fotografi. 

Contoh: pengambilan foto skincare bertema natural, properti yang digunakan dapat berupa batu hias berwarna natural, latar belakang berwarna netral dan bunga kering. Sedangkan foto baju bertema natural, properti yang digunakan dapat berupa daun kering, gantungan baju kayu dan latar belakang dinding putih tulang.

Foto bajusumber foto: Canva

Sumber foto: Canva

Nah, bagaimana, Teman? Gampang bukan? Intinya membuat foto produk tampak menarik adalah proses trial and error, baik untuk amatir maupun profesional. Prinsipnya kalau Sarah Malik bilang 'yang penting tanpa tapi, tanpa nanti.' So, jangan takut untuk mulai berkreasi ya! 



Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda


4 comments:

  1. Ternyata bikin foto produk gampang juga, ya. Yang penting malah niat dan jiwa kreatif yang menggelora, bahkan hanya dengan menggunakan peralatan di sekitar kita. Terima kasih infonya, Teh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul banget mbak Dian. Semoga infonya bermanfaat ya, selamat berkreasi.

      Delete
  2. fotonya jadi cantik-cantik mbak😍

    ReplyDelete

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...