Monday, August 15, 2022

Kenalan dengan Indscript Marketing Eksekutif, yuk!

 Penulis: Dhona Maria Ananda

Indscript Marketing Eksekutif
Sumber: canva

Teman-teman, pandemi Covid-19 dan perang Rusia-Ukraina membawa pengaruh yang cukup besar untuk perekonomian Indonesia. Terbukti dengan harga kebutuhan pokok dan bahan bakar yang terus mengalami kenaikan. Masyarakat menengah ke bawah adalah golongan yang paling merasakan dampaknya.

Banyak perusahaan besar yang terkena dampaknya mengambil solusi dengan mengurangi jumlah tenaga kerja, sehingga angka pengangguran semakin meningkat. Namun, Indscript Creative yang merupakan salah satu jasa penulisan di Bandung, kini membuka peluang masyarakat bagi yang sedang mencari penghasilan tambahan, termasuk para ibu rumah tangga untuk menjadi Marketing Eksekutif. Lantas, seperti apa Marketing Eksekutif yang dibutuhkan oleh Indscript Creative? Yuk, disimak artikelnya.


Apa Definisi Marketing?

Menurut Kotler & Armstrong (2008), marketing adalah proses di mana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dengan tujuan untuk menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannya.

Sedangkan, menurut Chaffey (2009), marketing adalah proses manajemen yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, mengantisipasi, dan memuaskan kebutuhan pelanggan secara menguntungkan.

Apa Definisi Eksekutif?

Menurut KBBI, eksekutif adalah berkenaan dengan pengurusan atau penyelenggaraan sesuatu.

Menurut Wikipedia, eksekutif adalah salah satu cabang pemerintahan yang memiliki kekuasaan dan bertanggung jawab untuk menerapkan hukum.

Apa pengertian Marketing Eksekutif?

Secara sederhana, Marketing Eksekutif dapat diartikan profesi yang mengurus atau menuelenggarakan proses kegiatan promosi produk, layanan, acara, sampai kampanye tertentu.

Apa tujuan Marketing Eksekutif?

Tujuan Marketing Eksekutif adalah untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan lewat strategi pemasaran yang tepat dalam mendapatkan konsumen.

Apa tugas Marketing Eksekutif?

Marketing Eksekutif bertugas untuk mengembangkan strategi marketing sebuah brand atau perusahaan. Tugasnya mulai dari menulis artikel, menguasai SEO, bertemu calon klien, menganalisis target audiens, sampai juga mempresentasikan ide dan strategi-strategi marketing.

Apa perbedaan Sales dan Marketing Eksekutif?

Marketing:

1. Menekankan pada kebutuhan pasar. Sebaliknya

2. Berkaitan dengan semua kegiatan yang memfasilitasi aliran barang ke pelanggan.

3. Membuat strategi pasar agar informasi dan branding perusahaan samapi ke target audiens, sehingga produk dan aktivitas marketing lainnya bisa bertahan lebih lama di pasaran.

Sales:

1. Sales fokus pada kebutuhan perusahaan. 

2. Berkaitan dengan aliran produk atau jasa kepada pelanggan.

3. Lebih berfokus pada strategi untuk mendapatkan revenue secara langsung dan berorientasi pada keadaan sekarang.


Apa Indscript Creative?

Indscript Creative adalah perusahaan yang bergerak di dunia penulisan dan bisnis. Pada awalnya, Indscript Creative adalah agen naskah yang menjembatani penerbit dengan penulis. Seiring waktu, perusahaan berkembang menjadi tiga lini inti, yaitu indie publisher, jasa copywriting dan training center

Kapan dan di mana terbentuknya Indscript Creative?

Indscript Creative lahir di kota Bandung, pada tanggal 8 September 2007

Siapa di balik Indscript Creative? dan apa latar belakang terbentuknya Indscript Creative?

Indscript Creative Bandung lahir dari seorang perempuan yang terlahir dengan kecintaan terhadap dunia literasi, yakni Indari Mastuti. Tumbuh dalam kondisi "kekurangan" tidak membuat Indari kecil berputus asa untuk bermimpi besar. Berawal dari menulis diari atau curahan hati semenjak SD, kemampuan menulisnya sedikit demi sedikit semakin terasah secara alami.

Karir Indari Mastuti sebagai seorang penulis dimulai saat SMA. Pada tahun 1996, artikelnya untuk pertama kali dirilis oleh majalah Gadis. Pada tahun 2004, Indari Mastuti menjadi seorang penulis buku di sebuah indie publisher di Bandung. Akhirnya, Indari Mastuti pun menulis buku solo pertamanya pada tahun 2006 sambil terus mengembangkan karirnya di bidang writing service sebagai penulis di Grup Kompas Gramedia.

Pada tahun 2007, Indari Mastuti mulai membangun agensi penulis yang menjembatani penerbit dan penulis. Agensi tersebut dinamakan Indscript Creative Bandung.


Sekolah Perempuan Indscript Creative

Yayasan Sekolah Perempuan Indonesia atau yang akrab disebut Sekolah Perempuan, berdiri pada tanggal 17 Agustus 2013. Sekolah Perempuan tersebut menangani berbagai kegiatan sosial Indscript Creative Bandung, baik yang bersifat gratis hingga biaya bersubsidi. Penyelenggaraan kegiatan sosial mulai dari kelas nulis, kelas bisnis, hingga sekolah gratis bagi anak-anak kurang mampu.

Pada tahun 2022, Indari Mastuti dengan jasa penulisan Indscript Creative Bandung telah berekspansi ke All in One Copywriting service. Selain jasa penulisan, tahun 2022 tepatnya tanggal 17 Agustus, Sekolah Perempuan akan jadi pusat pemberdayaan perempuan di dunia literasi dan bisnis.

Marketing Eksekutif Indscript Creative

Indscript Marketing Eksekutif merupakan salah satu program Indscript Sekolah Perempuan yang masuk dalam kategori Penggerak, namun dibedakan cara kerjanya dengan Penggerak Sekolah Perempuan. Jumlah Penggerak Sekolah Perempuan telah mencapai 500 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan Marketing Eksekutif jumlahnya tidak dipublikasikan. Indscript Penggerak Sekolah Perempuan bertugas mengenalkan produk melalui aplikasi digital berupa story telling ke semua kalangan, sedangkan Indscript Marketing Eksekutif lebih bergerak di lingkungan ekspert dan profesional.


Apa saja syarat menjadi Indscript Marketing Eksekutif?

1. Profesional di dunia marketing dan penjualan

2. Mempunyai jaringan profesi yang cukup luas

3. Mempunyai kemampuan public speaking yang bagus

4. Pensiunan yang ingin menambah income

 

Siapa saja yang dapat menjadi klien potensial Indscript Marketing Eksekutif?

1. Pebisnis dengan jaringan marketer yang luas

2. CEO perusahaan pemerintah dan swasta

3. Public figure yang ingin membagikan cerita hidupnya kepada penggemar

4. Profesor dan guru besar yang ingin membukukan hasil riset dan kerja

5. Pejabat pemerintah yang ingin membuat kisah perjalanan karirnya selama menjabat


Jenis buku apa saja yang dapat di tawarkan oleh Indscript Marketing Eksekutif untuk klien?

1. Buku panduan kerja (SOP) perusahaan

2. Buku profil diri dan kumpulan motivasi pendiri (founder) atau pemilik usaha

3. Kisah inspiratif perjalanan hidup dalam bentuk biografi

4. Hasil riset yang dikembangkan dalam buku ilmiah popular


Apa saja lingkup kerja Indscript Marketing Eksekutif?

1. Mengenalkan lini bisnis penulisan biografi dan ghost writer kepada para klien potensial Indscript Creative

2. Membuka jalan masuknya tim penulisan Indscript di komunitas-komunitas baru pengusaha dan profesional sesuai target klien Indscript

3. Membuatkan janji temu bagi klien dan tim Indscript Creative pusat baik via Zoom atau tatap muka.

4. Ikut serta dengan aktif di setiap event Indscript Creative

5. Aktif di grup-grup Intern Indscript Creative


Seperti apa alur kerja Marketing Eksekutif?

1. Marketing Eksekutif bekerja aktif dan mandiri menawarkan jasa pendampingan menulis biografi dan ghost writer ke klien potensial Indscript Creative

2. Klien bisa mendatangi Marketing Eksekutif Indscript Creative secara mandiri

3. Marketing Eksekutif menjadwalkan klien bertemu offline/online dengan tim penulis Indscript Creative

4. Marketing Eksekutif menjadi jembatan urusan administrasi klien dengan Indscript Creative

5. Bersama klien dan tim penulis Indscript Creative berada di satu grup Telegram mengamati dan mengawasi tenggat waktu penulisan

6. Menjadi media penghubung komunikasi (jika diperlukan) supaya tidak ada miss comunication antara tim penulis dan klien.

7. Bersama dengan Miss Indscript mengoordinasikan promosi sebelum dan ketika terbit buku

8. Memastikan klien menerima buku pesanannya setelah cetak di Indscript Creative

9. Selepas projek beres, jangan lupa mintakan testimoni atas layanan dan terus bina kedekatan dengan klien sehingga tak mudah lupa dengan diri anda dan Indscript Creative


Nah, Teman-teman, kira-kira itulah sekilas program Indscript Marketing Eksekutif, menarik bukan? Ada fee yang menarik juga loh! Bagi yang ingin mendapatkan penjelasan lebih lanjut, intip saja landing page Indscript Creative di:


https://tribelio.page/kenaliindscriptcreative



Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda




No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...