Tuesday, August 23, 2022

Indari Mastuti: Menulis untuk Bisnis? Bisa Banget!

Penulis: Dhona Maria Ananda

Indari Mastuti Menulis untuk Bisnis
Sumber: canva


Teman- teman, dalam dunia bisnis ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk memenangkan persaingan pasar. Salah satunya adalah dengan berkomunikasi melalui tulisan. Iya, tulisan adalah senjata yang telah diakui dapat mempengaruhi dan mengajak calon pembeli atau pengguna jasa.

Namun, sangat disayangkan masih banyak dijumpai tulisan bisnis yang kurang baik, sehingga kurang dapat meyakinkan pembaca. Tentu saja hal tersebut juga membuat para calon pembeli atau pengguna jasa menghilang. Lantas, hal apa saja yang harus kita ketahui agar menulis untuk bisnis dapat menguntungkan? Yuk, kita belajar bersama founder Indscript Creative, Indari Mastuti, di artikel ini.



Definisi

Tulisan

Arti kata tulisan menurut KBBI adalah hasil menulis, karangan, gambaran, lukisan, batik, dan suratan.

Bisnis

Menurut Wikipedia, Bisnis atau niaga adalah kegiatan memperjualbelikan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh laba.

Sedangkan dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.

Tulisan Bisnis

Menurut Cahyadi Takariawan, tulisan bisnis adalah tulisan bertarget, yang dirancang untuk memfasilitasi komunikasi yang jelas, baik ke dalam organisasi bisnis, maupun ke luar.

Kesimpulan sederhananya, tulisan bisnis adalah suatu bentuk kegiatan komunikasi secara tertulis yang bertujuan untuk memperoleh laba.

Menurut O'Hara dalam tulisan artikelnya yang berjudul "How to Improve Your Business Writing," penulisan bisnis meliputi materi penjualan dan pemasaran, konten pelatihan dan pendidikan, komunikasi dua arah seperti email dan publikasi, laporan dan presentasi, materi administratif, dan segala bentuk tulisan yang digunakan dalam lingkungan bisnis.

Writing is the primary way business gets done in today’s collaborative world. When it’s done well, business gets done well” –Carolyn O’Hara (2014) https://hbr.org/

O'Hara menekankan bahwa proposal yang ditulis dengan baik akan menghasilkan pendapatan lebih banyak. Memo dan laporan yang ditulis dengan jelas dapat memberikan wawasan yang dalam. Materi pemasaran yang ditulis dengan cerdas akan meningkatkan pasar.

Begitupun sebaliknya, penulisan yang tidak dilakukan dengan baik akan menciptakan masalah bisnis, menjatuhkan kinerja bisnis dan mengecilkan keuntungan. 

"Itulah mengapa kami yakin menulis adalah keterampilan bisnis yang paling penting," ujar O'Hara.


Jenis Tulisan Umum

Adapun 7 jenis tulisan umum yang wajib Teman-teman ketahui, diantaranya:

1. Jurnal

Merupakan catatan harian yang ditulis berdasarkan suatu kejadian, pengalaman, dan pengamatan yang dialami penulis.

2. Fiksi

Merupakan tulisan berupa karangan dengan tema tertentu, dalam bentuk prosa atau analisa, spekulasi, dan informasi yang bersifat tidak sebenarnya.

3. Fabel

Merupakan jenis tulisan berupa cerita hewan yang berperilaku dan berbicara seperti manusia.

4. Deskripsi

Jenis tulisan ini dapat berupa fiksi dan non-fiksi. Deskripsi fiksi menceritakan orang atau peristiwa yang tidak nyata atau hanya berupa imajinasi dari seorang penulis. Sedangkan deskripsi non-fiksi menceritakan gambaran informatif setiap tema yang dipilih.

5. Otobiografi

Merupakan tulisan yang menceritakan kisahnya sendiri.

6. Karya tulis ilmiah

Merupakan laporan tertulis yang menyajikan hasil penelitian atau temuan penulis itu sendiri.

7. Puisi

Merupakan ungkapan pesan dalam tulisan dari seseorang ke orang lain atau ke khalayak umum.

8. Surat

Merupakan sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi berupa teks tertulis. Surat ini dikelompokan menjadi surat resmi dan tidak resmi, baik dengan tulisan tangan atau dicetak.


Teknis Menulis

Secara garis besar, teknik menulis terbagi menjadi empat, yaitu:

1. Eksposisi

Tulisan memberi informasi atau petunjuk kepada pembaca.

2. Deskripsi

Tulisan menggambarkan sesuatu secara jelas dan detail, sebagaimana dipersepsi oleh panca indera. Teknik ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu induktif dan deduktif.

3. Narasi

Tulisan yang menceritakan rangkaian peristiwa atau kejadian secara kronologis, baik fakta maupun rekaan. Narasi sering berpadu dengan deskripsi dan berfungsi sebagai eksposisi atau persuasi.


Menulis untuk Bisnis ala Indari Mastuti


Indari Mastuti

Teman-teman, Indari Mastuti adalah seorang perempuan yang terlahir dengan kecintaan terhadap dunia literasi. Tumbuh dalam kondisi "kekurangan" tidak membuat Indari kecil berputus asa untuk bermimpi besar. Berawal dari menulis diari atau curahan hati semenjak SD, kemampuan menulisnya sedikit demi sedikit semakin terasah secara alami.

Karir Indari Mastuti sebagai seorang penulis dimulai saat SMA. Pada tahun 1996, artikelnya untuk pertama kali dirilis oleh majalah Gadis. Pada tahun 2004, Indari Mastuti menjadi seorang penulis buku di sebuah indie publisher di Bandung. Akhirnya, Indari Mastuti pun menulis buku solo pertamanya pada tahun 2006 sambil terus mengembangkan karirnya di bidang writing service sebagai penulis di Grup Kompas Gramedia.

Pada tahun 2007, Indari Mastuti mulai membangun agensi penulis yang menjembatani penerbit dan penulis. Pada tahun 2009, karirnya sebagai penulis pun semakin naik ketika diminta Penerbit Mizan untuk menulis buku biografi Pak Joko, owner Brownies Amanda.

Teman-teman, passion Indari Mastuti dalam dunia literasi tidak berhenti sebatas mengejar karir sebagai penulis. Pada tahun 2010, beliau membentuk komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) dan Ibu-ibu Doyan Bisnis (IIDB). Itu artinya beliau juga memiliki passion di bidang edukasi, yaitu menggiring dan mendampingi ibu rumah tangga agar tetap produktif belajar dan berpenghasilan dari rumah. Tahun 2012, beliau pun menjadi penyedia konten dalam lini business to business. 

Pada tahun 2013, Indari Mastuti mengembangkan kiprahnya kembali di dunia edukasi dengan mendirikan Sekolah Perempuan. Tujuannya untuk melahirkan lebih banyak perempuan menulis buku.

Pada tahun 2015, Indari Mastuti mulai masuk ke dunia literasi secara holistik dengan menjadi indie publisher. Indscript Creative, perusahaan yang dipimpinnya, sekarang tidak hanya menangani penjualan buku, tetapi memproduksi secara utuh, mulai dari membuat buku hingga distribusinya. 

Pada tahun 2022 ini, Indari Mastuti dengan Indscript Creative telah berekspansi ke All in One Copywriting service. Indscript Jasa penulisan tersebut meliputi: penulisan konten website, blogger review, pembuatan company profile, konten media sosial, penulisan biografi, ghostwriter, outsource copywriter, kelas pendampingan penulisan buku dan buzzer

Indscript jasa penulisan sudah berpengalaman menangani berbagai jenis perusahaan sejak 2007. Bedanya dengan yang lain adalah bentuk pelayanan yang berupa jasa on demand (menyesuaikan kebutuhan dan budget). Selain itu, Indscript jasa penulisan juga memiliki komunitas penulisan yang bisa meng-handle beragam jenis tulisan dengan jumlah member 160++. Kini, semua jasa penulisan tersebut di atas telah hadir dalam satu wadah landing page Indscript Creative yang dapat dikunjungi kapanpun dan dimanapun, yaitu:

https://tribelio.page/kenaliindscriptcreative


Menulis untuk Bisnis

Teman-teman, Indari Mastuti memiliki keyakinan bahwa menulis merupakan media untuk berdakwah dan beredukasi. Dalam dakwah dan edukasi tersemat banyak kebaikan, dan setiap kebaikan yang diniatkan karena Tuhan merupakan ibadah. Jadi, apapun yang dilakukan dalam kegiatan tulis menulis sifatnya bernilai ibadah, termasuk karya yang dihasilkan. Bukan hanya itu, menyebarkan karya tulis pun menjadi ibadah tersendiri bagi para penulis. Ibarat berjihad dalam peperangan. Hal tersebut merupakan trigger awal seorang Indari Mastuti memulai menulis untuk bisnis.

"Karya yang sudah dihasilkan harus dapat disebarkan sebanyak mungkin, agar dapat menjadi inspirasi untuk sesama manusia. Hal tersebut membawa manfaat berupa kebahagiaan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Proses berkarya harus sejalan dengan proses menjual," ungkap Indari Mastuti menekankan. Oleh karena itu, menulis untuk bisnis adalah salah satu langkah yang sebaiknya dilakukan setiap individu untuk menyebarkan karyanya.


Wah, ternyata tulisan sangat bermanfaat untuk para pebisnis ya! Apabila Teman-teman masih kebingungan menentukan langkah awal menulis untuk bisnis, follow saja Instagram Indari Mastuti @Indarimastutirezky


Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda


2 comments:

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...