Saturday, August 6, 2022

Bina Generasi Z melalui Komunitas Zilenial Power Indscript

Penulis: Dhona Maria Ananda

Zilenial Power Indscript
Sumber: canva

Teman-teman, Ungkapan 'harga tidak akan pernah bohong' tampaknya berlaku juga di dunia pendidikan. Pada masa sekarang, untuk mendapatkan pendidikan berkualitas ditentukan juga dengan jumlah dana yang cukup tinggi. Kalau sudah begitu, bagaimana dengan nasib anak-anak yang orang tuanya 'kurang mampu'? Sudah jelas, hal tersebut merupakan salah satu jawaban penyebab kesenjangan sosial di dunia pendidikan belum dapat teratasi.

Namun, bukan berarti Teman-teman langsung menyerah begitu saja. Masih banyak "tangan" yang peduli dengan nasib generasi bangsa agar tetap mendapatkan pendidikan dengan layak. Seperti program komunitas Zilenial Power, yang di gaungkan oleh founder Indscript Creative Bandung, Indari Mastuti. Lantas, apa itu Zilenial Power Indscript dan apa manfaatnya? Yuk, kita kupas tuntas bersama di artikel ini.


Apa Itu Generasi Z?

Dilansir dari Gramedia.com, Ananda menyebutkan bahwa gen z merupakan generasi yang lahir pada rentang tahun 1996 hingga 2012. Gen z merupakan generasi yang lahir setelah generasi milenial. Dengan kata lain, generasi z adalah peralihan dari milenial dengan teknologi yang lebih berkembang.


Ciri dan karakteristik Generasi Z

1. Gen z merupakan generasi digital yang gemar serta mahir menggunakan teknologi informasi dan berbagai aplikasi komputer.

2. Gen z sangat suka dan sering berkomunikasi dengan seluruh kalangan melalui berbagai macam media sosial.

3. Gen z dianggap lebih toleran dan peduli terhadap perbedaan (budaya, agama, dan sebagainya) yang ada pada lingkungan sekitarnya.

4. Gen z merupakan generasi yang gemar multi-tasking karena menyukai hal-hal yang berbau instan (cepat, tidak berbelit-belit).

5. Gen z menaruh pekerjaan dan uang dalam daftar prioritas.

6. Gen z merupakan generasi pertama dunia digital karena dianggap mahir dan menguasai teknologi dari kecil.

7. Gen z tertarik untuk memegang beberapa posisi/ jabatan sekaligus dalam suatu perusahaan karena memiliki sifat yang tidak cepat puas diri.

8. Gen z cenderung memiliki pengetahuan finansial dengan baik.

9. Gen z biasanya memiliki orang tua yang berasal dari generasi x.

10. Gen z memiliki sifat mandiri karena biasanya telah mampu mengambil keputusan sejak dini, tanpa melibatkan pertimbangan orang lain.


Cara Mendidik Generasi Z

1. Melakukan pengawasan dalam penggunaan media sosial.

Menyaring konten di media sosial agar dampaknya positif.

2. Menjaga komunikasi dengan baik

Melakukan komunikasi secara offline, bukan hanya secara online.

3. Mencegah hadirnya kesenjangan dalam keterampilan

Mendorong penguasaan bidang lain di luar teknologi.

4. Mendukung pemikiran global dengan realitas lokal

Menyeimbangkan input global yang didapat dengan kondisi lingkungan sekitarnya.

5. Membantu gen z menemukan identitas diri

Memperkuat indikator-indikator mengenai jati diri


Komunitas Indscript Creative


Indscript Creative

Teman- teman, Indscript Creative Bandung adalah perusahaan yang bergerak di dunia penulisan dan bisnis. Pada awalnya, Indscript Creative Bandung adalah agen naskah yang menjembatani antara penerbit dengan penulis. Seiring waktu, Jasa Indscript Creative berkembang menjadi tiga lini inti, yaitu indie publisher, copywriting dan training center

Founder dari Indscript Creative Bandung sendiri, Indari Mastuti, merupakan seorang veteran dalam dunia literasi. Beliau memulai karirnya sebagai penulis artikel pada tahun 1996. Sekarang, Indari Mastuti yang kerap akrab dengan sapaan Teh Iin atau bubup, telah menetaskan banyak sekali penulis baru. Diantaranya melalui program kelas menulis Antologi dan kelas menulis artikel. 

Hebatnya, Indari Mastuti sendiri sampai saat ini masih terjun bergerilya di komunitas yang dibangunnya semenjak tahun 2016. Namanya komunitas Ibu-ibu Doyan Training (IIDT), Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN), dan Ibu-ibu Doyan Bisnis (IIDB). Jangan khawatir teman, meski judulnya diawali dengan kata ibu-ibu, isinya sangat beragam. Banyak anggota yang masih lajang, bahkan ada bapak-bapak yang ikut bergabung.

Teman-teman, di tahun 2022 ini, Indari Mastuti dengan Indscript Creative Bandung telah berekspansi ke All in One Copywriting service. Jasa Indscript Creative ini meliputi: penulisan konten website, blogger review, pembuatan company profile, konten media sosial, penulisan biografi, Ghostwriter, Outsource copywriter, kelas pendampingan penulisan buku dan buzzer

Jasa Indscript Creative ini sudah berpengalaman menangani berbagai jenis perusahaan sejak 2007. Bentuk layanannya berupa jasa on demand (menyesuaikan kebutuhan dan budget). Selain itu, jasa Indscript Creative juga memiliki komunitas penulisan yang bisa meng-handle beragam jenis tulisan dengan jumlah member 160++. 


Zilenial Power Indscript

Teman-teman, Zilenial Power Indscript adalah ruang belajar bersama antara generasi z usia SD hingga kuliah bersama para guru dan dosen se-Indonesia. Zilenial Power Indscript merupakan pembaruan nama dari Pasukan Milenial yang dibentuk pada tanggal 23 Juli 2020, sebagai salah satu komunitas Indscript Creative.

Zilenial Power Indscript bertujuan untuk mendidik anak-anak generasi z agar inovatif, kreatif, dan inisiatif positif dalam beradaptasi di setiap pembelajaran. Selain itu, Zilenial Power Indscript bertujuan untuk membantu para orang tua memberi wadah belajar bagi anak-anaknya.


Adapun ragam kegiatan yang ada di Zilenial Power Indscript meliputi:

1. Anak-anak bebas bertanya tugas sekolah

2. Informasi cara belajar yang asyik

3. Informasi beasiswa

4. Materi pelajaran/ ilmu pengetahuan yang bermanfaat.


Keuntungan yang di dapat setelah bergabung antara lain:

1. Materi pelajaran

2. Motivasi harian

3. Video motivasi

4. Teman baru

5. Diskusi di grup


Materi kegiatan pembelajaran, meliputi:

1. Bimbingan bahasa Inggris

2. Bimbingan konseling

3. Bimbingan karir

4. Bimbingan content creator

5. Bimbingan menulis

6. Motivasi belajar

7. Bimbingan bahasa asing ( Jepang, Jerman, Mandarin)


Dan pembelajaran tersebut diberikan gratis setiap minggu. Menarik bukan? Bagi Teman yang ingin mendaftarkan diri, segera kunjungi landing page Indscript Creative di https://tribelio.page/kenaliindscriptcreative



Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda




 


No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...