Sunday, August 7, 2022

Cara Menaikan Omzet Melalui Aplikasi WhatsApp

Kelas NOW Day 7

Penulis: Dhona Maria Ananda
Kelas Naik Omzet di WhatsApp
Sumber: landing page Indscript Creative




Teman-teman, artikel ini masih membahas tentang bagaimana caranya naik omzet di WhatsApp bersama Indscript Creative. 
Materi hari pertama kelas bisnis online membahas tentang WhatsApp. Pada hari kedua, materi training online yang dibahas adalah tentang landing page Tribelio dan Bitly WhatsApp. Materi kelas bisnis online yang dibahas hari ketiga adalah tentang klasifikasi database dan instant payment Tribelio. Di hari keempat materi training online yang dibahas adalah mengenai konten sapaan untuk merefresh database
Di hari kelima, kelas bisnis online Indscript Creative membahas mengenai cara broadcast awal untuk menyaring prospek dari cold ke hot. Sedangkan materi training online hari ke- 6 membahas bagaimana caranya melakukan edukasi hot prospek tanpa membuat jengkel.

Nah, di hari ke- 7 ini, materi kelas bisnis online yang dibahas dan dipraktekan adalah konten jualan melalui broadcast WhatsApp yang bikin closing gila-gilaan dan kelola reseller ala emak baper. Penasaran seperti apa keseruannya? Yuk, simak bersama di artikel ini.


Apa itu Kelas NOW?

Teman-teman, kelas NOW atau Naik Omzet di Whatsapp adalah salah satu dari sekian banyak program kelas bisnis yang didirikan oleh CEO Indscript Creative, yaitu Indari Mastuti. Kelas Naik Omzet di WhatsApp tersebut berlangsung selama 10 hari dengan 10 materi.

Adapun tujuan dari kelas NOW atau Naik Omzet di Whatsapp, selain untuk menaikan omzet melalui aplikasi WhatsApp, adalah untuk membangun dan menggunakan database di WhatsApp, strategi marketing dan sebagai sarana membangun net working. Materi yang disuguhkannya pun sangat beragam. Dari mulai pengenalan WhatsApp sampai bagaimana strategi mengoptimalkan aplikasi tersebut agar omzet semakin naik.

Rekam Jejak Kelas Bisnis Online Naik Omzet di WhatsApp Hari ke-7


Apa itu konten?
Menurut KBBI, konten adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik.
Menurut Wikipedia, istilah konten digunakan untuk mengidentifikasi dan menguantifikasi beragam format dan genre informasi sebagai nilai tambah media. Istilah tersebut juga merujuk pada media online atau media internet.
Bentuk konten sendiri dapat berupa teks, gambar, infografis, meme, video, podcast, tautan, game, QR code, dan lain sebagainya. Sedangkan jenis-jenisnya dapat berupa konten hiburan, liburan/traveling, video viral, meme, inspirasi, motivasi, gambar indah, quote, kisah menyentuh, tips&trik, video tutorial, polling, dan lain sebagainya.

Apa itu broadcast?

Menurut katadata, broadcast adalah proses penyebaran informasi kepada masyarakat luas yang disiarkan melalui media penyiaran. Informasi ini bisa berupa pesan audio, gambar, visual, data, dan lain sebagainya.

Apa itu reseller?

Menurut katadata, reseller adalah orang yang membeli produk dari supplier atau pemasuk barang, kemudian dijual dengan harga lebih mahal.
Menurut komerce, reseller adalah kata di dalam bahasa Inggris yang berarti penjual kembali. Dengan kata lain, penjual tidak terlibat dalam kegiatan produksi, tapi hanya perlu membeli produk dari supplier dan menjualnya kembali.

Apa itu baper?

Baper adalah kependekan dari Bawa Perasaaan. Menurut Gramedia, istilah baper ini tidak selalu soal perasaan cinta atau asmara. Namun, dapat digunakan pada seseorang yang memiliki sifat sensitif dan sering menggunakan emosinya untuk menanggapi peristiwa apapun dan juga objek lain.


Secara sederhana, konten jualan melalui broadcast WhatsApp dapat diartikan sebagai fitur yang memungkinkan pengguna tertentu, khususnya pebisnis untuk mengirim konten jualan dan pengumuman ke grup penggunan yang lebih besar secara sekaligus agar penerima pesan mengetahui atau membeli produk. Pemilik bisnis dapat memilih langsung nomor kontak dari database yang akan di broadcast.

Mengirimkan konten jualan melalui broadcast ke database WhatsApp memang gampang-gampang susah. Seperti yang pernah ditulis di artikel day 6, isi konten yang salah akan membuat prospekan kabur. Oleh karena itu, kelas bisnis online naik omzet di WhatsApp mengajarkan tahapan broadcast yang baik dan telah teruji ampuh tidak membuat prospekan balik kanan. Mau tahu? Ini tahapannya:
1. Bikin sesi sharing
Utamakan edukasi sebelum menjual produk, karena dengan edukasi pembeli akan mengerti pentingnya atau betapa bergunanya produk yang ditawarkan. Sehingga prospekan yang telah memahami maksud dan tujuan produk akan secara sukarela menawarkan pembelian, karena produk tersebut penting untuk mereka.
2. Bikin broadcast list
Klasifikasi database sangat bermanfaat untuk mengelompokan kepentingan yang serupa dari prospekan, sehingga penyampaian konten akan tepat sasaran.
3. Broadcast sesuai topik yang dibawakan di sharing
Broadcast produk jualan sesuai dengan topik yang dibawakan saat sharing secara luwes. Intinya gunakan bahasa yang membuat prospekan bahagia dan merasa kepentingannya terperhatikan.


Kesan hari ketujuh meliput program kelas bisnis online atau training online Naik Omzet di WhatsApp adalah penting belajar ilmu tentang leadership.
Seperti yang pernah dibahas di artikel hari ke-6, kalau jawabanya bernada positif berarti semua proses jualan berjalan lancar. Namun, kalau jawabannya negatif tentu akan lain persoalan. Tak jarang para pebisnis rumahan menjadi drop semangatnya. Namun, jangan khawatir, training online naik omzet di WhatsApp juga memberikan solusinya, yaitu kelola reseller ala emak baper.

Intinya, mengelola reseller harus melibatkan cinta kasih dan empati. Beragam tipe reseller akan dijumpai, jadi sebagai penjual harus belajar memiliki sikap leadership guna menemukan berbagai solusi kendala yang dihadapi reseller-nya. Tentukan target sesuai dengan kemampuan reseller. Beri penghargaan bagi reseller terbaik dan beri motivasi dengan kata-kata positif untuk reseller pasif. Bina ilmu dan mental reseller, perlakukan seperti keluarga, dan lakukan introspeksi adalah kunci keberhasilan bina reseller ala emak baper untuk naik omzet.


Nah, begitulah Teman-teman celotehan di hari ke- 7 di training online naik omzet. Nantikan keseruan lainnya di hari berikutnya, ya!

Tertarik mengikuti training online naik omzet di WhatsApp? Klik saja link berikut:
https://tribelio.page/kenaliindscriptcreative



Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda

No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...