Tuesday, August 2, 2022

Cara Menaikan Omzet Melalui WhatsApp

Kelas NOW Day 2

Penulis: Dhona Maria Ananda

Naik omzet di WhatsApp
Sumber: landing page Indscript Creative


Teman-teman, artikel ini masih membahas tentang bagaimana caranya naik omzet melalui WhatsApp bersama Indscript Creative. Setelah kemarin berkenalan dengan yang namanya WhatsApp, yang akan dibahas kali ini adalah salah satu strategi digital marketing, yaitu bitly dan landing page. Pernah dengar? Yuk, simak pembahasannya.


Kelas NOW atau Naik Omzet di Whatsapp adalah salah satu dari sekian banyak program kelas bisnis yang didirikan oleh CEO Indscript Creative, yaitu Indari Mastuti. Kelas Naik Omzet di WhatsApp berlangsung selama 10 hari dengan 10 materi. Adapun tujuan dari kelas NOW atau Naik Omzet di Whatsapp, selain untuk menaikan omzet melalui aplikasi WhatsApp, adalah untuk membangun dan menggunakan database di WhatsApp, strategi marketing dan sebagai sarana membangun net working. Materi yang disuguhkannya pun sangat beragam. Dari mulai pengenalan WhatsApp sampai bagaimana strategi mengoptimalkan aplikasi tersebut agar omzet semakin naik.


Rekam Jejak Kelas Bisnis Online Naikin Omzet di WhatsApp Hari ke-2

Mengubah social media traffic menjadi database super hot, melalui landing page Tribelio dan Bitly WhatsApp yang super seru


Mengenal bitly dan landing page

Apa itu bitly WhatsApp?

Sebagai aplikasi pesan instan, WhatsApp memiliki peranan penting dalam berkomunikasi, baik untuk personal ataupun grup. Dengan WhatsApp, pengguna dapat berkirim pesan teks, foto, audio, video, dokumen, serta melakukan panggilan audio dan video. 

Grup di aplikasi WhatsApp umumnya digunakan sebagai wadah untuk berkomunikasi antar rekan kerja, keluarga, atau lingkup pertemanan. Grup WhatsApp biasanya juga dimanfaatkan pengguna apabila ingin mengoordinasikan pekerjaan, membahas kegiatan tertentu, melakukan training online, dan kelas bisnis online.

Ada dua cara untuk bisa masuk ke dalam grup WhatsApp. Pertama, yaitu dengan cara diundang oleh admin. Lalu kedua, dengan cara menge-klik link (tautan) atau kode QR yang dibagikan. 

Cara kedua biasanya disebut dengan layanan Bitly WhatsApp. Dimana, Bitly merupakan salah satu layanan yang berhubungan dengan link. Bitly sangat populer fungsinya dalam menjadikan link lebih singkat. Salah satunya adalah dengan membuat link untuk WhatsApp.


Apa itu landing page?

Begini ilustrasi sederhananya teman-teman. Ketika seseorang mengunjungi situs kita, ada dua pilihan yang akan dilakukan. Mereka bisa saja hanya membaca-baca situs kita, tetapi bisa juga mereka melakukan sesuatu yang lebih dari itu. Nah, di situlah peran landing page.

Dikutip dari Unbounce, landing page adalah sebuah halaman situs yang dibuat khusus untuk sebuah marketing campaign atau iklan.

Biasanya, pengunjung akan mengklik link dari sebuah email, Google Ads, media sosial, atau sumber-sumber lainnya. Kemudian, halaman yang terbuka dari link tersebut dikenal sebagai landing page.


Fungsi bitly dan Landing Page

Bitly dan landing page membuat kegiatan transaksi lebih mudah sehingga naik omzet dapat tercapai.

Landing page ini menjadi kesempatan berharga bagi perusahaan untuk mendapatkan informasi pengunjung.

Di sini, pengunjung akan diminta memasukkan berbagai data pribadinya, seperti email, jenis kelamin, usia, dan nomor telepon. Kemudian bitly memberikan kesempatan penjual untuk berkomunikasi langsung dengan calon pembeli.

Lebih daripada itu, landing page juga berfungsi untuk meningkatkan conversion rate. Conversion rate adalah persentase yang menunjukkan seberapa jauh sebuah situs bisa menarik pengunjung melakukan sebuah tindakan.


Manfaat bitly dan Landing page

Dikutip dari Unbounce, landing page yang baik adalah halaman yang memiliki satu fokus tujuan yang disebut sebagai call to action (CTA). Bitly pun bertujuan sama.

Nah, dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa landing page dan bitly memiliki peran yang besar bagi kesuksesan sebuah marketing, dengan tujuan naik omzet.

Di antaranya adalah sebagai sarana promosi, meningkatkan conversion rate dan mendapat data leads.


Cara Membuat Bitly dan Landing Page

Berikut langkah-langkah membuat free bitly:

1. Buka situs Bit.ly melalui browser, kemudian klik tombol get started for free

2. Daftarkan email, username, dan password

3. Isi first name dan last name, kemudian isi jawaban alasan membuat bit.ly

4. Bit.ly siap digunakan


Cara menggunakan link bit.ly:

1. Buka situs Wasap.at

2. Isi nomor handphone

3. Tulis pesan yang ingin di tampilkan, kemudian pencet tombol biru (buat link!)

4. Copy link lalu buka akun Bit.ly yang tadi sudah dibuat

5. Klik tombol create your first link

6. Paste kan ke kolom Enter Long Url, kemudian tekan tombol Create

7. Link sudah jadi. Jika nama Url ingin diubah menjadi personal custom tinggal isi di kolom customize back half, lalu klik tombol save

8. Link sudah jadi dan dapat disebar di berbagai media sosial

Ini contoh hasilnya : https://bit.ly/BukuAntologiDonna


Langkah-langkah membuat landing page di Tribelio:

1. Buka situs Tribelio.page, lalu klik kolom daftar gratis

2. Isi nama lengkap, email, dan kata sandi. Setelah itu klik tombol daftar gratis

3. Pilih free plan atau page plan. Jika pilih yang gratis klik tombol continue di kolom free plan

4. Klik tombol create a landing page

5. Isi nama situs, deskripsi, dan link yang sesuai

6. Pilih template sesuai kebutuhan

7. Klik Add component dan isi sesuai kebutuhan

8. Preview sebelum dipublish

9. Jika sudah mantap jiwa, klik tombol publish di sebelah kanan atas

10. Klik tombol setting untuk copy paste link landing page yang telah dibuat agar dapat disebar diberbagai media sosial.

Ini contoh hasilnya: https://tribelio.page/donnamariaananda


Kesan hari kedua meliput program kelas bisnis online atau training online naik omzet di WhatsApp adalah jangan takut action. Terkadang orang malas langsung action setelah mendapat pengetahuan atau teori. Nanti saja, sebentar dulu, tapi kan, dan berbagai alasan lainnya. Padahal, perekat ilmu adalah action.

Pantas saja dulu di sekolah setelah habis tema suatu mata pelajaran pasti diadakan latihan soal dan ujian. Sama halnya dengan kelas bisnis online atau training online naik omzet ini. Ilmu tidak akan membawa perubahan yang berarti tanpa action dan practice. Terus bergerak mencari ilmu dan melakukan action. Dengan belajar dan action, seseorang bertransformasi menjadi pribadi baru yang lebih bersinar.  


Nantikan keseruan lainnya di kelas bisnis online naik omzet di WhatsApp hari berikutnya ya!


Tertarik? Klik saja link berikut:

https://tribelio.page/kenaliindscriptcreative 



Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda


No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...