Friday, August 5, 2022

Mengenal Lebih Dekat Founder Indscript Creative Bandung, Indari Mastuti

Penulis: Dhona Maria Ananda

Indari Mastuti founder Indscript Creative bandung
Sumber foto: indscript creative & canva


Teman-teman, sejak awal peradaban manusia pasti ada sosok yang yang dianggap sebagai pemimpin. Kepemimpinan seseorang dapat dilihat dari lingkungan keluarga, masyarakat, negara, bahkan dalam kelompok bermain anak-anak. 

Pemimpin pun sangat berperan dalam menentukan keberhasilan perusahaan yang dijalaninya. Jika kepemimpinannya baik, maka perusahaan akan berkembang dengan baik. Contohnya, Indari Mastuti yang telah menjadi good leader selama 15 tahun bagi Indscript Creative Bandung.

Lantas, seperti apa good leader atau pemimpin yang baik itu? Mari simak dan belajar bersama di artikel ini.


Apa Definisi Pemimpin?

Suradinata (1997:11) berpendapat bahwa pemimpin adalah orang yang memimpin kelompok dua orang atau lebih, baik organisasi maupun keluarga.

Menurut FEB UGM, pemimpin adalab agen perubahan, yaitu seseorang yang bertindak mempengaruhi orang lain lebih dari tindakan orang lain mempengaruhi dirinya.

Apakah sifat Kepemimpinan adalah bakat?

Kualitas dan tingkah laku seorang pemimpin bisa dimiliki oleh siapa saja tanpa mengenal level atau kelas di dalam suatu masyarakat, status, dan profesi. Dengan kata lain, karakter kepemimpinan tidak terbatas pada golongan tertentu. 

Contohnya: Mathama Gandhi, Nelson Mandella, Barack Obama, Mother Theresa, Steve Jobs, dan lain sebagainya.

Katakteristik kepemimpinan juga tidak ditentukan dari latar belakang tertentu. Sebagian besar dari nama-nama pemimpin dunia berasal dari kondisi yang berlebihan. Karakter ini telah ada dalam diri seseorang. Dengan kata lain, jiwa kepemimpinan merupakan karakter bawaan.

Apakah setiap manusia dapat menjadi pemimpin?

Meskipun karakter kepemimpinan merupakan sifat bawaan, bukan berarti seseorang yang tidak memiliki kemampuan leadership tidak dapat memimpin. Para ahli manajemen berpendapat bahwa kualitas kepemimpinan dapat dipelajari lewat latihan yang tepat, walaupun hasilnya bisa jadi tidak senatural pemimpin yang memiliki sifat bawaan.

Bagaimana menjadi pemimpin baik?

Seorang pemimpin menjadi panutan dan penentu apa yang akan dilakukan oleh kelompok di bawahnya. Namun, tidak semua pemimpin itu baik dan patut dicontoh. Di sini peran penting pelatihan kepemimpinan dibutuhkan.

Dari penelitian Universitas Medan Area, ada lima teori kepemimpinan populer yang menjadi landasan pelatihan leardership, yaitu:

1. Teori karakteristik seorang pemimpin

Teori ini membahas tentang karakteristik yang dimiliki seorang pemimpin yang baik dan sukses

2. Teori tingkah laku seorang pemimpin

Teori ini menekankan pada tingkah laku seseorang yang membuatnya dianggap sebagai pemimpin yang baik

3. Teori manajemen seorang pemimpin

Teori ini membagi kepemimpinan menjadi dua dimensi, yaitu kepedulian terhadap tugas dan terhadap orang lain

4. Teori situasional di sekitar pemimpin

Teori ini menekankan pada beberapa faktor yang sifatnya situasional berada di sekitar pemimpin

5. Teori pencapaian gol bagi pemimpin

Teori ini fokus pada pencapaian gol sebagai tujuan utama sebuah kepemimpinan


Indari Mastuti Sebagai Good Leader bagi Indscript Creative


Apa Indscript Creative?

Indscript Creative adalah perusahaan yang bergerak di dunia penulisan dan bisnis. Pada awalnya, jasa penulisan di Bandung tersebut adalah agen naskah yang menjembatani penerbit dengan penulis. Seiring waktu, perusahaan berkembang menjadi tiga lini inti, yaitu indie publisher, jasa copywriting dan training center

Kapan dan Di Mana Terbentuknya Indscript Creative?

Indscript Creative lahir di kota Bandung, pada tanggal 8 September 2007

Siapa Indari Mastuti?

Indari Mastuti, merupakan seorang pengusaha di bidang jasa penulisan dengan brand Indscript Creative. 

Ia memulai karirnya sebagai penulis artikel media cetak seperti majalah Gadis, koran Pikiran Rakyat, majalah UMMI, tabloid Infomedia, 99ers magazine, Ardan Cool and Lovely magazine sejak 1996.

Indari Mastuti memulai karir sebagai penulis buku sejak tahun 2004. Tahun 2005, Ia mulai bergabung dengan Kompas Gramedia Grup sebagai penulis remaja di Grasindo Publisher, lalu meniti karir di berbagai penerbit seperti Mizan, Penebar Swadaya, Syaamil, Gradien, dan berbagai penerbitan di Indonesia.

Indari Mastuti memulai bisnis di tahun 2007 di dunia agensi naskah dan jasa penulisan. Ia juga mendirikan sekolah non formal bagi perempuan dengan brand Indscript Businesswomen University dan Sekolah Perempuan Indscript.

Bagaimana Gaya Kepemimpinan Indari Mastuti

Indari Mastuti memiliki karakteristik sebagai pemimpin yang baik karena memiliki kriteria sebagai berikut:

1. Memiliki visi dan misi

Visi

Indari Mastuti memiliki visi dan tujuan untuk masa depan. Ia memiliki berbagai ide yang jelas dan menarik serta perencanaan yang sistematis dengan visi yang dimilikinya.

Visi dari Indscript Creative adalah sebagai berikut:

1). Menjadi perusahaan jasa penulisan story telling yang membantu berbagai perusahaan untuk menyampaikan pesan yang mengedukasi namun dengan pola yang menyenangkan (entertaining).

2). Menjadi perusahaan yang melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya story telling dalam bisnis

2. Keberanian

Indari Mastuti memiliki sifat berani mengambil resiko demi mencapai tujuannya, terlepas usaha tersebut sukses atau tidak. Hal tersebut telah tercermin dari tindakannya sedari kecil. Tumbuh dalam kondisi "kekurangan" tidak membuat Indari kecil berputus asa untuk bermimpi besar menjadi seorang leader dalam dunia literasi.

3. Integritas

Indari Mastuti memiliki dasar integritas berupa ketulusan dan kejujuran yang diterapkan di dalam dan di luar perusahaanya. Kejujuran menjadi kualitas dasar kepercayaan yang sangat penting dalam keberhasilan sebuah bisnis.

Indari Mastuti memiliki keyakinan bahwa menulis merupakan media untuk berdakwah dan beredukasi. Dalam dakwah dan edukasi tersemat banyak kebaikan, dan setiap kebaikan merupakan ibadah. Jadi, apapun yang dilakukan dalam kegiatan tulis menulis sifatnya bernilai ibadah, termasuk karya yang dihasilkan. Bukan hanya itu, menyebarkan karya tulis pun menjadi ibadah tersendiri bagi para penulis. Ibaratnya seperti berjihad dalam peperangan. Hal tersebut menjadi dasar integritas seorang Indari Mastuti.

4. Kerendahan hati

Indari Mastuti memiliki sifat kuat dan tegas yang dibalut dengan kerendahan hati. Sifat rendah hati ini hanya dapat ditemukan bila seseorang telah berdamai dengan egonya sendiri, karena sadar akan kemampuan dirinya. Ia menghargai dan mengakui kemampuan pihak lain, sehingga dapat mengapresiasi hasil kerja orang lain.

Indari Mastuti memiliki prinsip bahwa ia tidak pernah merasa iri atau malu jika bertemu seseorang yang memiliki kelebihan dunia (harta, jabatan, dan lain sebagainya), tapi ia sangat iri dan malu dengan orang yang imannya lebih dari dirinya.

5. Perencanaan Strategis

Indari Mastuti memiliki kemampuan lebih untuk melihat ke depan, mengantisipasi ke mana pasar menuju, dan memutuskan langkah- langkah apa yang harus diambil. Hal tersebut membuat Indscript Creative Bandung dapat bertahan sampai saat ini.

Terus belajar dan action adalah kunci bagaimana Indari Mastuti membentuk perencanaan strategis untuk kebutuhan pribadi dan perusahaanya.

6. Fokus

Indari Mastuti mampu fokus pada hal-hal positif dan berkonsentrasi pada hal-hal yang penting di sekitarnya . Hal tersebut membuatnya sensitif terhadap situasi dan kebutuhan yang dibutuhkan perusahaan, sehingga tercapai hasil yang diinginkan, baik secara pribadi, tim, dan perusahaan.

Indari Mastuti mengartikan fokus sebagai konsisten berusaha dan serius dalam menjalani apapun, karena hasil akan datang sesuai dengan effort yang diusahakan. Ia juga menekankan untuk fokus menikmati langkah dalam setiap proses menuju keberhasilan, terlepas sukses atau tidaknya langkah tersebut.

7. Kerjasama yang Baik

Indari Mastuti mampu membuat semua orang bekerja sama demi mencapai tujuan dan sukses, bukan karena terpaksa tapi memang karena kesadaran sendiri. Ia juga mampu memilih orang yang cocok bekerja untuk mencapai tujuan dan kesuksesan bersama. Selain tercipta kenyamanan dalam bekerja, energi yang di keluarkan dengan orang yang sefrekuensi akan lebih efisien.


Nah, Teman-teman, begitulah gaya kepemimpinan Indari Mastuti sebagai good leader untuk Indscript Creative Bandung. Patut dicontoh bukan? Nah, Sebagai informasi tambahan, di tahun 2022 ini, Sekolah Perempuan Indscript mengadakan kegiatan nulis bareng dengan nama Pentas Nulis Bareng. Hal tersebut bertujuan agar para penulis baru di Sekolah Perempuan Indscript dapat lebih meningkatkan kualitasnya di dalam dunia literasi. 


Tertarik untuk bergabung dengan Sekolah Perempuan Indscript? Klik saja https://tribelio.page/kenaliindscriptcreative 



Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda

No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...