Thursday, September 15, 2022

Cara Menggunakan Instagram Reels untuk Bisnis Online

Nama Penulis: Dhona Maria Ananda

Cara menggunakan reels untuk bisnis online
Sumber: canva


Teman-teman, hampir seluruh kalangan masyarakat Indonesia sudah familiar dengan fitur Reels Instagram. Fitur ini memiliki konsep yang kurang lebih sama seperti TikTok, berupa video pendek yang dapat diedit. Fitur ini juga kerap digunakan oleh para pebisnis online untuk mempromosikan produknya. Namun, apakah Teman-teman yakin telah menggunakan fitur Instagram Reels untuk bisnis online secara benar? Nah, artikel kali ini akan membahas secara singkat mengenai cara menggunakan Instagram Reels untuk bisnis online agar hasilnya maksimal. Tentunya bersama salah satu praktisi digital marketing yang berpengalaman di Indonesia. Yuk, disimak artikelnya.


Apa itu Instagram Reels?

Secara sederhana, Instagram Reels adalah fitur Instagram untuk membuat video menarik dengan durasi singkat (antara 3 sampai 30 detik). Fitur ini hadir pada pertengahan tahun 2020 dengan beragam tools yang memungkinkan anda mengedit video secara mudah dan menarik.

Mengapa menggunakan Reels untuk membangun brand?

Reels merupakan fitur yang telah disusun sedemikian rupa oleh Instagram yang berkaca pada kesuksesan TikTok dengan 800 juta pengguna di seluruh dunia. Hal tersebut memungkinkan suatu bisnis menjadi trend atau viral dalam waktu yang singkat, apalagi apabila target Teman-teman adalah milenial dan Gen Z. Selain itu, Teman-teman dapat menggunakan fitur Reels sambil mengedukasi audiens, menunjukan personality brand dan nilai bisnis, serta menekankan perbedaan produk dan service dari kompetitor. Tentunya dengan menampilkan video pendek yang menarik.

Bagaimana cara menggunakan Instagram Reels untuk bisnis online?

Menurut praktisi digital marketing yang juga merupakan mentor bisnis dari Teh Indari Mastuti (CEO Indscript Creative), Kang Ege, cara menggunakan Instagram Reels untuk bisnis adalah dengan mulai konsisten memposting konten setiap hari. Kenapa? Selain hal tersebut dapat menaikan algoritma akun di Instagram, hal tersebut akan menciptakan bonding atau ikatan terhadap audiens
Kang Ege bilang kalau mau kegiatan posting menjadi habbit, caranya adalah dengan melakukannya 40 hari secara berturut-turut. Dampaknya akan mulai dapat terlihat di akun Instagram Anda, selain keahlian edit video yang meningkat, akun Reels Teman-teman pun akan mulai direkomendasikan oleh Instagram kepada audiens yang lebih luas. 
Hal senada juga disebutkan oleh Teh Indari Mastuti, selaku founder Indscript Creative, bahwa ia sedang menggiatkan kegiatan one day one live streaming @indarimastutirezky setiap hari dari pukul 11.00 sampai pukul 12.00 siang, agar akun Instagramnya (bisnisnya) dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat umum. Kuncinya adalah konsisten.

Selain itu, Kang Ege juga menyebutkan cara menggunakan Instagram untuk bisnis online adalah dengan mulai melakukan apa yang kita bisa atau kuasai dan yang kita punya. Karena kalau terlalu lama bergulat dengan strategi tanpa action Anda akan semakin tertinggal jauh dengan kompetitor. 
Kang Ege mengatakan bahwa pada masa sekarang ini orang pintar akan dikalahkan dengan orang yang cepat. Mulailah dengan berjualan dari akun yang Teman-teman punya, tentunya sambil membuat dan memperbaiki komponen-komponen pembentuk branding toko atau produk. Misalnya dengan memperjelas gambaran bisnis di bio, mulai rajin dan konsisten memposting hal-hal terkait bisnis baik aktivitas, quotes, dan lain sebagainya. Bisa juga dengan mulai membuat konten kreatif yang sesuai dengan target market agar menarik perhatian publik. Contohnya: membuat konten produk diiringi dengan musik yang sedang trending saat ini, dan lain sebagainya. 
Kang Ege juga menambahkan catatan penting mengenai waktu yang tepat dalam memposting konten. Usahakan jangan disaat waktu jam kerja atau jam istirahat malam. Hal tersebut dapat dipelajari dengan mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis atau profesional.
Founder dari Indscript Creative, Teh Indari Mastuti, menanggapinya dengan sangat setuju. Bahwa, dalam hal apapun itu setelah dapat ilmunya harus segera take action agar materinya terikat. Jangan takut akan masa depan, kalau pada masa sekarang Anda telah menyiapkan segala sesuatunya dengan benar.

Nah, Teman-teman, begitulah secara singkat gambaran mengenai cara menggunakan Instagram Reels untuk bisnis online, mudah bukan? Intinya, kalau kata Teh Indari Mastuti, take action saja! Kalau Kang Ege bilang, just do it and make duit!
Semoga bermanfaat artikelnya.

Plandemic Growth YouTube Channel: Donna Maria Ananda

No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...