Tuesday, September 13, 2022

Indscript Creative Sebagai Wadah Komunitas Ibu-Ibu Doyan Bisnis

 Penulis: Donna Maria Ananda

Ibu-ibu doyan bisnis
Sumber: Indari Mastuti blog

Teman-teman, banyak perempuan yang sudah menikah memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya dengan alasan untuk fokus mengurus rumah tangga. Namun, ternyata habbit sebagai pekerja tidak dapat sepenuhnya lepas meski telah menjadi seorang ibu rumah tangga. Banyak ibu-ibu yang mencari kesibukan tambahan di rumah dengan berbisnis. Salah satunya adalah founder dari Indscript Creative, Indari Mastuti. Indscript Creative adalah salah satu perusahaan berkembang yang bergerak dalam jasa penulisan. Puncak milad 15 Tahun Indscript Creative baru diperingati tanggal 10 September kemarin dengan sangat meriah. 

Ternyata, selain memiliki passion di dunia literasi, Indari Mastuti juga terjun dibidang edukasi dengan mendirikan komunitas Ibu-Ibu Doyan Bisnis (IIDB). Banyak ibu-ibu menjadi lebih berkembang dan berpenghasilan melalui komunitas IIDB. Lantas, seperti apa komunitas IIDB Indscript Creative? Dan seperti apa keseruan puncak milad 15 Tahun Indscript Creative? Mari simak artikelnya.


Apa Indscript Creative?

Indscript Creative adalah perusahaan yang bergerak di dunia penulisan dan bisnis. Pada awalnya, Indscript Creative adalah agen naskah yang menjembatani penerbit dengan penulis. Seiring waktu, perusahaan berkembang menjadi tiga lini inti, yaitu indie publisher, jasa copywriting dan training center

Kapan dan di mana terbentuknya Indscript Creative?

Indscript Creative lahir di kota Bandung, pada tanggal 8 September 2007

Siapa di balik Indscript Creative? dan apa latar belakang terbentuknya Indscript Creative?

Indscript Creative Bandung lahir dari seorang perempuan yang terlahir dengan kecintaan terhadap dunia literasi, yakni Indari Mastuti. Tumbuh dalam kondisi "kekurangan" tidak membuat Indari kecil berputus asa untuk bermimpi besar. Berawal dari menulis diari atau curahan hati semenjak SD, kemampuan menulisnya sedikit demi sedikit semakin terasah secara alami.

Karir Indari Mastuti sebagai seorang penulis dimulai saat SMA. Pada tahun 1996, artikelnya untuk pertama kali dirilis oleh majalah Gadis. Pada tahun 2004, Indari Mastuti menjadi seorang penulis buku di sebuah indie publisher di Bandung. Akhirnya, Indari Mastuti pun menulis buku solo pertamanya pada tahun 2006 sambil terus mengembangkan karirnya di bidang writing service sebagai penulis di Grup Kompas Gramedia.

Pada tahun 2007, Indari Mastuti mulai membangun agensi penulis yang menjembatani penerbit dan penulis. Agensi tersebut dinamakan Indscript Creative Bandung. Beberapa klien penerbit besar seperti GPu, Elex Media Komputindo, Penerbit Andi, GIP, dan Penebar Swadaya masih setia bersama hingga saat ini.

Tidak hanya itu, sejak tahun 2020, Indscript Creative pun merambah ke bidang penerbitan indie dengan label Bukuin Aja. Hingga kini, ratusan buku solo dan antologi sudah terbit secara indie lewat Indscript Creative.


Jasa Indscript Creative

Pada tahun 2022, Indari Mastuti dengan Indscript Creative Bandung telah berekspansi ke All in One Copywriting service. Jasa Indscript Creative tersebut meliputi: 

1. Jasa penulisan dan pembuatan konten website

2. Jasa liputan blogger Indscript

3. Jasa pembuatan company profile

4. Jasa penulisan ghostwriter

5. Jasa pembuatan dan dan design bahan promosi

6. Jasa pembuatan artikel

7. Jasa buku antologi untuk expert

8. Jasa pembuatan story telling perjalanan

9. Jasa pendampingan penulisan buku solo


Jasa Indscript Creative tersebut sudah berpengalaman menangani berbagai jenis perusahaan sejak 2007. Bedanya dengan yang lain adalah bentuk pelayanan yang berupa jasa on demand (menyesuaikan kebutuhan dan budget). Selain itu, Jasa Indscript Creative juga memiliki komunitas penulisan yang bisa meng-handle beragam jenis tulisan dengan jumlah member 160++. Kini, semua jasa penulisan tersebut di atas telah hadir dalam satu wadah landing page Indscript Creative yang dapat dikunjungi kapanpun dan dimanapun:

https://tribelio.page/kenaliindscriptcreative


Sekolah Perempuan Indscript Creative

Yayasan Sekolah Perempuan Indonesia atau yang akrab disebut Sekolah Perempuan, berdiri pada tanggal 17 Agustus 2013. Sekolah Perempuan tersebut menangani berbagai kegiatan sosial Indscript Creative Bandung, baik yang bersifat gratis hingga biaya bersubsidi. Penyelenggaraan kegiatan sosial mulai dari kelas nulis, kelas bisnis, hingga sekolah gratis bagi anak-anak kurang mampu. Selain jasa penulisan yang berekspansi, tahun 2022 tepatnya tanggal 17 Agustus, Sekolah Perempuan akan jadi pusat pemberdayaan perempuan di dunia literasi dan bisnis.

Sumber: Facebook IIDB

Komunitas Ibu-Ibu Doyan Bisnis

Komunitas Ibu-Ibu Doyan Bisnis (IIDB) Indscript Creative merupakan salah satu dari empat komunitas di bawah Sekolah Perempuan. Komunitas ini didirikan untuk ibu-ibu rumah tangga yang dilatarbelakangi oleh kecintaan Indari Mastuti terhadap bisnis rumahan yang ditekuninya yang bergerak di dunia literasi. Komunitas Ibu-Ibu Doyan Bisnis (IIDB) bertujuan untuk meningkatkan skill, motivasi dan belajar bagaimana berjejaring dalam membangun bisnis rumahan. Komunitas Ibu-Ibu Doyan Bisnis (IIDB) ini digunakan oleh para anggotanya untuk saling berbagi dan berinspirasi satu sama lain perihal yang terkait dengan bisnis rumahan. Tentu dengan bimbingan dan motivasi dari sang founder, Indari Mastuti.

Bagi Indari Mastuti, komunitas ini merupakan harta tak ternilai yang dimiliki karena membangun bisnis rumahan tidak bisa sendirian. Para ibu membutuhkan wadah untuk berjuang bersama dan saljng berkolaborasi. Jangan pernah sungkan untuk berbagi koneksi, karena ini artinya berbagi rezeki, Indari Mastuti menjelaskan. Ia berharap komunitas Ibu-Ibu Doyan Bisnis (IIDB) menjadi wadah positif bagi anggotanya untuk berkembang. 

Sumber: Indscript Creative doc

Acara Puncak 15 Tahun Indscript Creative

Acara puncak 15 tahun Indscript Creative telah dilaksanakan secara live di Instagram @indarimastutyrezky pada hari Sabtu, 10 September 2022, dari pukul 07.00 hingga pukul 12.00. Acara puncak 15 tahun Indscript Creative tersebut dihadiri oleh founder dan guest star coach Hendra Hilman, juga dimeriahkan oleh berbagai sayembara atau give away. Acara puncak 15 tahun Indscript Creative juga menghadirkan sesi bincang dengan para CEO anak perusahaan di bawah bendera Indscript, yaitu ABCD-Euis Marlina, IFS-Yaya Yanti, OPTIMA-Novi Arianti, BESTIE-Sari Agustia, LAAF-Rani Adriyani, VIEW-Juniarti, KALBOO-Audy Jo, OWMG-Anan Ameylia, KBRT-Mega Gigih, dan GO ENGLISH-Bernadette Irene.

Milad Indscript Creative ke 15 tahun juga dimeriahkan oleh sayembara lomba nyetatus dengan tema My journey with Indscript. Selain itu, milad Indscript Creative ke 15 tahun juga memberikan kesempatan untuk para blogger mengembangkan kemampuan menulisnya dalam program One Day One Article selama 32hari, tentunya dengan give away yang menarik.


Selamat milad ke- 15 tahun Indscript Creative! Semoga dapat selalu berkembang dan menjadikan para perempuan berdedikasi, berdikari, dan berahlak mulia. Aamiin.



Plandemic Growth You Tube Channel: Donna Maria Ananda


No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...