Wednesday, September 28, 2022

Mengenal Manfaat Menulis One Day One Article

 Penulis: Dhona Maria Ananda

Manfaat menulis artikel
Sumber: canva

Teman-teman, menulis setiap hari telah terbukti membawa banyak manfaat untuk kesehatan. Di antaranya adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh, melatih daya ingat, meningkatkan fungsi hati juga paru-paru, menjaga kesehatan mental, dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana dengan menulis artikel yang notabene memiliki ritme dan pola berbeda dengan journaling, apakah ada manfaatnya? Nah, di artikel kali ini saya akan mengupas tuntas mengenai apa saja manfaat menulis One Day One Article. Selamat membaca!


Manfaat Menulis One Day One Article


Mengasah Kemampuan Menulis

Teman-teman, menulis bukanlah keahlian yang didapat karena memiliki bakat. Menulis adalah suatu keahlian yang dapat ditingkatkan. Mungkin Teman-teman masih ingat ketika masih kecil belajar menulis huruf abjad saja susahnya minta ampun. Namun, setelah prosesnya terlalui akhirnya Teman-teman dapat menulis dengan lancar. Bahkan ketika memasuki bangku Sekolah Dasar, seolah kesulitan yang pernah dialami dalam menulis perlahan sirna. Hal tersebut menjadi pengalaman dan pelajaran berharga yang akan selalu saya ingat dan rasakan.

Begitupun dengan menulis artikel. Dalam menulis sebuah artikel, tentunya Teman-teman harus melewati berbagai tahapan yang diperlukan. Seperti mencari ide atau topik, mencari referensi atau bahan pendukung, hingga akhirnya menyusun rangkaian kata yang mudah dipahami pembaca. Jika hal tersebut dilakukan setiap hari, secara tidak langsung tulisan serta kemampuan berpikir pun akan lebih berkembang dan terasah. Jadi, teruslah menulis, Teman.

Menambah Wawasan atau Pengetahuan

Teman-teman, menulis One Day One Article menuntut para penulisnya untuk rajin membaca. Teman-teman tentu ingat masa-masa kuliah dulu, tentunya membuat skripsi atau tugas akhir jauh lebih sulit dibandingkan dengan artikel. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa mengangkat tema untuk di tulis dalam sebuah artikel pun harus melakukan survey terlebih dahulu mengenai bahan tulisan yang berkaitan. Hal tersebut tentunya dilakukan dengan mencari dan membaca informasi dari sumber yang terpercaya. Oleh karenanya, secara tidak langsung topik tulisan yang Teman-teman angkat akan menambah wawasan atau pengetahuan baru. 

Sebagai Sumber Penghasilan

Teman-teman, artikel dapat menjadi sumber penghasilan bagi penulisnya. Iya, Teman-teman pun dapat melakukannya dengan bergabung di sebuah perusahaan yang menyediakan jasa penulis artikel. Seperti Indscript Creative dengan program One Day One Article (ODOA) nya. One Day One Article (ODOA) tersebut merupakan program kelas menulis selama 30 hari. One Day One Article (ODOA) bertujuan untuk melatih keterampilan pesertanya dalam menulis artikel dengan tema dan jumlah kata yang sudah ditentukan. 

Manfaat menulis artikel
Sumber: canva

Program kelas One Day One Article (ODOA) sendiri telah berjalan semenjak tahun 2014 dan telah berhasil mencetak para penulis handal. Hal tersebut dikarenakan program One Day One Article (ODOA) selain melatih para pesertanya untuk dapat menggali ide dengan cepat juga membentuk kebiasaan menulis. Saya pribadi telah merasakan Job menulis artikel dari program One Day One Article (ODOA) Indscript Creative.

Sebagai Rekam Jejak Karya Tulis

Teman-teman, ada pepatah mengatakan "Gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama." Pepatah tersebut cukup membuat saya untuk tergerak melakukan sesuatu sebagai upaya merekam jejak diri. Di antaranya adalah dengan menulis artikel yang bermanfaat bagi pembaca, khususnya sebagai kenangan untuk orang-orang terkasih dan yang mengenal saya. Melalui tulisan di artikel yang saya buat, sosok saya akan abadi dalam pikiran dan hati mereka. Apakah Teman-teman berpikiran sama dengan saya?

Sebagai Bentuk Investasi dan Dakwah Ilmu

Teman-teman, tentu tidak asing dengan istilah investasi yang kerap dikaitkan erat dengan aset berharga seperti uang, emas, saham, obligasi, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan aset agar hidup sejahtera di masa depan. Untuk saya pribadi menulis artikel seperti investasi untuk dituai di masa depan, entah itu di dunia atau akhirat. 

Selain itu, menulis artikel dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Teman-teman yang ingin memiliki kontribusi dan kebermanfaatan bagi banyak orang. Bagi saya pribadi, menulis artikel menjadi sarana beribadah sekaligus berdakwah mengenai suatu topik, tema, ide atau gagasan. Hal tersebut juga memberikan kesempatan untuk saya dalam berbagi suatu sudut pandang yang dapat menginspirasi dan memotivasi seseorang ke arah yang lebih baik. Tentunya dengan dukungan fakta, bukan hanya mengarang indah. Setuju?

Manfaat menulis artikel
Sumber: canva

Nah, Teman-teman, begitulah gambaran singkat mengenai manfaat menulis One Day One Article. Semoga dapat menginspirasi dan membawa manfaat, ya.

Ayo semangat menulis!


Plandemic Growth YouTube Channel: Donna Maria Ananda


No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...