Sunday, September 11, 2022

Milad Indscript Creative ke- 15, Bukti Perempuan dapat Menjadi Seorang Pemimpin

 Penulis: Dhona Maria Ananda

Milad Indscript Creative
Sumber: canva

Teman-teman, sosok pemimpin perempuan terkadang menjadi wacana yang tak habis diperbincangkan, baik untuk kaum yang pro atau kontra. Isu pemberdayaan perempuan, ketidaksetaraan gender, diskriminasi, mitos perempuan, ketidakpercayaan atas kemampuan dalam menyeimbangkan pekerjaan dengan urusan rumah, dan sederetan isu lainnya akan selalu membayangi kisah kepemimpinan seorang perempuan. 

Namun, Indari Mastuti, founder dari Indscript Creative membuktikan bahwa sosok perempuan dapat menjadi seorang pemimpin perusahaan. Hal tersebut terlihat dalam kiprahnya dalam membangun dan mempertahankan Indscript Creative. Semangatnya untuk terus berkembang mengantarkan Indscript Creative merayakan milad ke-15 tahun. Lantas, bagaimana Indari Mastuti dapat menjadi salah satu pemimpin perempuan yang hebat? Mari belajar bersama di artikel ini.

Milad Indscript Creative
Sumber: landing page Indscript Creative

Apa Indscript Creative?

Indscript Creative adalah perusahaan yang bergerak di dunia penulisan dan bisnis. Pada awalnya, Indscript Creative adalah agen naskah yang menjembatani penerbit dengan penulis. Seiring waktu, perusahaan berkembang menjadi tiga lini inti, yaitu indie publisher, jasa copywriting dan training center

Kapan dan di mana terbentuknya Indscript Creative?

Indscript Creative lahir di kota Bandung, pada tanggal 8 September 2007

Siapa di balik Indscript Creative? dan apa latar belakang terbentuknya Indscript Creative?

Indscript Creative Bandung lahir dari seorang perempuan yang terlahir dengan kecintaan terhadap dunia literasi, yakni Indari Mastuti. Tumbuh dalam kondisi "kekurangan" tidak membuat Indari kecil berputus asa untuk bermimpi besar. Berawal dari menulis diari atau curahan hati semenjak SD, kemampuan menulisnya sedikit demi sedikit semakin terasah secara alami.

Karir Indari Mastuti sebagai seorang penulis dimulai saat SMA. Pada tahun 1996, artikelnya untuk pertama kali dirilis oleh majalah Gadis. Pada tahun 2004, Indari Mastuti menjadi seorang penulis buku di sebuah indie publisher di Bandung. Akhirnya, Indari Mastuti pun menulis buku solo pertamanya pada tahun 2006 sambil terus mengembangkan karirnya di bidang writing service sebagai penulis di Grup Kompas Gramedia.

Pada tahun 2007, Indari Mastuti mulai membangun agensi penulis yang menjembatani penerbit dan penulis. Agensi tersebut dinamakan Indscript Creative Bandung. Beberapa klien penerbit besar seperti GPU, Elex Media Komputindo, Penerbit Andi, GIP, dan Penebar Swadaya masih setia bersama hingga saat ini.

Tidak hanya itu, sejak tahun 2020, Indscript Creative pun merambah ke bidang penerbitan indie dengan label Bukuin Aja. Hingga kini, ratusan buku solo dan antologi sudah terbit secara indie lewat Indscript Creative.

Indscript Creative
Sumber: landing page Indscript Creative

Jasa Indscript Creative

Pada tahun 2022, Indari Mastuti dengan Indscript Creative Bandung telah berekspansi ke All in One Copywriting service. Jasa Indscript Creative tersebut meliputi: 

1. Jasa penulisan dan pembuatan konten website

2. Jasa liputan blogger Indscript

3. Jasa pembuatan company profile

4. Jasa penulisan ghostwriter

5. Jasa pembuatan dan dan design bahan promosi

6. Jasa pembuatan artikel

7. Jasa buku antologi untuk expert

8. Jasa pembuatan story telling perjalanan

9. Jasa pendampingan penulisan buku solo


Jasa Indscript Creative tersebut sudah berpengalaman menangani berbagai jenis perusahaan sejak 2007. Bedanya dengan yang lain adalah bentuk pelayanan yang berupa jasa on demand (menyesuaikan kebutuhan dan budget). Selain itu, Jasa Indscript Creative juga memiliki komunitas penulisan yang bisa meng-handle beragam jenis tulisan dengan jumlah member 160++. Kini, semua jasa penulisan tersebut di atas telah hadir dalam satu wadah landing page Indscript Creative yang dapat di kunjungi kapan pun dan di mana pun:

https://tribelio.page/kenaliindscriptcreative

Sekolah perempuan
Sumber: landing page Indscript Creative

Sekolah Perempuan Indscript Creative

Yayasan Sekolah Perempuan Indonesia atau yang akrab disebut Sekolah Perempuan, berdiri pada tanggal 17 Agustus 2013. Sekolah Perempuan tersebut menangani berbagai kegiatan sosial Indscript Creative Bandung, baik yang bersifat gratis hingga biaya bersubsidi. Penyelenggaraan kegiatan sosial mulai dari kelas nulis, kelas bisnis, hingga sekolah gratis bagi anak-anak kurang mampu.

Pada tahun 2022, Indari Mastuti dengan jasa penulisan Indscript Creative Bandung telah berekspansi ke All in One Copywriting service. Selain jasa penulisan, tahun 2022 tepatnya tanggal 17 Agustus, Sekolah Perempuan akan jadi pusat pemberdayaan perempuan di dunia literasi dan bisnis.

Indari Mastuti
Sumber: canva

Indari Mastuti Sebagai Seorang Pemimpin Perempuan Hebat

Pada masa sekarang ini, kesetaraan hak dan kesempatan membuat banyak bermunculan sosok pemimpin perempuan dalam sektor pemerintahan maupun dalam perusahaan. Hal tersebut seolah membuktikan bahwa menjadi pemimpin yang hebat tidak ditentukan oleh jenis kelamin seseorang, melainkan kemampuan dan kepribadian masing-masing.

Dilansir dari Natural HR, berikut merupakan beberapa alasan mengapa perempuan, dalam hal ini Indari Mastuti, dapat menjadi pemimpin yang hebat hingga mengantarkan milad Indscript Creative ke-15 tahun:

1. Dapat mengambil keputusan dengan berani dan bijaksana

Indari Mastuti memiliki sifat berani mengambil resiko demi mencapai tujuannya, terlepas usaha tersebut sukses atau tidak. Hal tersebut telah tercermin dari tindakannya sedari kecil. Tumbuh dalam kondisi "kekurangan" tidak membuat Indari kecil berputus asa untuk bermimpi besar menjadi seorang leader dalam dunia literasi dan bisnis.

Pengalaman tersebut membuat sikapnya lebih bijaksana sehingga dapat menciptakan tim kooperatif dan memiliki rasa kekeluargaan.

2. Memiliki nilai kepeminpinan yang sama dengan laki-laki.

Indari Mastuti memiliki kemampuan untuk menciptakan visi misi perusahaan yang tidak hanya dapat dibuat oleh pemimpin laki-laki. Bahkan, visi misi yang dibuat oleh pemimpin perempuan biasanya lebih bersifat ramah, peduli, dan kreatif.

3. Dapat berkomunikasi dengan baik

Indari Mastuti mampu membuat semua orang bekerja sama demi mencapai tujuan dan sukses, bukan karena terpaksa tapi memang karena kesadaran sendiri. Itu karena Indari Mastuti memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik sehingga menciptakan keterbukaan terhadap rekan kerja, bawahan, dan mitra kerja lainnya. Melalui komunikasi Ia juga memilih orang yang cocok bekerja untuk mencapai tujuan dan kesuksesan bersama. Selain tercipta kenyamanan dalam bekerja, energi yang di keluarkan dengan orang yang sefrekuensi akan lebih efisien.

4. Merupakan seorang mentor yang baik

Indari Mastuti dapat menjadi mentor yang baik karena memiliki dasar integritas berupa ketulusan dan kejujuran yang diterapkan di dalam dan di luar perusahaanya. Kejujuran menjadi kualitas dasar kepercayaan yang sangat penting dalam keberhasilan sebuah bisnis.

Indari Mastuti memiliki keyakinan bahwa menulis merupakan media untuk berdakwah dan beredukasi. Dalam dakwah dan edukasi tersemat banyak kebaikan, dan setiap kebaikan merupakan ibadah. Jadi, apapun yang dilakukan dalam kegiatan tulis menulis sifatnya bernilai ibadah, termasuk karya yang dihasilkan. Bukan hanya itu, menyebarkan karya tulis pun menjadi ibadah tersendiri bagi para penulis. Ibaratnya seperti berjihad dalam peperangan. Hal tersebut menjadi dasar integritas seorang Indari Mastuti.

Selain itu, Indari Mastuti memiliki sifat kuat dan tegas yang dibalut dengan kerendahan hati. Sifat rendah hati ini hanya dapat ditemukan bila seseorang telah berdamai dengan egonya sendiri, karena sadar akan kemampuan dirinya. Ia menghargai dan mengakui kemampuan pihak lain, sehingga dapat mengapresiasi hasil kerja orang lain.

Indari Mastuti memiliki prinsip bahwa ia tidak pernah merasa iri atau malu jika bertemu seseorang yang memiliki kelebihan dunia (harta, jabatan, dan lain sebagainya) , tapi ia sangat iri dan malu dengan orang yang imannya lebih dari dirinya.

5. Memiliki kemampuan untuk memecahkan berbagai masalah

Indari Mastuti memiliki kemampuan lebih untuk melihat ke depan, mengantisipasi ke mana pasar menuju, dan memutuskan langkah- langkah apa yang harus diambil. Hal tersebut membuat Indscript Creative Bandung dapat bertahan sampai saat ini.

Belajar dan action adalah kunci bagaimana Indari Mastuti membentuk perencanaan strategis untuk kebutuhan pribadi dan perusahaanya.

Selain itu, Indari Mastuti mampu fokus pada hal-hal positif dan berkonsentrasi pada hal-hal yang penting di sekitarnya. Hal tersebut membuatnya sensitif terhadap situasi dan kebutuhan yang dibutuhkan perusahaan, sehingga tercapai hasil yang diinginkan, baik secara pribadi, tim, dan perusahaan.

Indari Mastuti mengartikan fokus sebagai konsisten berusaha dan serius dalam menjalani apapun, karena hasil akan datang sesuai dengan effort yang diusahakan. Ia menekankan untuk fokus menikmati langkah dalam setiap proses menuju keberhasilan, terlepas sukses atau tidaknya.


Milad Indscript Creative ke- 15
Sumber: Tribelio page Indscript Creative

Acara Puncak 15 Tahun Indscript Creative

Acara puncak 15 tahun Indscript Creative telah dilaksanakan secara live di Instagram @indarimastutyrezky pada hari Sabtu, 10 September 2022, dari pukul 07.00 hingga pukul 12.00. Acara puncak 15 tahun Indscript Creative tersebut dihadiri oleh founder dan guest star coach Hendra Hilman, juga dimeriahkan oleh berbagai sayembara atau give away. Acara puncak 15 tahun Indscript Creative juga menghadirkan sesi bincang dengan para CEO anak perusahaan di bawah bendera Indscript, yaitu: ABCD-Euis Marlina, IFS-Yaya Yanti, OPTIMA-Novi Arianti, BESTIE-Sari Agustia, LAAF-Rani Adriyani, VIEW-Juniarti, KALBOO-Audy Jo, OWMG-Anan Ameylia, KBRT-Mega Gigih, dan GO ENGLISH-Bernadette Irene.

Indscript Creative
Sumber: Tribelio page Indscript Creative

Milad Indscript Creative ke 15 tahun juga dimeriahkan oleh sayembara lomba nyetatus dengan tema My journey with Indscript. Selain itu, milad Indscript Creative ke 15 tahun juga memberikan kesempatan untuk para blogger mengembangkan kemampuan menulisnya dalam program One Day One Article selama 32 hari, tentunya dengan give away yang menarik.

Indari Mastuti
Sumber: Tribelio page Indscript Creative

Selamat milad ke- 15 tahun Indscript Creative! Semoga dapat selalu berkembang dan menjadikan para perempuan berdedikasi, berdikari, dan berahlak mulia. Aamiin.


Plandemic Growth You Tube Channel: Donna Maria Ananda


No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...