Friday, September 16, 2022

Pentingnya Digital Branding Bagi Bisnis Online

Penulis: Dhona Maria Ananda

Pentingnya digital branding untuk bisnis online
Sumber: canva


Teman-teman, pandemi membawa perubahan baru bagi masyarakat di seluruh dunia mengenai teknologi. Hampir semua lini kehidupan kini menggunakan layanan digital termasuk bisnis. Bisnis berbasis digital membuat persaingan semakin ketat karena dirasakan banyak kemudahan. Oleh karena itu, setiap perusahaan atau bisnis memerlukan branding agar dapat terus bertahan. 

Artikel ini membahas pentingnya digital branding bagi bisnis online dan bagaimana cara melakukan digital branding atau melalui apa saja digital branding dapat dilakukanTentunya bersama salah satu praktisi digital marketing yang berpengalaman di Indonesia. Selamat menyimak!


Apa itu branding dalam bisnis?

Secara sederhana, branding diartikan sebagai praktik pemasaran sebuah perusahaan dengan menciptakan nama, simbol, atau desain yang mudah diidentifikasi sebagai milik suatu bisnis atau perusahaan. Digital branding berarti semua praktik pemasaran tersebut dilakukan dalam jaringan internet.

Apa tujuan branding?

Branding ditujukan sebagai pembeda suatu produk dengan kompetitornya. Hal tersebut berguna sebagai usaha mengendalikan pasar dan sebagai strategi survive suatu produk atau perusahaan.

Melalui apa saja digital branding dapat dilakukan?

1. Logo

Mencakup tulisan atau gambar, gaya desain, ukuran, dan skema warna.

2. Website

Mencakup nama domain, hosting, dan desain web, struktur, keamanan dan kenyamanan pelanggan.

3. Brand Messaging

Mencakup jawaban dari pertanyaan berikut:

- Apa yang ditawarkan bisnis?

- Apa yang bisnis perjuangkan?

- Mengapa bisnis tersebut penting?

Jawaban pertanyaan diatas harus memiliki ciri khas, membuat audiens penasaran, dan usahakan menggunakan jargon serta style yang unik.

4. SEO

Mencakup struktur URL, penggunaan SSL/TSL, topik konten, search intent, struktur konten, meta tags, backlink, dan kecepatan website.

5. Sosial Media

Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, dan lain sebagainya.

6. Email Marketing

Mencakup daftar email bertarget, apa yang ingin dicapai, segmen pelanggan yang spesifik.

7. Online Advertising

Mencakup search engine ads, display ads, sosial media ads, mobile feed dan desktop feed ads, retargeting ads, dan Google adwords.

8. Content Marketing

Mencakup penentuan tujuan, riset buyer persona, pilih platform, brainstrom ide dan jenis konten, serta audit konten.

9. Influencer Marketing

Pilih seorang influencer yang sesuai dengan misi dan bisnis dan minta agar dia membicarakan merek kepada pengikutnya.

Berikut merupakan jenis Influencer yang dapat dimintai kerjasama: mikro (10k follower), makro (100k follower), premium (top influencer), selebgram (public figure), youtuber, dan blogger.

Apa pentingnya digital branding bagi bisnis online?

Digital branding penting untuk bisnis online karena hal tersebut merupakan cara yang tepat untuk memperkenalkan sebuah brand ke konsumen secara luas di tengah persaingan bisnis. Contohnya Fitur Reels di Instagram. Reels merupakan fitur yang telah disusun sedemikian rupa dengan berkaca pada kesuksesan TikTok dengan 800 juta pengguna di seluruh dunia. Hal tersebut memungkinkan sesuatu/produk menjadi trend viral dalam waktu yang singkat, apalagi apabila target Teman-teman adalah milenial dan Gen Z. Selain itu, anda dapat menggunakan fitur Reels sambil mengedukasi audiens, menunjukan personality brand dan nilai bisnis, serta menekankan perbedaan produk dan service dari kompetitor. Tentunya dengan tampilan video pendek yang menarik.

Menurut salah satu praktisi digital marketing Indonesia, Kang Ege, melakukan posting konten secara konsisten setiap hari dapat menaikan algoritma akun di Instagram. Selain keahlian edit video yang akan meningkat, akun Reels pun akan mulai direkomendasikan secara otomatis oleh Instagram kepada audiens. Kang Ege juga bilang kalau posting secara konsisten akan menciptakan bonding atau ikatan dengan audiens yang lebih erat. Sama halnya dengan Digital branding yang juga akan membantu pebisnis dalam membangun koneksi dan hubungan dengan pelanggan.

Hal senada juga disebutkan oleh Teh Indari Mastuti, selaku founder Indscript Creative, bahwa ia sedang menggiatkan kegiatan one day one live streaming @indarimastutirezky setiap hari dari pukul 11.00 sampai pukul 12.00 siang agar akun Instagramnya (bisnisnya) dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat umum dan agar tercipta hubungan yang lebih intim dengan pelanggan. 


Nah, Teman-teman, begitulah secara singkat gambaran mengenai pentingnya digital branding bagi Bisnis Online, mudah bukan? Intinya, kalau kata Teh Indari Mastuti, take action saja! Kalau Kang Ege bilang, just do it and make duit! 

Semoga bermanfaat artikelnya.


Plandemic Growth YouTube channel: Donna Maria Ananda

No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...