Monday, September 26, 2022

Tips Agar Konsisten Menulis di One Day One Article

Penulis: Dhona Maria Ananda


Teman-teman, menulis secara konsisten merupakan tantangan tersendiri bagi para penulis. Bayangkan, di antara segudang aktivitas yang harus dijalani setiap hari, Teman-teman harus menyisipkan satu agenda lagi, yaitu menulis. Tulisan tidak dibayar! Tulisan juga jarang atau bahkan tidak ada yang membaca! Untuk apa menulis setiap hari? Seperti tidak ada pekerjaan lain! Pernahkah Teman-teman terlintas pikiran seperti itu? Tidak mengapa, wajar, kok. Nah, disini saya akan coba sharing bagaimana cara agar konsisten menulis One Day One Article. Semoga tulisan ini dapat menginspirasi, ya!


Cara agar konsisten menulis one day one article
Sumber: canva


Apa yang paling susah dari menulis? Thats right! Menjaga semangat menulis. Perjalanan untuk menjadi penulis yang sukses tidak semulus dan semudah yang dibayangkan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi dan banyak hal yang harus dipelajari. Seperti faktor mental block atau mindset, latar belakang, kesibukan sehari-hari, dan lain-lain, sangat mempengaruhi mood dalam menulis. Adapun berbagai hal yang harus dipelajari di antaranya seperti menulis menggunakan EYD, self editing, teknis SEO, dan lain sebagainya. Kesemuanya dapat membuat penulis mogok atau bahkan berhenti menulis.

Oleh karena itu, penting kiranya seorang penulis menemukan The Big Why kenapa mereka harus menulis. Nah, tips pertama agar konsisten dalam menulis One Day One Article adalah Teman-teman harus dapat menemukan The Big Why nya. 

Apa itu The Big Why

The Big Why dalam bahasa religiusnya memiliki arti yang sama dengan niat. Dalam bahasa sehari-hari, The Big Why diartikan dengan dorongan atau motivasi terbesar. Sedangkan dalam organisasi atau bisnis, The Big Why disamakan dengan visi.

Kenapa The Big Why juga berperan penting dalam menulis? 

Karena hal tersebut memberikan kekuatan bagi para penulis untuk melihat definisi tulisan yang dihasilkan ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu spiritual. Dalam tingkatan ini, para penulis yang berhasil mencapainya akan mendapatkan pencerahan mengenai apa dan untuk apa tulisannya dibuat. Tentunya jika hal tersebut dapat dicapai, komitmen dalam menulis bukanlah merupakan hal yang sulit untuk dilakukan.

Selain The Big Why, para penulis juga sangat disarankan untuk ikut bergabung dalam komunitas menulis. Hal tersebut merupakan tips kedua agar Teman-teman dapat konsisten dalam menulis One Day One Article

Kenapa bergabung dengan komunitas menulis adalah hal yang penting? 

Karena dengan hal tersebut penulis dapat merasakan banyak manfaatnya, seperti:
1. Pengetahuan dan ilmu yang terus bertambah tanpa dipungut bayaran sepeserpun.
2. Semangat yang terus terjaga karena bertemu dengan berbagai penulis hebat dan berpengalaman yang dapat memberikan inspirasi.
3. Pertemanan yang semakin bertambah akan membuka networking ke berbagai bidang lainnya.

Tips agar konsisten menulis one day one article
Sumber: canva


Saya pribadi mengikuti program One Day One Article (ODOA) yang diselenggarakan Indscript Creative. One Day One Article (ODOA) tersebut merupakan program kelas menulis selama 30 hari. One Day One Article (ODOA) bertujuan untuk melatih keterampilan pesertanya dalam menulis artikel dengan tema dan jumlah kata yang sudah ditentukan. Program kelas One Day One Article (ODOA) sendiri telah berjalan semenjak tahun 2014 dan telah berhasil mencetak para penulis handal. Hal tersebut dikarenakan program One Day One Article (ODOA) selain melatih para pesertanya untuk dapat menggali ide dengan cepat juga membentuk kebiasaan menulis.

Bergabung di dalam program One Day One Article (ODOA) diibaratkan seperti Teman-teman menemukan wadah untuk bertumbuh bersama melalui bibit-bibit tulisan, hingga akhirnya dapat menjadi pohon kokoh yang membawa banyak kebaikan. Yakinlah Teman-teman, ketika Tuhan memberikan kesempatan untuk menjadi bagian dari sesuatu, artinya IA ingin Teman-teman banyak belajar di sana. Begitupun saya dengan One Day One Article (ODOA), bersama Teh Indari dan Teh Nurul.
Tips cara agar konsisten menulis one day one artikel
Sumber: canva

Mari bertumbuh dan berkembang bersama One Day One Article!


Plandemic Growth YouTube Channel: Donna Maria Ananda

No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...