Tuesday, September 27, 2022

Tips Menulis One Day One Article untuk Pemula

Penulis: Dhona Maria Ananda

Tips menulis artikel untuk pemula
Sumber: canva


Teman-teman, menulis sebuah artikel terlihat seperti mudah untuk dilakukan. Proses pengolahan wawasan mengenai sesuatu, lalu menjelaskannya ke dalam bentuk artikel sebagai informasi baru kepada pembaca memang terkesan gampang. Padahal untuk menghasilkan artikel yang berkualitas apalagi sampai lolos diterbitkan, banyak hal yang harus dipelajari. Hal tersebut membuat para penulis pemula menjadi kehilangan semangat, bahkan berhenti menulis. 
Nah, di artikel ini saya akan membahas tips menulis One Day One Article untuk pemula. Semoga dapat menginspirasi agar jangan sampai berhenti menulis, ya!

Tips Menulis One Day One Article Untuk Pemula

Menulis Dengan Bahagia

Teman-teman, percaya atau tidak, kata-kata yang tertuang di tulisan dipengaruhi oleh energi atau perasaan penulis saat menulis. Wawasan atau informasi apapun tidak akan dapat tersampaikan dengan baik jika penulisnya sedang dalam keadaan bad mood. Apabila Teman-teman sedang tidak dalam kondisi prima atau tidak mood untuk menulis sebaiknya jangan dipaksakan. Berhenti saja dulu, tidak apa-apa. 

Teman-teman dapat meluangkan waktu sejenak untuk mengisi kembali energi positif dengan melakukan hal-hal yang membuat perasaan tenang dan senang. Setelah datang perasaan bahagia, maka mulailah menulis kembali. Perasaan bahagia dapat membuat tulisan berenergi positif dan memotivasi para pembacanya. Penulis yang bahagia pun dapat merangkai kata-kata menjadi lebih nyaman dibaca. Secara tidak langsung, hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas artikel Teman-teman menjadi lebih baik.

Menulis Dengan Singkat dan Menarik

Teman-teman, tulisan yang terlalu panjang dan berbelit-belit membuat artikel tampak membosankan dan membingungkan. Tulisan informasi detail mengenai sesuatu memang tampak keren, tapi terkadang sesuatu yang menarik memang lebih diminati para pembaca. Jadi, usahakan menulis artikel dengan informatif, singkat, dan menarik.
Hal tersebut tentu dapat dilakukan dengan banyak membaca dan berlatih menulis secara konsisten. 

Menulis secara konsisten juga dapat melatih Teman-teman untuk mengambil ide dari sudut pandang dan sisi pembahasan yang berbeda meskipun topik yang diambil bersifat umum. Artikel Teman-teman pun akhirnya memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri yang dapat menarik pembaca.
One day one article
Sumber: canva

Saya pribadi mengikuti program One Day One Article (ODOA) yang diselenggarakan Indscript Creative. One Day One Article tersebut merupakan program kelas menulis selama 30 hari. One Day One Article bertujuan untuk melatih keterampilan pesertanya dalam menulis artikel dengan tema dan jumlah kata yang sudah ditentukan. 

Program kelas One Day One Article sendiri telah berjalan semenjak tahun 2014 dan telah berhasil mencetak para penulis handal. Hal tersebut dikarenakan program One Day One Article selain melatih para pesertanya untuk dapat menggali ide dengan cepat juga membentuk kebiasaan menulis.

Pilih Gambar Ilustrasi yang Eye Catching

Teman-teman, pernah mendengar ungkapan "first impression are the key for the next step"? Iya, hal itu juga berlaku dalam dunia digital. Tulisan yang diunggah dalam media digital sangat dipengaruhi oleh gambar yang Teman-teman tampilkan di artikel. 
Oleh karenanya, gambar ilustrasi yang ditampilkan harus eye catching agar orang yang sedang berselancar di internet berhenti dan memutuskan untuk mengeklik artikel Teman-teman. Jadi, mulailah memilih gambar dengan hati-hati, ya.
Tips menulis artikel untuk pemula
Sumber: canva

Nah, Teman-teman, itulah gambaran singkat mengenai beberapa tips menulis One Day One Article untuk pemula. 
Tetaplah semangat menulis bagaimanapun prosesnya dan apapun hasilnya. Menulis adalah hak Teman-teman dan terus belajar adalah kewajiban Teman-teman. 
Mari bertumbuh dan berkembang bersama One Day One Article
Semoga bermanfaat dan tetap semangat, ya!


Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda

No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...