Wednesday, September 14, 2022

Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

 Penulis: Dhona Maria Ananda

Cara membuat bisnis online
Sumber: canva


Teman-teman, pada era digital semua pebisnis mau tidak mau harus dapat beradaptasi secara online agar dapat bertahan. Namun, walaupun berbisnis secara online banyak memiliki keuntungan dibandingkan dengan konvensional, masih banyak orang memilih untuk bertahan dititik aman karena merasa lebih kesulitan mempelajari dunia digital. Padahal nyatanya, memulai bisnis online tidaklah sesulit yang dibayangkan. 

Artikel ini akan mengupas bagaimana cara memulai bisnis online untuk pemula secara cepat dan mudah. Tentunya ditemani salah satu praktisi digital marketing Indonesia. Selamat menyimak.


Apa itu bisnis online?

Secara sederhana, bisnis online adalah kegiatan jual beli yang dilakukan melalui internet. Begitupun dengan pelayanan dan promosi produk, semuanya dilakukan melalui internet.

Apa saja jenis bisnis online?

Secara umum, terdapat tiga jenis bisnis online yang telah dikenal umum masyarakat, yaitu:

1. Bisnis online di website

Bisnis online ini mengandalkan website sebagai tempat berjualan. Berbisnis melalui website memiliki kelebihan dibandingkan jenis bisnis online lain karena pemasaran yang lebih luas, branding yang lebih baik, kebebasan desain, dan lain sebagainya.

2. Bisnis online di media sosial

Bisnis online ini menggunakan sarana sosialisasi sebagai tempat berjualan. Namun, bisnis online ini memiliki kelemahan dalam bentuk desain yang sama dengan akun pribadi.

3. Bisnis online di marketplace

Bisnis online ini menggunakan platform perantara dalam transaksi jual beli. Bisnis online ini lebih mudah dibandingkan dua jenis lainnya. Namun, jika produk yang dijual tidak unik, sifat ekstra sabar sangat diperlukan karena persaingan di marketplace sangat ketat dengan perang harga yang tajam.

Apa manfaat bisnis online?

Menurut praktisi digital marketing yang akrab disapa Kang Ege, manfaat bisnis online di antaranya:

1. Hemat biaya alias lebih murah dibandingkan bisnis offline karena tidak harus menyewa toko atau ruko. Promosi di media online juga terhitung lebih murah dibanding dengan offline.

2. Fleksibel dijalankan selama ada koneksi internet. Kegiatan jual beli dapat dijalankan kapan pun dan di mana pun, ditambah jam buka toko yang leluasa.

3. Memperluas jangkauan dan target pasar karena siapa saja dan dari wilayah mana pun dapat mengunjungi toko.

Bagaimana cara memulai bisnis online untuk pemula?

Menurut Kang Ege, cara memulai bisnis online untuk pemula harus dilandasi mikro komitmen dari para pelakunya. Mengapa? Karena tanpa niat yang kuat bisnis online yang dijalankan akan selalu mengalami perlambatan. Di dunia digital, semua pebisnis berlomba untuk menjadi yang terbaik dengan terus belajar dan meng-update ilmu. Jadi, bila niatnya kurang kenceng, bisnis online-nya akan kalah dalam persaingan. Hal senada disebutkan oleh founder Indscript Creative, Teh Indari Mastuti, yang menggaungkan slogan emak-emak harus melek digital. Kenapa? Karena bisnis rumahan para ibu rumah tangga akan nyungsep bila tidak dapat beradaptasi di era digital. Para ibu rumah tangga yang memiliki bisnis rumahan wajib melek digital agar nominal meningkat.

Adapun langkah selanjutnya adalah memulai dengan apa yang paling dikuasai, apa yang paling bisa, dan apa yang dipunya. Sebagai contoh, sebagian besar orang pada masa sekarang tentu tidak asing lagi dengan berbagai media sosial yang ada. Mulailah dengan berjualan dari akun tersebut, tentunya sambil membuat dan memperbaiki komponen-komponen pembentuk branding toko atau produk. Misalnya dengan memperjelas gambaran bisnis di bio, mulai rajin dan konsisten memposting hal-hal terkait bisnis baik aktivitas, quotes, dan lain sebagainya. Bisa juga dengan mulai membuat konten kreatif yang sesuai dengan target market agar menarik perhatian publik. Hal senada juga tengah dijalani oleh Teh Indari Mastuti, selaku founder Indscript Creative yang bergerak di ranah all in one copywriting service. Ia mulai melakukan live Streaming melalui akun Instagram pribadinya @indarimastutirezky setiap hari dari pukul 11.00 sampai pukul 12.00 siang. 

Baik Kang Ege maupun Teh Indari Mastuti sepakat bahwa melakukan sesuatu secara konsisten akan berdampak pada kemajuan bisnis secara signifikan. Mereka juga bilang, jangan menjadi orang yang kebanyakan mikir karena di dalam bisnis hal tersebut akan dikalahkan oleh yang taking an action lebih dulu.


Nah, Teman-teman, ternyata cara memulai bisnis online untuk pemula begitu mudah dan cepat, bukan? Intinya, kalau kata Teh Indari Mastuti, take action saja! Kalau Kang Ege bilang, just do it and make duit! 

Semoga bermanfaat artikelnya.


Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda


No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...