Tuesday, September 20, 2022

Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis

Penulis: Dhona Maria Ananda

Cara meningkatkan kemampuan menulis
Sumber: canva

Teman-teman, siapa disini yang merasa tidak bisa menulis? Saya yakin sebagian besar manusia yang pernah bersekolah pasti dapat menulis. Setidaknya pernah menyalin tulisan di black board. Namun, apakah Teman-teman tahu bahwa kemampuan menulis dapat ditingkatkan? Iya, tidak ada yang terlahir dengan membawa pena dan kertas, jadi Teman-teman semua memiliki kemampuan sama dalam hal apapun, termasuk menulis. 

Nah, di artikel kali ini saya akan bahas mengenai cara atau tips seorang Donna Maria Ananda untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan menulis. Semoga dapat menjadi inspirasi, ya!


Banyak Membaca
Cara meningkatkan kemampuan menulis
Sumber: canva

Kualitas seorang penulis dapat diketahui dengan sebanyak apa ia membaca. Mungkin Teman-teman ada yang berpikir bahwa untuk mengasah kemampuan menulis adalah dengan terus latihan. Hal tersebut tidak salah, tapi untuk dapat mengetahui cara menulis menarik dan berkualitas, maka Teman-teman harus sering membaca. Dengan sering membaca, Teman-teman juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan sehingga perbendaharaan kosakata bertambah. Selain itu, Teman-teman juga dapat mengetahui informasi terbaru untuk dijadikan bahan tulisan. 

Saya pribadi sering membaca blog dan buku dengan topik yang saya sukai. Contohnya: saya memiliki minat di bidang pengembangan diri dan manajemen keuangan. Maka, saya akan banyak membaca beragam blog dan buku mengenai hal tersebut. Namun, sesekali saya juga membaca topik di luar minat saya agar menambah pengetahuan.

Banyak Menulis
Cara meningkatkan kemampuan menulis
Sumber: canva

Practice makes perfect, betul bukan? Teman-teman, tentu sudah tidak asing mendengar pepatah tersebut. Dengan banyak berlatih, kemampuan Teman-teman dalam merangkai kata dapat terasah secara alami. Selain gaya free writing, jangan lupa untuk melatih kemampuan EYD dan self editing agar tulisan terlihat profesional.

Saya pribadi mengikuti program One Day One Article yang diadakan oleh Indscript Creative agar kemampuan menulis saya terasah. Selain itu, di program tersebut tulisan saya mendapatkan masukan dari kakak-kakak editor agar tampak lebih ciamik. Otomatis di sana saya juga banyak menerima pengetahuan yang memungkinkan self editing. Di waktu senggang, saya juga kerap kali membaca ulang tulisan saya dan membacanya dengan lantang. Hal tersebut berguna untuk mengetahui apakah tulisan saya mengalir dan enak dibaca atau masih banyak kalimat yang terlalu panjang dan kaku.

Bergabung Dengan Komunitas Penulis
Cara meningkatkan kemampuan menulis
Sumber: canva

Bergabung dengan komunitas penulis, baik secara offline atau online, memiliki banyak manfaat. Selain Teman-teman dapat belajar bagaimana caranya menulis dengan baik, Teman-teman juga dapat menemukan beragam trik menulis dan bimbingan gratis dari anggota komunitas. Komunitas penulis juga merupakan wadah Teman-teman untuk berbagi dan berdiskusi seputar dunia literasi. 

Saya pribadi bergabung di komunitas Nulis Bareng buku antologi dan One Day One Article Indscript Creative.

Pada tahun sekarang, komunitas kelas Nulis Bareng telah memasuki gelombang kedua. Sebelumnya pada tahun 2021, gelombang pertama kelas Nulis Bareng telah mencetak para penulis baru melalui 43 batch tantangan menulis buku antologi dengan tema-tema yang telah ditentukan.

Saya pribadi telah menulis 38 buku antologi, 36 buku di gelombang pertama dan 2 buku di gelombang kedua. Sedangkan di program One Day One Article, saya telah menulis 91 artikel.

Cukup mudah dan simple cara Donna Maria Ananda dalam mengasah kemampuan menulis, bukan? Yang terpenting adalah mengembangkan kemauan Teman-teman untuk terus mau belajar dan berlatih. Karena menulis bukanlah perihal bakat, tapi kemampuan yang dapat ditingkatkan. 

Semoga artikelnya bermanfaat, ya!

 

Plandemic Growth YouTube Channel: Donna Maria Ananda



No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...