Monday, September 5, 2022

Layanan Konsultasi Psikologi Online? Get Spirit saja!

 Penulis: Dhona Maria Ananda

Layanan Konsultasi Psikologi Get Spirit
Sumber: canva

Teman-teman, pada masa modern ini isu kesehatan mental sudah tidak asing lagi terdengar. Sebagian besar orang telah menyadari bahwa menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Semakin berkembangnya media komunikasi elektronik membuat pengetahuan mengenai kesehatan mental pun marak di internet. Merebaknya pengetahuan tersebut, menyebabkan sebagian individu kerap melakukan self diagnosis. Hal tersebut tentu sangat membahayakan diri dan orang sekitarnya. 

Salah satu penyebab orang melakukan self diagnosis adalah belum ada layanan konsultasi psikologi di daerahnya. Namun, jangan khawatir karena Get Spirit telah hadir memberikan solusi. Lantas, apa itu kesehatan mental dan solusi apa yang diberikan Get Spirit untuk meminimalisasi self diagnosis? Teman-teman, dapat menyimaknya di artikel ini. 


Kesehatan Mental

Definisi

Menurut WHO, kesehatan mental merupakan kondisi "sejahtera" seseorang, ketika seseorang menyadari kemampuan dirinya, mampu untuk mengelola tekanan yang wajar serta beradaptasi dengan baik, dapat bekerja secara produktif, dan berkontribusi dalam kehidupan di lingkungannya.


Identifikasi Kesehatan Mental

Menurut Selly Hamdani, psikolog klinis anak dan remaja, Get Spirit, kesehatan mental atau psikologis dapat ditandai oleh tiga hal, yaitu:

1. Kemampuan untuk mengenali diri (kelemahan dan kelebihan diri).

2. Kemampuan beradaptasi dengan tekanan kehidupan sehari-hari.

3. Kemampuan berkontribusi dengan lingkungan sekitar.


Ia juga menambahkan bahwa, kesehatan mental diidentifikasi melalui empat kemampuan, yaitu:

1. Berkembang secara psikologis, emosional, intelektualitas, dan spiritual.

2. Memulai, mengembangkan, dan mempertahankan hubungan pribadi yang saling memuaskan.

3. Menjadi sadar dan berempati dengan orang lain.

4. Mengalami dan mengintegrasikan tekanan psikologis tanpa menghambat perkembangan.


Ciri-ciri Mental yang Sehat

Adapun ciri-ciri orang yang sehat mental adalah sebagai berikut:

1. Bebas dari gangguan atau penyakit jiwa.

2. Dapat menerima diri serta menyadari kekuatan dan kelemahan.

3. Mampu mengembangkan potensi yang dimiliki serta memanfaatkannya untuk diri sendiri dan orang lain.

4. Mampu menyesuaikan diri secara fleksibel.

5. Memiliki hubungan yang menyenangkan dan bermanfaat antar individu di sekitar kita.


Get Spirit

Teman-teman, Get Spirit adalah salah satu layanan jasa profesional di bidang psikologi atau biro psikologi di Bandung. Menurut Theofanny, salah satu founder Get Spirit, Awal berdirinya biro psikologi tersebut berasal dari mimpi atau keinginan besar para founder-nya untuk membantu sesama manusia. Biro psikologi yang berdiri tahun 2020 tersebut tidak hanya berorientasi pada jasa konsultasi anak dan dewasa, melainkan juga pada perusahaan-perusahaan seperti untuk HRD, promosi serta penempatan staf, dan sebagainya. 

Get Spirit pun menyediakan berbagai macam tes psikologi untuk banyak kebutuhan, seperti tes IQ, tes minat dan bakat, tes anak dengan kebutuhan khusus, dan lain sebagainya. Para psikolog di Bandung tersebut juga menyediakan tes kematangan anak yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah ketika akan masuk SD jika umurnya di bawah tujuh tahun. 


Konsultasi Psikologi Online

Teman-teman, menurut Selly Hamdani, kesehatan mental sulit dikenali kecuali menunjukkan gejala yang "menonjol". Setiap individu yang tercipta unik menyebabkan kondisi nilai kesehatan mental berbeda-beda atau bersifat kontinum. Hal tersebut dapat diketahui melalui frekuensi, sumber masalah, durasi, intensitas dari gejala yang dirasakan. 

Para psikolog umumnya sangat tidak menganjurkan self diagnosis berdasarkan informasi atau pengetahuan yang tidak jelas rujukan kebenarannya. Maka, jika individu merasakan ada gejala "abnormal" disarankan untuk langsung melakukan pemeriksaan dengan para profesional. Karena tujuan berbagai pengobatan yang diberikan para profesional tidak hanya membuat individu menjadi sembuh dari sakitnya, tetapi lebih kepada peningkatan taraf kesehatan seseorang menjadi lebih optimal. 

Teman-teman, lokasi biro psikologi Get Spirit berada di Jalan Soekarno Hatta, Bandung. Namun, bagi Teman yang terkendala dengan jarak, layanan jasa psikolog di Bandung tersebut membuka konsultasi psikologi online bagi siapa saja yang membutuhkan. Dengan adanya konsultasi psikologi online diharapkan bahwa Get Spirit kelak akan menjadi biro psikologi yang menjangkau seluruh pelosok daerah Indonesia, bahkan ke seluruh dunia.


Jadi, apabila Teman memiliki masalah yang berhubungan dengan kondisi kesehatan mental dalam kehidupan sehari-hari, jangan lupa untuk menghubungi Get Spirit melalui Instagram @get_spirit ya! Get Spirit akan selalu sedia membantu melalui layanan konsultasi psikologi online maupun offline.


Plandemic Growth YouTube Channel: Donna Maria Ananda

No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...