Tuesday, October 18, 2022

Bunga Asoka (Saraca asoca) dan Beragam Kisahnya

 Penulis: Dhona Maria Ananda


Teman-teman, bunga Asoka adalah salah satu tanaman hias yang banyak dipelihara di pekarangan rumah. Selain bentuk dan warnanya yang cantik, bunga asoka juga memiliki aroma yang khas. Namun, di balik keelokan paras bunga dengan nama latin Saraca asoca terdapat berbagai kisah yang menarik. Apa saja kisahnya? Yuk, disimak artikelnya.



Asoka (Saraca asoca) dan Beragam Kisahnya

Asoka (Saraca asoca) adalah tanaman yang berasal dari dataran tinggi Deccan dan juga bagian tengah Ghat barat di area pesisir barat India. 

Kisah Asoka (Saraca asoca) dan Ramayana

Kata Asoka diambil dari nama taman bunga "Ashoka" dalam kisah legendaris umat hindu "Ramayana". "Shoka" itu sendiri memiliki arti kesedihan, sedangkan "Ashoka" berarti memiliki makna sebaliknya. 

Taman Ashoka yang di ceritakan dalam kisah Ramayana merupakan taman yang sangat indah. Konon ceritanya taman tersebut dibuat oleh Rahwana agar Dewi Shinta tidak merasa sedih ketika disembunyikan atau diculik dari suaminya, Dewa Rama, walaupun tidak berhasil.

Kisah Asoka (Saraca asoca) di Bali

Di daerah Bali khususnya bagi yang penganut Hindu, bunga Asoka (Saraca asoca) merupakan salah satu bunga umum yang diberikan untuk persembahan atau persembahyangan. Bunga Asoka putih digunakan sebagai penghormatan kepada Dewa Isvara. Bunga Asoka merah digunakan sebagai penghormatan kepada Dewa Brahma. Sedangakan Bunga Asoka kuning digunakan sebagai pernghormatan kepada Dewa Raditya. Semuanya bermakna sinar suci dari Yang Maha Kuasa dalam fungsinya masing-masing untuk menjaga keberlangsungan alam semesta beserta seluruh isinya. 

Selain itu, bunga Asoka juga dijadikan lambang harapan akan tercapainya kedamaian jiwa, sehingga terhindar dari kesedihan dan derita. Ketika kesedihan dan derita sudah jauh dari hati manusia, maka yang tertinggal hanyalah kebahagiaan.

Kisah Asoka (Saraca asoca) di India

Di India, bunga Asoka (Saraca asoca) merupakan tanaman suci. Hal tersebut karena umat Buddha dan Hindu percaya bahwa Yakshi berhubungan dengan tanaman Asoka (Saraca asoca). Yakhsi sendiri adalah elemen yang sering ditemukan dalam seni India. Yakhsi biasanya ditemukan di gerbang kuil Buddha dan Hindu. Patung Yakshini digambarkan sedang memegang cabang ranting pohon Asoka yang sedang berbunga. Kakinya sendiri terletak di atas batang pohon Asoka. Mitosnya dewa pohon kuno yang berhubungan dengan kesuburan adalah makna dari elemen artistik Yakshi.

Pada masa India kuno, tanaman Asoka (Saraca asoca) ini hanya dapat dibudidayakan di daerah kerajaan. Dengan kata lain, masyarakat umum tidak dapat menanam sembarangan bunga Asoka (Saraca asoca).

Kisah lainnya Asoka (Saraca asoca)

Konon ada kisah yang menceritakan bahwa tokoh penyebar agama Buddha yaitu Buddha Syakyamuni lahir di bawah pohon Asoka Taman Lumbini. Kisah lain mengatakan adanya seorang raja beragama Budha yang bernama Asoka yang merupakan penguasa kekaisaran Maurya Gupta pada 273 SM sampai 232 SM.

Kisah Asoka (Saraca asoca) dan Penulis

Video bunga Asoka (Saraca asoca) berwarna merah muda yang saya unggah di atas adalah hasil pemeliharaan orang tua saya. Keduanya merupakan Dosen di Universitas Ternama dan sama-sama bergelar Doktor. Ada banyak interpretasi yang saya pikirkan ketika melihat bunga Asoka (Saraca asoca) tumbuh subur dan terawat di pekarangan rumah.

Saya sejujurnya sedikit merasa iri melihatnya. Kenapa? Karena saya beserta adik saya merasa tidak tumbuh seindah dan secantik bunga Asoka (Saraca asoca) tersebut. Saya dan adik tumbuh dibesarkan oleh nenek karena kesibukan masing-masing dalam mengejar karir. Andai orang tua saya merawat saya dan adik seperti Asoka (Saraca asoca), tentu kami akan tumbuh dan berkembang dengan lebih baik. 

Namun, begitulah hidup, terkadang suratan tangan lebih kuat dari usaha keras dan doa. Semoga apapun yang akan terjadi di depan dijauhkan dari berbagai kesedihan yang bersifat fana, sesuai dengan makna dari Asoka (Saraca asoca).


Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda




No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...