Saturday, October 1, 2022

Langkah Awal Membuat Buku Solo Impian

Penulis: Dhona Maria Ananda

Langkah awal membuat buku solo
Sumber: canva

Teman-teman, bagi seorang penulis menelurkan sebuah buku solo adalah sebuah impian. Namun, menjadi penulis yang tidak hanya menelurkan, tapi mendadar atau menceplok telur itu jadi hidangan menarik yang menggugah selera adalah butuh proses. 

Iya, buku solo tidak hanya sekedar bukti bahwa penulis bisa menulis dan menghasilkan karya. Namun, lebih kepada bagaimana caranya buku solo tersebut selain banyak menebar manfaat juga digemari dan diminati setelah terbit. Lantas, bagaimana langkah awal membuat buku solo impian? Yuk, disimak artikelnya.


Apa definisi buku?

Menurut KBBI, arti dari kata buku adalah lembar kertas yang berjilid, bisa berisi tulisan ataupun tidak. 

Apa definisi solo?

Menurut KBBI, solo memiliki arti nyanyian (lagu, musik) tunggal (yang dinyanyikan ataj dimainkan oleh satu orang). Solo juga memiliki arti tunggal (melakukan sesuatu seorang diri).

Apa pengertian buku solo?

Secara sederhana buku solo dapat diartikan sebagai lembar kertas berjilid berisi tulisan atau tidak yang disusun oleh seorang diri.

Langkah Membuat Buku Solo Impian untuk Pemula

Setelah sekian lama berlatih menulis buku antologi, saya pribadi masih terduduk di zona nyaman. Iya, masih duduk manis menulis buku antologi selanjutnya. Belum berani melanjutkan langkah berikutnya selain berkomitmen pada diri sendiri untuk menulis 500 - 700 kata, belum lebih. Padahal sampai kapanpun buku solo tidak akan pernah terbit bila niat kurang bulat. Diperlukan tekad kuat dan komitmen untuk merampungkan sebuah buku solo.  

Latihan Menulis
Langkah awal membuat buku solo
Sumber: canva

Langkah pertama yang saya lakukan adalah terus latihan menulis secara bertahap. Dimulai dengan menuliskan tulisan pendek, seperti jurnal harian atau quote. Selanjutnya bisa berupa opini satu, dua, bahkan sampai tiga paragraf. 

Saya pribadi memilih buku antologi sebagai ajang latihan menulis 300 kata. Setelah itu saya mulai menulis artikel dengan jumlah minimal 500 kata. Hal tersebut saya lakukan untuk menemukan identitas menulis sehingga tulisan saya memiliki ciri khas yang dapat diingat atau dikenali oleh para pembaca.

Satu hal yang perlu menjadi perhatian dalam menulis adalah faktor kenyamanan. Jadi jika latihan menulis secara kursus membuat Teman-teman tidak nyaman sebaiknya jangan dipaksakan. Teman dapat melakukan latihan menulis sendiri terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan agar jiwa di dalam diri lebih bebas menuangkan ide apapun yang ada di dalam kepala tanpa rasa takut. Baik takut terhadap persaingan atau suatu aturan baku dan ketat. Karena, salah satu kunci sukses menulis adalah mengabaikan semua faktor yang dapat melemahkan semangat.

Latihan Mengolah Pikiran
Langkah awal membuat buku solo
Sumber: canva

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kunci keberhasilan seorang penulis adalah dengan melatih kemampuan mengolah pikiran. Apabila pikiran telah dapat terkendali maka Teman-teman akan dapat menciptakan semangat dan konsistensi. Jika semangat sudah tumbuh dan mendarah daging, rintangan selanjutnya akan terasa mudah dilalui. 

Contohnya apabila ada kesalahan dalam tulisan seperti EYD dan lain sebagainya, dengan semangat yang telah terbentuk Teman-teman akan terdorong untuk terus belajar untuk menjadi lebih baik. Saya pribadi juga terus melatih kemampuan untuk mengolah pikiran dengan mencari tahu kenapa saya harus menulis. Dengan mengetahui the big why, maka semangat, konsistensi, dan komitmen saya menjadi lebih kuat. Hal tersebut merupakan langkah kedua.

Latihan Mendeskripsikan Sesuatu
Langkah awal membuat buku solo
Sumber: canva

Langkah ketiga dalam membuat buku solo untuk pemula adalah latihan mendeskripsikan apa yang Teman-teman lihat dan rasakan. Menulis tidak selalu harus bertabur kata-kata mutiara, hal yang muluk-muluk atau rumit. Menulis secara jujur adalah sesederhana ketika Teman-teman melihat atau merasakan sesuatu. Hal tersebut akan membawa keunikan bagi penulisnya karena perbedaan sudut pandang.


Nah, teman-teman, begitulah gambaran sederhana mengenai langkah membuat buku solo impian untuk pemula, semoga dapat menginspirasi. 

Namun, bagi Teman-teman yang merasa membutuhkan Jasa pendampingan buku solo, Indscript Creative adalah jawabannya. Di sana Teman-teman akan diberi arahan secara jelas dan menyeluruh, dari nol hingga menerbitkan buku solo serta pemasarannya. Keterangan lebih lanjut bisa Teman-teman dapatkan dengan mengeklik landing page Indscript Creative di:

https://tribelio.page/kenaliindscriptcreative


Selamat menulis!


Plandemic Growth YouTube Channel: Donna Maria Ananda

















2 comments:

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...