Wednesday, October 12, 2022

10 Manfaat Tanaman Hanjuang Merah/Cordyline fruticosa Untuk Kesehatan

Penulis: Dhona Maria Ananda



Teman-teman, tanaman hanjuang merah kerap kali ditemui di daerah taman rumah atau area pemakaman. Hal tersebut juga tidak terlepas dari mitos yang mengatakan bahwa hanjuang merah merupakan tanaman penolak bala. Terlepas Teman-teman percaya atau tidak, ternyata di balik kemistisan parasnya, tanaman hanjuang mengandung banyak sekali manfaat. Apa saja manfaat nya? Yuk, disimak artikelnya.



Hanjuang Merah atau Cordyline fruticosa

Hanjuang, andong, atau pohon ti memiliki nama latin Cordyline fruticosa. Tanaman ini termasuk family Asparagaceae dan genus Dracaena. Hanjuang, andong, atau pohon ti tergolong tanaman hias yangbberasal dari austronesia, Asia Tenggara dan Oseania. 

Di berbagai daerah tanaman ini dikenal dengan nama beragam, seperti Bak Juang (Aceh), Linjuang (Medan), Tumjuang (Palembang), Hanjuang (Sunda), Andong (Jawa Tengah dan Jakarta), Kayu Urip (Madura), Endong (Bali dan Nusa Tenggara), Renjuang (Dayak), Tabango (Gorontalo), Paili (Makasar), Panjureng (Bugis), dan Weluga (Ambon).


Mitos Hanjuang Merah atau Cordyline fruticosa

Dalam masyarakat suku Sunda, Jawa, serta Bali, makna hanjuang secara harafiah dan filosofis adalah sebagai pembatas ruang. Oleh karenanya, tanaman hanjuang sering dilihat atau dijumpai di pekarangan rumah; sebagai pembatas ruang antara rumah dan taman, di pemakaman; sebagai pembatas ruang atau pelindung yang masih hidup dengan yang tidak, di ladang; sebagai pembatas sial atau penolak bala, dan lain sebagainya.


Manfaat Hanjuang Merah atau Cordyline fruticosa

Terlepas dari aura mistis yang melekat, tanaman hanjuang ternyata sangat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dalam daun hanjuang terkandung berbagai nutrisi seperti zat besi, flavonoid, kalsium oksalat, polifenol, saponin, tannin, steroida, polisakarida, dan masih banyak lagi. Dilansir dari manfaat.co.id, berikut merupakan beberapa manfaat tanaman hanjuang merah, yaitu:

1. Obat TBC

Daun hanjuang merah memiliki sifat anti bakteri dan virus, hal tersebut membuatnya menjadi salah satu obat untuk TBC. Untuk hasil yang maksimal, kombinasikan daun hanjuang merah ini dengan wortel.

2. Mengatasi Sembelit

Daun hanjuang merah juga mengandung serat yang sangat baik untuk pencernaan sehingga dapat membantu mengatasi sembelit. Selain itu, daun hanjuang merah juga dapat mengatasi masalah ambein.

3. Obat Penyakit Lambung

Daun hanjuang merah memiliki berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh, salah satunya adalah lambung. Oleh karenanya, daun hanjuang merah dapat digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit lambung, seperti maag atau diare.

4. Obat Batuk

Daun hanjuang merah juga dapat membantu untuk meredakan batuk dengan meminum air rebusannya.

5. Obat Sesak

Daun hanjuang merah juga dapat mengatasi gejala sesak nafas dengan secara rutin meminum air rebusannya. Khasiatnya sama seperti daun binahong atau mint.

6. Melancarkan Haid

Daun hanjuang merah dapat juga mengatasi berbagai masalah kewanitaan, seperti keputihan, telat datang bulan, dan lain sebagainya, khususnya untuk melancarkan haid. 

7. Membersihkan Ginjal

Air rebusan daun hanjuang merah dapat membersihkan ginjal yang kotor sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Khasiatnya sama dengan daun seledri yang berfungsi membersihkan ginjal.

8. Menjaga Kesehatan Liver

Rebusan daun hanjuang merah sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan liver.

9. Obat Sakit Gigi

Daun hanjuang merah dapat direbus untuk mengatasi nyeri gigi karena mengandung anti bakteri dan kuman. Selain itu Daun hanjuang merah dapat mengobati radang gusi sehingga mempercepat penyembuhan dan meredakan bengkak. Daun hanjuang merah juga dapat mengatasi masalah bau mulut.

10. Obat Luka

Daun hanjuang merah yang ditumbuk dan dioleskan di luka akan dapat mempercepat penyembuhan karena membuatnya cepat kering dan tidak infeksi.


Nah, teman-teman begitulah ulasan singkat mengenai manfaat tanaman hanjuang atau Cordyline fruticosa untuk kesehatan. Semoga artikelnya dapat membantu yang sedang membutuhkan informasi!


Plandemic Growth YouTube Channel: Donna Maria Ananda





No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...