Sunday, October 16, 2022

Mengenal Manfaat Mawar atau Rosa untuk Kesehatan

 Penulis: Dhona Maria Ananda


Teman-teman, selain bentuknya yang menawan, bunga mawar memang dikenal dengan wanginya yang khas. Dalam kebudayaan Barat, mawar dianggap suci dan merupakan lambang dari cinta atau kecantikan. Di daerah tertentu bahkan bunga ini merupakan simbol anti kekerasan. Namun, di balik parasnya yang elok dan keharumannya yang menawan, bunga Mawar atau Rosa mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Yuk, disimak artikelnya.


Mawar/Rosa

Mawar/Rosa merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki batang berduri. Meskipun demikian, parasnya yang elok, warna yang beranekaragam, dan keharumannya menjadi daya tarik tersendiri. Mawar/Rosa liar memiliki lebih dari 100 species, baik yang merambat maupun berupa semak berduri. Sedangkan ketinggian Mawar/Rosa ini dapat tumbuh 2 - 5 meter. 

Daun dari Mawar/Rosa berbentuk lonjong dengan ujung meruncing dan tepian bergerigi. Batangnya sendiri memiliki duri yang semakin banyak pada bagian dekat tanah. Di Asia Tenggara, Mawar/Rosa tergolong tanaman yang banyak merontokan daun untuk menurunkan suhu panas, karena pada dasarnya memang bukan tanaman tropis.

Bunga Mawar/Rosa rata-rata memiliki lima helai dengan ovari di bawah daun mahkota dan kelopak. Warna yang dimiliki Mawar/Rosa sangat beragam seperti merah, putih, kuning, merah muda, serta biru.

Sifat Mawar/Rosa yang suka memanjat ditunjang dengan duri yang berfungsi sebagai pengait pada tumbuhan lain. Duri pada Mawar/Rosa juga berfungsi sebagai perisai atau alat pertahanan diri dari predator atau erosi tanah.


Budidaya Mawar/Rosa

Budidaya Mawar/Rosa dilakukan secara konvensional dengan perkawinan putik dan benang sari. Namun, permintaan pasar akan bunga potong membuat budidaya Mawar/Rosa menggunakan teknik kultur in vitro. Teknik tersebut membuat Mawar/Rosa tidak memiliki ketergantungan terhadap musim, daya multiplikasi tinggi, serta terbebas dari bakteri atau jamur.


Manfaat Mawar/Rosa

Sejak zaman dahulu kala, Mawar/Rosa digunakan secara tradisional untuk kecantikan. Seperti mengatasi jerawat, mencerahkan warna bibir, anti aging, dan anti inflamasi. Namun, ternyata Mawar/Rosa juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut merupakan beberapa manfaat Mawar/Rosa dilansir dari Halodoc:

1. Mengurangi Berat Badan

Mawar/Rosa mengandung senyawa yang membantu melancarkan metabolisme serta bersifat detoksifikasi. Mengkonsumsi segenggam helai bunga mawar setiap hari dapat mengurangi nafsu makan yang berlebih.

2. Terhindar dari Stres

Mawar/Rosa memiliki keharuman yang dapat menenangkan sekaligus menyegarkan pikiran. Akibatnya, tekanan darah menjadi stabil, emosi lebih terkendali, suasana hati membaik, dan meningkatkan fungsi otak.

3. Menurunkan Depresi dan Kecemasan

Melakukan terapi dengan aroma mawar menenangkan jiwa sehingga membuat peredaran darah lebih lancar. Selain itu, aroma mawar membuat energi negatif memudar serta meningkatkan daya konsentrasi sehingga dapat mengusir pikiran buruk atau bad mood.

4. Mengobati Wasir

Mawar/Rosa sangat berkhasiat untuk meredakan gejala wasir seperti pendarahan dan rasa sakit. Serat dan air yang terkandung pada mawar secara alami dapat membantu meredakan gejala wasir sekaligus membuang racun yang ada dalam pencernaan.

5. Mengobati Infeksi Kulit

Minyak esensial yang terdapat pada Mawar/Rosa mengandung senyawa anti inflamasi, anti bakteri, dan anti jamur. Hal tersebut membuat peradangan pada kulit yang terinfeksi cepat mereda. Minyak esensial mawar juga dapat mempercepat penyembuhan luka dan memperbaiki kulit yang rusak.


Selain cantik, ternyata Mawar/Rosa banyak manfaatnya, ya. 

Selamat menambah koleksi tanaman hias!


Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda





 




No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...