Monday, October 17, 2022

Manfaat Buah Nangka (Artocarpus heterophyllus) untuk Kesehatan

Penulis: Donna Maria Ananda



Teman-teman, siapa yang belum pernah makan buah nangka matang? Rasanya manis dan bikin ketagihan, ya! Apalagi kalau sudah diolah menjadi beragam makanan, seperti dodol, gudeg, dan lain-lain. Belum lagi kesegaran es campur yang belum lengkap tanpa si kuning buah nangka, bikin hari-hari makin ceria. Nah, konon buah yang katanya berasal dari India ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, loh. Mau tau apa saja manfaat buah Nangka (Artocarpus heterophyllus) atau Jackfruit (Inggris)? Disimak artikelnya, ya.



Nangka (Artocarpus heterophyllus)

Pohon Nangka (Artocarpus heterophyllus) biasanya memiliki tinggi antara 20 - 30 meter. Saya pribadi belum pernah bertemu dengan pohon nangka setinggi itu, tapi kalau tinggi 2-3 meter saya sudah dokumentasikan di channel YouTube saya. Kalau penasaran, Teman-teman bisa mengeklik link video yang ada di atas, ya.
Batang pohon Nangka (Artocarpus heterophyllus) memiliki getah putih bila tergores. Getahnya lumayan lengket sehingga mengganggu Teman-teman bila sedang melakukan aktivitas. Sedangkan daunnya bertekstur tebal dan memiliki urat yang jelas, dengan bentuk seperti telur terbalik.
Nangka (Artocarpus heterophyllus) merupakan pohon berumah satu, yaitu perkawinan dapat dilakukan hanya dengan satu individu. Dengan demikian di dalam pohon Nangka (Artocarpus heterophyllus) Teman-teman akan menemukan bunga jantan dan betina sekaligus. Jangan khawatir, Teman-teman dapat sangat mudah membedakannya, bunga jantan berbentuk gada sedangkan betina lonjong.
Buah Nangka (Artocarpus heterophyllus) tergolong buah majemuk yang merupakan hasil perkembangan buah majemuk. Teman-teman tentu tidak menyangka bahwa buah Nangka (Artocarpus heterophyllus) berasal dari banyak bakal buah yang tumbuh menjadi satu buah, bukan?

Budidaya Nangka (Artocarpus heterophyllus)

Memelihara pohon Nangka (Artocarpus heterophyllus) termasuk gampang-pang susah. Kenapa? Karena pohon ini sangat menyukai curah hujan yang tidak kurang atau lebih. Artinya, pohon Nangka (Artocarpus heterophyllus) tidak tahan  kekeringan, cuaca dingin, dan penggenangan. Budidaya Budidaya Nangka (Artocarpus heterophyllus) dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu biji dan klon. Pohon Nangka (Artocarpus heterophyllus) yang berasal dari biji dapat berbuah setelah 2-8 tahun. Sedangkan pohon Nangka (Artocarpus heterophyllus) hasil klon dapat berbuah setelah 2-4 tahun.
Masa berbuah di tempat yang disukai pohon Nangka (Artocarpus heterophyllus) adalah sepanjang tahun.

Manfaat Nangka (Artocarpus heterophyllus)

Nangka (Artocarpus heterophyllus) adalah buah yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Namun, masih banyaknyang belum mengenal manfaat buah berwarna kuning ini. Dilansir dari Alodoc.com, inilah beberapa manfaatnya:
1. Membantu melancarkan dan menyehatkan pencernaan
Nangka (Artocarpus heterophyllus) mengandung serat tinggi dan karbohidrat kompleks (probiotik) yang baik untuk pencernaan.
2. Menjaga berat badan
Nangka (Artocarpus heterophyllus) memgandung serat dan protein yang membantu pencernaan untuk kenyang lebih lama. Hal tersebut menekan nafsu makan sehingga dapat menjaga berat badan tetap ideal.
3. Mencegah penyakit kardiovaskular
Nangka (Artocarpus heterophyllus) mengandung serat, kalium, dan anti oksidan yang tinggi. Hal tersebut membantu menstabilkan tekanan darah, mencegah penyumbatan pembuluh darah, dan mengurangi kolesterol jahat dalam darah.
4. Membantu memelihara kesehatan kulit
Nangka (Artocarpus heterophyllus) mengandung antioksidan dan vitamin C yang cukup tinggi. Hal tersebut mencegah kerusakan kulit dari bahaya radikal bebas dan menghasilkan kolagen agar kulit tetap kenyal dan kencang.
5. Mencegah kanker
Nangka (Artocarpus heterophyllus) mengandung antioksidan untuk membantu tubuh melawan radikal bebas dan melindungi tubuh dari sel-sel yang bermutasi.

Makan Nangka (Artocarpus heterophyllus), yuk!

Plandemic Growth YouTube Channel: Donna Maria Ananda

No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...