Tuesday, October 11, 2022

10 Manfaat Tanaman Sente/Keladi Hitam (Alocasia Plumbea) untuk Kesehatan

 Penulis: Dhona Maria Ananda


Teman-teman, keladi atau senthe hitam terkenal dengan mitosnya yang dipercaya sebagai tanaman penangkal ilmu sihir. Terlepas dari kepercayaan akan mitosnya, tumbuhan yang bernama latin alocasia plumbea ini termasuk menjadi salah satu jenis yang diburu para pecinta tanaman hias. Namun, banyak orang yang belum mengetahui bahwa ternyata keladi atau senthe hitam memiliki banyak manfaat. Lantas, apa saja manfaat tanaman sente atau keladi hitam (alocasia plumbea) tersebut? Yuk, disimak artikelnya.


Keladi/Senthe Hitam (alocasia plumbea)

Keladi atau senthe atau alocasia plumbea tergolong tanaman hias kerabat dekat dari talas-talasan. Tanamannya memiliki daun yang lebar dan besar, juga batang yang berumbi. Daunnya sendiri agak bergelombang dan didominasi warna hitam. Hal tersebut menjadi pembeda dengan senthe hijau atau keladi hijau atau alocasia macrorrhizos, yang didominasi oleh warna hijau meski bentuknya serupa. Pembeda lainnya, umbi dari senthe atau keladi hijau atau alocasia macrorrhizos dapat dimakan. Sedangkan keladi atau senthe hitam umbinya tidak dapat dimakan, serta bergetah yang dapat menimbulkan iritasi kulit atau gatal-gatal bila pengolahannya kurang benar.

Keladi atau senthe hitam merupakan jenis tanaman hias non flowery yang semakin banyak diminati. Alocasia plumbea sekarang ini memang telah menjadi pesaing dengan berbagai macam jenis aglaonema. Baik alocasia maupun aglaonema memiliki keistimewaan yang sama yaitu warna daun yang menggoda.

Namun, di balik persamaan keistimewaan yang sama dengan aglaonema, alocasia memiliki satu keunggulan, yaitu dipercaya dapat menangkal santet atau black magic.

Terlepas percaya atau tidaknya, mitos tersebut meningkatkan kelas keladi atau senthe hitam di kalangan para pecinta tanaman hias.


Budidaya keladi/senthe hitam/alocasia plumbea

Alocasia plumbea atau senthe/keladi hitam dikembangbiakan dengan cara menanam bonggol atau akar yang menjadi umbinya. Selain itu, budidaya alocasia plumbea dapat dilakukan melalui biji yang terdapat dalam kantung bunga. Meski demikian, banyak juga pembiakan keladi atau senthe hitam dengan mencabut anakan yang tumbuh disekitar tanaman induk.


Cara penanaman keladi/senthe hitam/alocasia plumbea

Keladi atau senthe hitam sebaiknya ditanam dengan sinar matahari yang tidak terlalu menyengat karena akan berpengaruh pada keindahan warna daun akibat kekeringan. Meskipun demikian, tanaman alocasia plumbea termasuk tanaman yang tahan dengan segala kondisi, kering kerontang atau tergenang air. Tanaman senthe atau keladi hitam yang disimpan dalam ruangan atau ditanam di daerah yang cukup teduh akan memiliki warna daun yang lebih indah.


Manfaat keladi/senthe hitam/alocasia plumbea

Dilansir dari suara merdeka.com, setidaknya ada 10 manfaat senthe/keladi hitam atau alocasia plumbea untuk kesehatan, yaitu:

1. Melancarkan Pencernaan

Asupan serat sangat penting untuk kesehatan usus. Senthe/keladi hitam atau alocasia plumbea adalah tanaman yang kaya akan serat yang dapat memelihara kesehatan usus.

2. Mengurangi Kolesterol

Daun senthe/keladi hitam atau alocasia plumbea memiliki lemak 1% dan tidak memiliki kolesterol. Daun teraebut dapat dimakan untuk menurunkan kadar kolesterol.

3. Sumber Mineral

Asupan mineral sangat penting bagi tubuh manusia. Hal tersebut berfungsi menyerap dan memecah karbohidrat, juga menyeimbangkan asam basa. Daun senthe/keladi hitam atau alocasia plumbea mengandung mineral yang baik untuk tubuh.

4. Memelihara Kesehatan Jantung

Daun dan batang senthe/keladi hitam atau alocasia plumbea memiliki lemak jenuh, serat, dan kalium yang baik untuk kesehatan jantung, serta menjaga tekanan darah terkendali.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A pada Daun senthe/keladi hitam atau alocasia plumbea sangat baik untuk menjaga dan menutrisi mata.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Batang senthe/keladi hitam atau alocasia plumbea kaya akan vitamin E yang bersifat anti aging.

7. Mencegah Hipertensi

Saponin, tanin, karbohidrat, dan flavonoid daun senthe/keladi hitam atau alocasia plumbea bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah stroke.

8. Mengobati Anemia

Daun senthe/keladi hitam atau alocasia plumbea dapat mengatasi gejala anemia jika dikonsumsi secara rutin.

9. Melindungi Sistem Saraf

Vitamin B6, tiamin, niasin, dan riboflavin yang dikandung daun senthe/keladi hitam atau alocasia plumbea dapat menutrisi dan melindungi, serta memperkuat sistem syaraf

10. Mencegah Diabetes

Umbi senthe/keladi hitam atau alocasia plumbea mengandung serat dan pati resisten yang bermanfaat memgendalikan kadar gula dalam darah.


Nah, teman-teman, itulah 10 manfaat senthe/keladi hitam atau alocasia plumbea untuk kesehatan. 

Semoga bermanfaat, ya!


Plandemic Growth YouTube Channel: Donna Maria Ananda






No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...