Monday, October 10, 2022

5 Manfaat Tanaman Lidah Mertua atau Sansevieria Untuk Kesehatan

Penulis: Dhona Maria Ananda


Teman-teman, lidah mertua atau sansevieria merupakan tanaman yang sering dijumpai sebagai hiasan rumah. Bentuknya yang unik serta corak polanya yang memukau mampu memikat banyak orang untuk mencoba memeliharanya. Cara merawatnya pun tidaklah sulit. Belum lagi ternyata tanaman sanseviera banyak mengandung manfaat. Lantas, apa saja manfaat tanaman lidah mertua ini? Yuk, disimak artikelnya.


Tanaman Sansevieria atau Lidah Mertua

Sansevieria atau lidah mertua merupakan tanaman hias yang populer dikalangan pecinta tumbuhan. Perawatannya pun terkenal sangat mudah. Tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari.

Daun sansevieria atau lidah mertua berbentuk sukulen, tegak, keras, dan berujung runcing. Daunnya yang tebal dan keras menyimpan banyak kandungan air, sehingga tanaman ini dapat bertahan di kondisi kekeringan. Namun, dikondisi lembab pun tanaman sansevieria atau lidah mertua dapat tumbuh dengan subur.

Warna daun sansivieria atau lidah mertua ini sangat beragam, seperti hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, dan kombinasi putih kuning atau hijau kuning. Variasi motif alur atau garis-garis di setiap daunnya juga berbeda-beda. Ada yang mengikuti arah serat daun, tidak beraturan, atau zig-zag.

Berdasarkan bentuknya, sansivieria atau lidah mertua pada umumnya terbagi menjadi dua jenis, pertama, jenis yang tumbuh memanjang ke atas dengan ukuran 50-75 cm. Jenis ini disebut juga tanaman pedang-pedangan. Kedua, jenis berdaun pendek melingkar dalam bentuk roset dengan ukuran 8 cm dan lebar 3-6 cm.

Berdasarkan jenisnya sansivieria atau lidah mertua juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu keturunan asli/spesies dan persilangan/hibridasi. Dari bentuk hibrid tersebut karakter dan fisik sansevieria atau lidah mertua tercipta berbeda dari induknya. Mutasi sansivieria atau lidah mertua juga dapat terjadi melalui anakan stek daun.


Manfaat Sansivieria atau lidah mertua

Manfaat lidah mertua/sansevieria
Dok.pribadi

1. Mencegah Kanker

Lidah mertua memiliki kemampuan untuk menyerap dan menyingkirkan lingkungan dari polutan udara beracun. Oleh karena itu, tanaman ini mampu menangkal agen penyebab kanker seperti benzena, karbondioksida,trichloroethylene, formaldehyde, xilen, dan toluena.

2. Menangkal Radiasi

Tubuh yang terus menerus terpapar radiasi perlahan tapi pasti akan mengalami berbagai masalah kesehatan seperti mual, nyeri, muntah, demam, atau diare. Lidah mertua atau sansivieria dapat membantu penyerapan radiasi, khususnya dari barang- barang elektronik. Oleh karena itu, meletakan tanaman lidah mertua atai sansivieria di ruangan-ruangan dalam rumah sangatlah dianjurkan.

3. Antiseptik

Tanaman lidah mertua atau sansivieria memiliki antiseptik alami yamg berfungsi sebagai anti racun. Oleh karena itu, tanaman lidah mertua atau sansivieria biasa digunakan untuk membunuh kuman.

4. Vitamin Rambut

Selain lidah buaya atau aloe vera, lidah mertua atau sansivieria juga ternyata dapat digunakan sebagai vitamin yang efektif melembutkan rambut. Seperti halnya lidah buaya atau aloe vera, cara penggunaan lidah mertua atau sansivieria pun sama, yaitu mengerok bagian dalam daun yang bentuknya seperti gel. Bagian tersebut kemudian dioleskan di rambut.

5. Menurunkan Resiko Diabetes

Lidah mertua atau sansevieria sangat ampuh mencegah dan mengatasi penyakit degeneratif seperti diabetes. Cara penggunaanya adalah dengan merebus daun lidah mertua dengan air. Air rebusan lidah mertua atau sansevieria tersebut dapat menjadi penetralisir kadar gula dalam darah.


Nah, teman-teman, itulah berbagai manfaat tanaman lidah mertua atau sansivieria untuk kesehatan. Semoga artikelnya bermanfaat. Jangan lupa sempatkan untuk mencoba memelihara dan menyimpan tanaman lidah mertua atau sansivieria yang banyak manfaatnya di dalam rumah, ya!


Plandemic Growth YouTube Channel: Donna Maria Ananda



No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...