Saturday, October 22, 2022

Mengenal Teori Piramida Ekonomi 1: Dana Darurat

 Penulis: Dhona Maria Ananda

Noted: artikel ini disertai video. Bagi Teman-teman yang sedang tidak memiliki waktu luang untuk membaca, artikel ini dapat dilihat dan didengarkan dengan menge-klik video di bawah. Selamat menyimak.


Teman-teman, pada masa sekarang ini sebagian masyarakat telah mulai peduli dan mengerti mengenai literasi dan edukasi keuangan, termasuk dana darurat. Dana darurat sendiri termasuk piramida ekonomi yang pertama. Nah, bagi yang belum tahu apa itu dana darurat dan berbagai manfaatnya, artikel ini cocok sekali di simak lebih lanjut. Selamat membaca atau menonton videonya, ya!


Teori Piramida Ekonomi

Teman-teman, di artikel sebelumnya saya telah membahas salah satu teori yang terkenal di kalangan economic enthusiast yaitu piramida ekonomi. Teori piramida ekonomi ini merupakan suatu adaptasi dari metode piramida kebutuhan A. Maslow, di mana kebutuhan dasar manusia yang bersifat hierarki berlaku juga di dalam dunia ekonomi. Nah, sekarang saya akan bahas mengenai apa itu teori piramida ekonomi pertama dan beragam manfaatnya. 


Dana Darurat

Teori Piramida Ekonomi pertama adalah dana darurat. Dana darurat itu sendiri adalah dana yang disimpan untuk keadaan darurat. Contohnya: kerusakan rumah, kecelakaan, pemutusan hubungan kerja (PHK) secara mendadak, bencana alam, dan lain sebagainya.


Manfaat Dana Darurat

Teman-teman, kira-kira kenapa sih dana darurat itu penting? Dan apa manfaatnya? Nah, saya akan coba jelaskan kenapa dana darurat itu penting dan bermanfaat untuk saya dan Teman-teman miliki, di antaranya:

1. Sebagai persiapan dana tunai dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang sangat mendesak. Hal tersebut termasuk uang sifatnya pengeluaran atau investasi.

2. Dengan adanya dana darurat dana investasi dapat aman tidak tergerus kebutuhan lainnya.

3. Menjadikan hidup Teman-teman lebih tenang dan terjamin.

4. Dengan adanya dana darurat Teman-teman dapat terbebas dari hutang.


Hal Lainnya Tentang Dana Darurat

Teman-teman, sebagaimana namanya, dana darurat adalah uang yang wajib siap sedia kapanpun dibutuhkan. Berikut merupakan hal-hal yang perlu Teman-teman perhatikan mengenai dana darurat, di antaranya:

1. Besar dana yang dibutuhkan

Aturan perhitungan berapa besaran dana darurat yang perlu dipersiapkan:

Single atau yang tidak memiliki tanggungan besarnya 3-6 kali biaya hidup sehari-hari perbulan.

Contoh: jika biaya hidup sehari-hari perbulannya adalah 5 juta rupiah, maka besarnya dana darurat yang harus dimiliki adalah 15 juta sampai dengan 30 juta rupiah.

● Bagi yang telah memiliki keluarga besarnya dana darurat yang harus disiapkan adalah 6-12 kali biaya hidup sehari-hari perbulan. 

Contoh: jika biaya hidup sehari-hari perbulannya adalah 10 juta rupiah, maka besarnya dana darurat yang harus dimiliki adalah 60 juta sampai dengan 120 juta rupiah.


Strategi Mengumpulkan Dana Darurat

Wah, ternyata lumayan besar juga dana darurat yang harus terkumpul, ya, Teman-teman? Oleh karena itu, diperlukan suatu strategi tersendiri untuk mengumpulkan dana darurat. Jangan khawatir, saya akan membagikan beberapa tipsnya:

1. Dimulai dengan niat yang kuat dan tekad dan bulat, karena tanpa hal ini semua akan sia-sia, Teman-teman.

2. Cobalah hitung dengan cermat berapa rata-rata pengeluaran bulanan untuk mendapatkan jumlah dana darurat yang tepat. Jangan dilebihkan jumlahnya apalagi dikurangi.

3. Alokasikan sejumlah dana tetap dari penghasilan bulanan Teman-teman, misalnya 10% atau 20% selama satu tahun kedepan.

4. Pangkas pengeluaran untuk hal-hal yang tidak perlu, lakukan penghematan, dan monitoring dana darurat.

5. Perhatikan tempat penyimpanan dana darurat. Dana tersebut hanya boleh digunakan untuk keperluan darurat saja, oleh karenanya sebaiknya disimpan di tempat yang aman, terutama dari tangan jahil Teman-teman sendiri. Contohnya, di simpan di rekening berbeda dari kebutuhan sehari-hari, tabungan jangka pendek, atau instrumen investasi yang kita miliki.

Pengertian "aman" juga meliputi kemudahan diakses kapanpun dan dimanapun, likuid atau mudah dicairkan, serta memiliki resiko kegagalan yang rendah. Contohnya: deposito atau reksadana pasar uang.


Yuk, rencanakan dan mulai menabung dana darurat, Teman-teman!

Plandemic Growth YouTube Channel: Donna Maria Ananda


No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...