Saturday, October 29, 2022

Mengenal Teori Piramida Ekonomi 3: Investasi

 Penulis: Donna Maria Ananda

Noted: artikel ini disertai video. Bagi Teman-teman yang sedang tidak memiliki waktu luang untuk membaca, artikel ini dapat dilihat dan didengarkan dengan menge-klik video di bawah. Selamat menyimak.


Teman-teman, istilah investasi sudah tidak terdengar asing bagi sebagian kalangan masyarakat di Indonesia. Keakraban dengan dunia maya yang meningkat drastis selama pandemi memberi ruang sebagian masyarakat untuk mengetahui banyak hal, termasuk investasi. 

Artikel kali ini akan membahas mengenai apa itu investasi, ragam, dan manfaatnya. Selamat menyimak teori piramida ekonomi ke- 3, ya.


Investasi

Teman-teman, Investasi adalah aktivitas penanaman modal untuk dapat ditarik di masa depan dengan nilai yang lebih besar. Singkatnya, melalui investasi, seseorang berharap nilai dari suatu aset akan meningkat seiring waktu.


Manfaat Investasi

Teman-teman mungkin berpikir kenapa Investasi sangat disarankan oleh para pakar ekonomi? Begini Teman, Secara singkat, tujuan investasi adalah menghasilkan pendapatan. Selain itu, dengan berinvestasi Teman-teman dapat lebih terlatih untuk mengalokasikan pendapatannya pada aset jangka panjang ketimbang jatuh pada tindakan konsumtif dan impulsif. Hal tersebut mendorong gaya hidup hemat dan bebas hutang. 

Perlu teman-teman pahami bahwa keuntungan yang didapatkan dari investasi dapat berupa bunga, deviden, royalti atau uang sewa.


Ragam Investasi

Teman-teman, jenis-jenis investasi dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan jangka waktunya. 

●Berdasarkan bentuk, investasi terbagi menjadi 2, yaitu:

1. Aktiva riil

Aktiva riil adalah jenis investasi yang dilakukan aset nampak atau tidak nampak, seperti tanah, logam mulia, dan properti.

2. Aktiva finansial 

Aktiva finansial adalah jenis investasi yang dilakukan dengan sekuritas, misalnya deposito dan saham.


●Berdasarkan jangka waktu, investasi terbagi menjadi 2, yaitu:

1. Investasi jangka pendek, yaitu investasi yang dilakukan dalam kurun waktu 1-3 tahun Contohnya: reksadana atau p2p lending, dan lain sebagainya.

2. Investasi jangka panjang, yaitu investasi yang dilakukan dalam kurun waktu lebih dari 3 tahun. Contohnya: logam mulia, dana pensiun, saham, dan lain-lain.


Resiko Investasi

Teman-teman, selain ragam manfaatnya, investasi juga memiliki beberapa risiko yang perlu diperhatikan investor. Setidaknya ada 7 risiko pasti di dalam investasi, yaitu Suku bunga, Inflasi, Pasar, Likuiditas, Nilai tukar mata uang asing, Sovereign atau negara, Reinvestasi.

Nah, melihat beberapa resiko tersebut, tentunya Teman-teman juga sangat memerlukan strategi dalam berinvestasi. 


Tempat Berinvestasi

Teman-teman, saat ini, Teman-teman bisa dengan mudah melakukan investasi secara fleksibel dimana dan kapan saja. Kemudahan ini didukung dengan adanya aplikasi investasi. Jangan lupa untuk selalu mencari aplikasi yg diakui legalitasnya dan terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ya. Contohnya: Tanam duit, Bareksa, Bibit, Ajaib, Pluang, Akseleran, Alami, dan lain sebagainya.


Tips Berinvestasi

Dalam berinvestasi sebaiknya Teman-teman tidak melakukannya dengan terburu-buru. Pasalnya kita perlu memahami objek, potensi, ketentuan hingga risiko dari aktivitas investasi. Nah, Berikut saya akan uraikan secara singkat beberapa tips dalam berinvestasi :

1. Tentukan tujuan investasi yang jelas.

2. Hindari tindakan yang kurang berdasar atau spekulatif. 

3. Pertimbangkan jangka waktu investasi

4. Tentukan besaran modal yang diperlukan untuk memilih objek investasi.

5. Pahami risiko dari jenis investasi.


Hal yang perlu Teman-teman perhatikan adalah hindari hutang, pastikan ada pemasukan stabil lain, dan persiapkan dana ekstra. Jangan lupa juga untuk memiliki dana darurat dan asuransi terlebih dahulu sebelum berinvestasi, ya!


Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda


No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...