Monday, October 3, 2022

Menulis Antologi Sebagai Latihan Membuat Buku Solo Untuk Pemula

Penulis: Dhona Maria Ananda

Latihan awal menulis buku solo
Sumber: canva

Teman-teman, ada banyak cara untuk menulis buku solo. Pastinya setiap penulis yang ingin memiliki buku solo melakukan persiapan masing-masing dengan caranya sendiri. Hal tersebut dilakukan agar kelak nantinya dalam proses menulis buku solo tidak berhenti alias macet di tengah jalan. Pengalaman itu tentu sangat ingin dihindari mengingat adanya deadline dan berbagai kerjaan lainnya menanti diselesaikan. 

Artikel ini akan membahas salah satu cara penulis mempersiapkan diri untuk menulis buku solo, yaitu dengan antologi. Lantas, apa itu buku antologi? Dan bagaimana peran menulis antologi sebagai ajang latihan buku solo? Yuk, disimak artikelnya. Semoga dapat menginspirasi.


Definisi


Latihan membuat buku solo
Sumber: canva

Apa itu buku?

Menurut KBBI, arti dari kata buku adalah lembar kertas yang berjilid, bisa berisi tulisan ataupun tidak. 

Apa itu antologi?

Menurut KBBI, pengertian dari kata antologi adalah kumpulan karya tulis pilihan dari seorang atau beberapa orang pengarang.

Menurut Wikipedia, antologi secara harfiah memiliki arti karangan bunga atau kumpulan bunga. Antologi juga di artikan sebagai kumpulan dari karya-karya sastra/bunga rampai (awalnya hanya mencakup kumpulan puisi, syair, dan pantun) yang dicetak dalam satu volume.

Apa pengertian buku antologi?

Secara sederhana, buku antologi untuk diartikan sebagai kumpulan karya tulis pada lembar kertas berjilid yang dilakukan oleh lebih dari satu orang.

Apa itu solo?

Menurut KBBI, solo memiliki arti nyanyian (lagu, musik) tunggal (yang dinyanyikan ataj dimainkan oleh satu orang). Solo juga memiliki arti tunggal (melakukan sesuatu seorang diri).

Apa pengertian buku solo?

Secara sederhana buku solo dapat diartikan sebagai lembar kertas berjilid berisi tulisan atau tidak yang disusun oleh seorang diri.

Menulis Antologi Sebagai Latihan Membuat Buku Solo Untuk Pemula
Latihan untuk membuat buku solo
Sumber: canva

Menulis buku solo adalah sebuah perjalanan panjang yang harus dipersiapkan dengan baik. Setidaknya itu yang saya pahami. Meskipun pada masa sekarang ini banyak penulis master yang mengajarkan jurus-jurus sakti agar dapat menulis dengan cepat, saya percaya bahwa proses yang baik adalah ketika menjalani sesuatu secara bertahap. Iya, tidak ada yang berjalan baik dan bertahan lama ketika mencapai sesuatu secara instan, bukan? Kalaupun memilih jalan instan, saya sarankan untuk menghire saja para profesional dibidangnya.

Persiapan menulis buku solo setiap penulis tentu berbeda-beda. Kenapa? Karena setiap penulis terlahir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Banyak faktor yang berpengaruh di sana seperti pengalaman hidup, mindset, genetis, bahkan keberuntungan atau luck. Oleh karenanya, saya lebih menyarankan Teman-teman untuk mengenal diri sendiri lebih jauh agar menemukan persiapan menulis buku solo yang sesuai dengan kepribadian masing-masing. Hal tersebut penting dilakukan agar Teman-teman menemukan rasa nyaman dalam menulis, mengingat buku solo bukan hanya terdiri dari lima atau sepuluh halaman saja.


Saya pribadi memilih latihan menulis buku antologi sebagai persiapan membuat solo project book. Kenapa? Karena di sana saya dilatih untuk konsisten dan disiplin menulis dengan adanya deadline pengumpulan naskah. Selain itu, beragam tema yang telah ditentukan pun membuat kreativitas menulis saya semakin terasah. Bukankah seorang Bruce Lee pun takut terhadap orang yang latihan sedikit tapi konsisten dibandingkan dengan latihan beribu kali yang hanya dilakukan satu waktu? Thats right! Practice make perfect

Begitupun dalam hal menulis. Jangan bermimpi menjadi penulis yang hebat jika tidak pernah berlatih menulis secara konsisten. Ibaratnya, bagaikan seorang pelari yang bermimpi menembus 1000 Km, tapi tidak pernah melakukan pemanasan dengan berlari secara bertahap. Alhasil, selamat menikmati kram otot, dehidrasi, dan halusinasi hebat dalam perjalanan, bahkan pingsan. Ingat kawan, kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil! Teman-teman tentu ingin menghasilkan karya tulisan yang isinya daging semua dan membuat pembaca meninggalkan kesan "wow" di buku solo perdana, bukan? Jadi, ayo semangat terus berlatih!


Nah, Teman-teman itulah penjelasan singkat mengenai peran menulis antologi di dalam latihan membuat buku solo untuk pemula. Semoga artikelnya dapat memberi manfaat dan motivasi dalam menulis. 

Namun, bagi Teman-teman yang merasa membutuhkan Jasa pendampingan buku solo, Indscript Creative adalah jawabannya. Di sana Teman-teman akan diberi arahan secara jelas dan menyeluruh dari nol hingga menerbitkan buku solo serta pemasarannya. Keterangan lebih lanjut bisa Teman-teman dapatkan dengan mengeklik landing page Indscript Creative di:

https://tribelio.page/kenaliindscriptcreative


Happy writing!


Plandemic Growth YouTube Channel: Donna Maria Ananda


No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...