Friday, October 14, 2022

Manfaat Mahkota duri/Pakis Giwang (Euphorbia milli) Untuk Kesehatan

Penulis: Dhona Maria Ananda


Teman-teman, Mahkota duri atau Pakis giwang merupakan salah satu tanaman hias berbunga cantik yang memiliki duri. Tanaman yang memiliki nama latin Euphorbia milli ini diduga berasal dari Timur Tengah. Oleh karenanya, Mahkota duri sangat menyukai tempat dengan sinar matahari yang melimpah. 

Namun, siapa sangka di balik penampakannya yang sedikit menyeramkan, ternyata Mahkota duri atau Pakis giwang ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Penasaran dengan manfaatnya? Yuk, disimak artikelnya.


Mahkota duri/Pakis giwang (Euphorbia milli)

Mahkota duri/Pakis giwang (Euphorbia milli) merupakan tanaman hias yang memiliki bunga berwarna cantik dan batang berduri. Warnanya ada yang merah menyala atau kuning cerah. Namun, bunga yang sudah cukup lama mekar warnanya akan memudar menjadi hijau muda. 

Mahkota duri/Pakis giwang (Euphorbia milli) merupakan tanaman yang memiliki sifat agak merambat. Akarnya berupa serabut yang menyebar dan dangkal. Daun Mahkota duri/Pakis giwang (Euphorbia milli) berbentuk oval berwarna hijau. Batangnya memiliki getah seperti susu yang dikenal beracun. Oleh karenanya di beberapa daerah Mahkota duri/Pakis giwang (Euphorbia milli) disebut sebagai tanaman beracun.


Budidaya Mahkota duri/Pakis giwang (Euphorbia milli)

Budidaya Mahkota duri/Pakis giwang (Euphorbia milli) merupakan tanaman yang mayoritas memiliki bunga sejati sempurna yang dilengkapi organ seksual betina dan jantan. Jadi untuk memperbanyak Mahkota duri/Pakis giwang (Euphorbia milli) diperlukan perkawinan antara bunga jantan dan betina, baik dibantu oleh angin, serangga atau manusia. 

Mahkota duri/Pakis giwang (Euphorbia milli) akan tumbuh sempurna bila ditanam di area terbuka di mana banyak terdapat sinar matahari. Tempat yang lembab hanya akan membawa berbagai penyakit pada tanaman tersebut. Walaupun demikian, tanaman Mahkota duri/Pakis giwang (Euphorbia milli) dapat tumbuh di ruangan tertutup dengan sinar matahari rendah. Hanya saja pertumbuhannya tidak akan sebaik di tempat yang mendapat sinar matahari yang cukup. Tunasnya pun akan tumbuh lebih banyak dibandingkan dengan yang tumbuh di tempat yang teduh.


Manfaat Mahkota duri/Pakis giwang (Euphorbia milli)

Mahkota duri/Pakis giwang (Euphorbia milli) seperti yang telah di jelaskan di atas, memang mengandung racun yang berbahaya. Namun, dalam takaran yang tepat Mahkota duri/Pakis giwang (Euphorbia milli) ini dapat menjadi obat untuk beragam penyakit. Itu semua karena beberapa zat yang terkandung di dalam bunga, batang, dan akar Mahkota duri/Pakis giwang (Euphorbia milli) memang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti virus. 


Adapun kandungan kimia dari Mahkota duri/Pakis giwang (Euphorbia milli) yang dilansir dari situs tanaman herbal, di antaranya:

1. Batang: Taraxerol, Taraxerone, friedelan-3 alfa-ol, friedelan-3 beta-ol, epifriedelanol, sterol, progesterone, karbohidrat, asam amino, asam sitrat, asam malat, dan asam fumarat.

2. Daun: Peroxidase, calsium oksalat, peptic substance, dan kanji.

3. Getah: Euphorbol, euphol, cyeloartenol.


Manfaat Mahkota duri/Pakis Giwang (Euphorbia milli) Untuk Kesehatan antara lain adalah untuk mengobati: Diare akut, Malaria, Demam, Radang telinga anak, Hepatitis, Sakit gigi, Pendarahan pada menstruasi, Bisul, Luka bakar, Sesak nafas atau asmatis, Sembelit, Rematik, Gigitan ular (akarnya), dan Membunuh serangga, 


Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan adalah takarannya. Karena takaran yang berlebihan atau kurang tepat akan menjadi racun bagi tubuh. Serta ramuan Mahkota duri/Pakis giwang (Euphorbia milli) tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.


Nah, Teman-teman, begitu kiranya manfaat dari Mahkota duri/Pakis giwang (Euphorbia milli) untuk kesehatan. Semoga menambah wawasan dan bermanfaat bila ada yang membutuhkan. Salam sehat!


Plandemic Growth YouTube Channel: Donna Maria Ananda






No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...