Wednesday, October 26, 2022

Mau Pendapatan Pasif? Kenali Santara Equity Crowdfunding

Penulis: Dhona Maria Ananda

Noted: artikel ini disertai video. Bagi Teman-teman yang sedang tidak memiliki waktu luang untuk membaca, artikel ini dapat dilihat dan didengarkan dengan menge-klik video di bawah. Selamat menyimak.


Teman-teman, ada yang sudah kenal atau terjun langsung di investasi saham belum?Kalau belum, di artikel kali ini saya akan coba bahas secara singkat mengenai jenis investasi saham dengan mereview aplikasi yang tentunya sudah saya praktikan terlebih dahulu.


Definisi Saham

Teman-teman, saham adalah salah satu sarana perusahaan untuk mendapatkan modal. Modal tersebut dapat digunakan untuk ekspansi, beli mesin produksi, tambah produksi, dan lain sebagainya. 

Nah, biasanya perusahaan yang menggunakan metode ini statusnya menjadi perusahaan terbuka, karena mereka melempar sejumlah saham ke masyarakat untuk dibeli. Contohnya: PT. Unilever tbk, PT. Mustika Ratu tbk, dan lain sebagainya. Perusahaan-perusahaan ini juga biasanya rutin memberikan dividen atau keuntungan kepada para pemegang saham perjangka waktu tertentu, sesuai dengan kesepakatan.


Santara Equity Crowdfunding

Teman-teman, dalam kesempatan kali ini saya akan mereview salah satu aplikasi tempat berinvestasi saham yang ramah dengan perusahaan-perusahaan unit kecil menengah, yaitu Santara. 

Santara sendiri adalah platform layanan urun dana melalui penawaran saham berbasis teknologi informasi (equity crowdfunding) yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas jasa keuangan (OJK). Sederhananya, Santara adalah penghubung antara pelaku bisnis yang ingin mengembangkan usahanya dengan masyarakat yang ingin memiliki bisnis. Menarik bukan?


Bedanya Santara Dengan Yang Lain

Bedanya Santara dengan aplikasi saham lain adalah Teman-teman dapat memilih untuk mengambil peluang sebagai pemodal atau penerbit. Pada sisi pemodal, Teman-teman dapat membeli saham bisnis unit kecil memengah (UKM) yang ditawarkan dan menikmati penghasilan dari dividen unit kecil menengah yang Teman-teman beli sahamnya. Sedangkan pada sisi penerbit, Teman-teman dapat menawarkan saham dari bisnis yang Teman-teman miliki kepada pemodal yang terdaftar di Santara, sehingga ada kesempatan untuk mendapatkan tambahan permodalan bagi pengembangan bisnis Teman-teman. Kelebihan lainnya, Teman-teman dapat meminjam uang tanpa bunga dan denda. Sebagai gantinya, Teman-teman cukup membagi dividen hasil usaha saja dengan para pemodal atau investor. Dengan pola tersebut diharapkan semakin banyak bisnis unit kecil menengah yang mampu naik kelas. Dengan kata lain, kesempatan untuk berjaya bukan hanya milik perusahaan-perusahaan besar saja.


Kenapa Saya Tertarik Dengan Santara? 

1. Banyak pilihan unit kerja menengah

Dengan demikian saya jadi bisa berinvestasi diberbagai bidang bisnis. Sesuai dengan salah satu prinsip investasi yaitu diversifikasi.

2. Peluang memiliki passif income 

Dengan mempunyai saham di suatu perusahaan, saya dapat menikmati penghasilan tanpa harus terlibat urusan oprasional perusahaan.

3. Modalnya Relatif Terjangkau

Dengan mengeluarkan uang dengan jumlah tertentu sesuai dengan jumlah saham yang dibeli, saya sudah menjadi bagian dari pemilik perusahaan.

4. Dilengkapi Fitur Pralisting

Melalui fitur pralisting, para pengguna bisa bersama-sama melakukan review dan penilaian terhadap perusahaan penerbit. Sehingga perusahaan-perusahaan yang terjaring merupakan perusahaan dengan kualitas standar yang baik.

5. Fiturnya Lengkap

Proses pemilihan usaha kecil menengah, pemberian investasi, dan pengambilan dividen dapat dilakukan dalam satu platform. Dengan demikian Teman-teman tidak perlu ribet dengan urusan lainnya.


Saya pribadi sudah tiga tahun menjadi investor di Santara dan sudah menikmati hasil dividen dari usaha kecil menengah yang saya danai. Karena saya sudah merasakan manfaatnya, maka saya juga ingin berbagi dengan Teman-teman semua tentang salah satu cara berinvestasi mudah dan sederhana. Selain itu, harapan saya, Teman-teman bisa belajar serta semakin mengenal jenis dan cara-cara berinvestasi. 

Teman-teman, yang perlu jadi catatan, resiko investasi saham termasuk tinggi atau high risk. Oleh karena itu, Teman-teman harus dapat selektif dalam memilih perusahaan yang akan di danai. Karena ada kemungkinan perusahaan yang kita danai tidak berkembang atau malah bangkrut. Jika itu terjadi, maka saham yang kita beli pun ikut melayang. 

Selamat berinvestasi, ya!


Plandemic Growth YouTube Channel: Donna Maria Ananda

No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...