Saturday, October 15, 2022

Mengenal Beragam Jenis Tanaman Hias

 Penulis: Dhona Maria Ananda


Teman-teman, tanaman hias merupakan pelengkap dekorasi keindahan yang semakin banyak digemari. Baik di dalam ataupun di luar ruangan, keberadaan tanaman hias memang dapat menciptakan suasana yang berbeda.

Tanaman hias juga identik dengan bunga. Warna bunga yang menarik dan bau yang harum semerbak, mempunyai daya tarik tersendiri bagi para penggemar tanaman hias. Namun, tahukah Teman, bahwa selain tumbuhan yang berbunga terdapat beragam jenis tanaman hias lainnya? Penasaran dengan beragam jenis tanaman hias? Yuk, disimak artikelnya.


Tanaman Hias

Teman-teman, menurut Wikipedia tanaman hias merupakan salah satu pengelompokan umum berdasarkan fungsi dari tumbuhan hortikultura. Tanaman hias juga mencakup keseluruhan bagian tanaman dan jenis apapun yang ditujukan dalam menghias. Jadi, tanaman hias tidak dikhususkan bagi yang berbunga saja, melainkan segala sesuatu yang menimbulkan kesan keindahan, seperti daun, batang, buah, ranting, akar, dan lain sebagainya.


Tanaman hias juga dapat berjenis semak, perdu, rambat, atau pohon yang memang ditujukan untuk memperindah taman, ruangan, upacara, aksesoris rambut atau busana, juga karangan bunga. Komponen tanaman hias dapat berupa warna, bentuk, wangi, dan lain sebagainya. Selain itu, penempatan dan bentuk tanaman hias berperan penting dalam menentukan keindahan.


Faktor lain yang tidak kalah pentingnya dalam menentukan keindahan dalam penggunaan tanaman hias adalah habitat asli dari setiap tanaman tersebut. Kenali sifat tanaman hias dengan lebih dalam agar tumbuhan tersebut memancarkan keindahan alaminya. Contohnya: mengenali berbagai macam tanaman outdoor, indoor, pekarangan luas, taman kecil, dan lain sebagainya.


Jenis Tanaman Hias

Teman-teman, dilansir dari kompas.com terdapat lima jenis tanaman hias dasar yang sebaiknya diketahui oleh para pecintanya, yaitu:

1. Tanaman Hias Bunga

Tanaman hias bunga merupakan jenis yang paling di minati oleh para pecinta tumbuhan hias. Selain parasnya yang cantik, tanaman hias jenis bunga memiliki beragam wewangian yang memanjakan penciuman. Contohnya: Bunga Mawar, Melati, Kamboja, Anggrek, dan lain-lain. Namun, perawatan tanaman hias bunga tentu lebih ekstra dari jenis lainnya. Pastikan Teman-teman telaten mengurusnya agar keindahan bunganya tetap terjaga.

2. Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun merupakan jenis tumbuhan yang sedang populer akhir-akhir ini. Betapa tidak, tanaman hias daun bersifat lebih tahan lama atau tidak mudah layu dibandingkan dengan bunga. Keunikan bentuk dan warna dari daun merupakan daya tarik tersendiri bagi para pecinta tanaman hias. Contohnya: Aglaonema, Palem, Anthurium, Alocasia, Kuping gajah, dan lain sebagainya.

3. Tanaman Hias Pohon

Tanaman hias pohon juga banyak diminati oleh para pecinta tumbuhan hias. Namun, biasanya pohon yang digunakan sebagai tanaman hias di pekarangan tidak memiliki bentuk yang besar. Hal tersebut bertujuan agar konsep estetika suatu taman tercapai. Contohnya: Bambu jepang, Bambu kuning, Pisang hias, dan lain-lain.

4. Tanaman Hias Buah

Tanaman hias buah memang jarang ditemui di pekarangan rumah pada umumnya. Namun, tak jarang para pecinta tanaman hias menggunakan batang, daun, serta buah untuk mempercantik ruangan atau pekarangannya. Contohnya: Lemon, Cabai pelangi, Buah naga, dan lain sebagainya.

5. Tanaman Hias Akar

Tanaman hias akar biasanya tidak dimiliki oleh pecinta tumbuhan biasa. Tanaman hias jenis ini biasanya memang dipunyai oleh para kolektor yang memiliki pemahaman mengenai kelebihan dan keindahannya. Karena untuk menata akar menjadi tanaman hias memang dibutuhkan skill dan kecermatan para pecintanya. Contohnya: Adenium, Delima, Beringin, dan lain- lain.


Jadi, jenis tanaman hias apa yang paling Teman-teman sukai?



Palndemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda


No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...