Saturday, October 1, 2022

Persiapan Awal Menulis Buku Solo Impian untuk Pemula

Penulis: Dhona Maria Ananda

Persiapan awal menulis buku solo
Sumber: canva

Teman-teman, menulis buku solo adalah impian setiap penulis. Bagi pemula tentu saja hal tersebut menjadi sesuatu yang berat untuk dijalani karena kurangnya pengetahuan dan pengalaman. Di artikel sebelumnya, saya sudah membahas mengenai langkah awal yang sebaiknya dilakukan seorang penulis pemula sebelum membuat buku solo. Artikel kali ini saya akan membahas secara singkat bagaimana persiapan awal menulis buku solo impian untuk para pemula. Semoga artikel ini dapat menginspirasi Teman-teman yang ingin menerbitkan buku solo pertamanya. 

Selamat membaca!


Persiapan Awal Menulis Buku Solo Impian untuk Pemula


Menentukan Topik Tulisan
Langkah awal menulis buku solo
Sumber: canva

Persiapan awal menulis buku solo yang pertama adalah dengan menentukan topik tulisan terlebih dahulu. Biasanya para pemula akan merasa kesulitan dalam menentukan topik tulisan. Tidak apa-apa, hal tersebut wajar dirasakan. Coba untuk jalani dan nikmati saja prosesnya, karena semua penulis buku solo pasti pernah mengalaminya. Tarik nafas dalam-dalam dan tenangkan pikiran. Tanamkan, saya pasti bisa!

Bila sudah siap, Teman-teman dapat mulai memilih topik sesuai dengan minat masing-masing terlebih dahulu. Hal tersebut ditujukan agar Teman-teman dapat menemukan hot button dengan menemukan tema yang menarik hati. Boleh dari koran, buku, seminar, website, dan lain-lain. Biasanya gagasan, ide, sanggahan, dan data-data pelengkap lainnya akan segera meluncur berdatangan dengan sendirinya apabila hot button telah ditemukan.

Nah, dari data-data tersebut, Teman-teman cukup tuliskan perkalimat di bawahnya. Setelah semua gagasan, ide, dan yang ingin disampaikan sudah berbaris-baris, tidak ada salahnya untuk istirahat sejenak. Minum kopi atau teh dapat membantu tubuh dan pikiran lebih rilek. Setelah merasa cukup tercharge, Teman-teman dapat melanjutkan kegiatan tulis menulis dengan menambahkan kalimat penjelas di belakangnya.

Jika Teman-teman masih mengalami kesulitan menemukan hot button dari berbagai media yang ada, Teman-teman dapat mengangkat topik dari kehidupan pribadi. Hal tersebut tentunya akan membuat tulisan lebih hidup. Siapa tahu hasil corat-coret curahan hati bisa terbentuk sebuah novel terkenal. Bukankah tidak ada yang tidak mungkin jika alam semesta memberikan dukungan? Karena banyak buku-buku best seller berasal dari karya iseng-iseng yang meledak di pasaran. Iya, dunia memang penuh dengan ketidakpastian.

Namun, jika Teman-teman tidak ada minat untuk menuliskan berbagai drama kehidupan, Teman-teman dapat mengemas dan mengarahkan curahan hati pribadi menjadi lebih serius. Cobalah untuk berkreativitas lebih jauh. Atau bahkan sebuah paragraf di buku favorit Teman-teman dapat dikembangkan menjadi sebuah topik menarik.

Menghayati Tulisan
Langkah awal menulis buku solo
Sumber: canva

Persiapan awal menulis buku solo yang kedua adalah dengan menghayati tulisan. Teman-teman tentu memahami bahwa penghayatan sangat berpengaruh terhadap tulisan yang dihasilkan. Penghayatan akan melahirkan sebuah tulisan yang menyentuh hati para pembacanya. Setiap kalimat yang mengalir tidak akan terasa hambar, kering, dan membosankan. Cobalah untuk lebih menjiwai dan mendalami setiap tulisan yang dibuat agar para pembaca merasakan emosinya.

Emosi diibaratkan sebagai magnet dari rasa ketertarikan. Setiap tulisan yang ditulis melalui penghayatan akan terasa seperti bernyawa dan memiliki energi bagi para pembacanya. Cobalah untuk terus berlatih menghayati tulisan dari sebuah objek yang sederhana terlebih dahulu. Contohnya, menulis tentang buah jeruk, daun, langit, dan lain sebagainya. 

Menulis dengan penghayatan sangat erat kaitannya dengan kreativitas. Kreativitas terbentuk dari impresi dan seni. Tingkatan impresi dan seni tersebut adalah berbeda pada masing-masing orang. Oleh karenanya, setiap tulisan dengan penghayatan akan melahirkan style berbeda-beda. Hal tersebut suatu saat akan menjadi ciri khas tulisan setiap penulis yang sulit untuk ditiru sama persis. Karena suatu bentuk informasi akan berpesan dan berasa berbeda pada setiap orang.


Nah, Teman-teman itulah beberapa persiapan awal menulis buku solo impian untuk pemula. Semoga artikelnya dapat memberi manfaat dan motivasi dalam menulis. 

Namun, bagi Teman-teman yang merasa membutuhkan Jasa pendampingan buku solo, Indscript Creative adalah jawabannya. Di sana Teman-teman akan diberi arahan secara jelas dan menyeluruh dari nol hingga menerbitkan buku solo serta pemasarannya. Keterangan lebih lanjut bisa Teman-teman dapatkan dengan mengeklik landing page Indscript Creative di:

https://tribelio.page/kenaliindscriptcreative


Selamat menulis!


Plandemic Growth YouTube Channel: Donna Maria Ananda



No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...