Tuesday, November 22, 2022

Istana Lalap, Asupan Baik Bagi Kesehatan Tubuh dan Otak

 Penulis: Dhona Maria Ananda

Sebuah anugrah bagi seseorang masih dapat merasakan kenikmatan dalam mengkonsumsi makanan. Hal tersebut patut disyukuri mengingat ada banyak orang yang sudah sudah tidak dapat menikmati anugrah tersebut karena berbagai faktor seperti sakit, dan lain-lain. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita menjaga anugrah tersebut dengan memperbanyak asupan makanan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Istana lalap menyajikan berbagai menu khas Sunda yang menggugah selera dan memanjakan lidah tanpa meninggalkan konsep makanan sehat. Penasaran dengan Istana Lalap? Yuk, langsung bahas.



Makanan Sehat


Makanan sehat
Detikfood

Banyak orang yang masih bingung akan arti sederhana dari makanan sehat. Menurut berbagai sumber, makanan sehat adalah makanan yang memiliki nutrisi beragam dan seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh. Beragam nutrisi berupa karbohidrat, protein, lemak, mineral, air, serat, dan vitamin dapat diperoleh dari mengkonsumsi berbagai jenis makanan.


Adapun manfaat makanan sehat bagi tubuh, antara lain:
1. Mengontrol berat badan
2. Menurunkan kadar gula
3. Menjaga sistem pencernaan
4. Mengurangi resiko penyakit kronis
5. Membuat suasana hati jadi lebih baik
6. Meningkatkan kualitas tidur
7. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Istana Lalap Tempat Makanan Sehat


Istana lalap
Indscript creative


Istana lalap merupakan sebuah tempat makan dengan layanan katering antar makanan khas Sunda yang berlokasi di Bandung. Menunya sendiri menghadirkan beragam masakan khas Sunda baik dalam bentuk satuan atau paket komplit.

Menu yang disediakan, antara lain: ayam bakar, ayam goreng, ayam penyet, kepala goreng, ati ampela, usus goreng, krecek tulang asin jambal roti, pete, dan jengkol. Sedangkan untuk menu komplit terdiri dari paket 1: nasi, ayam, tahu, tempe, tulang asin jambal roti, dan karedok. Paket 2: nasi dan ayam goreng. Harganya terjangkau hanya dengan 20k-35k saja.

Konsep yang menjadikan Istana lalap unik adalah tersedianya berbagai lalapan mentah yang jarang ditemui di tempat makan lain dan racikan sambal istimewa yang membuat orang ketagihan. Terlebih untuk tamu yang makan di tempat mendapatkan privilage makan lalapan sepuasnya dan memilih varian sambal yang diinginkan (sambal dadakan, goreng atau goang).
Lalapan yang tersedia di Istana lalap antara lain: selada bokor, selada air, poh-pohan, daun jambu air, mentimun, kemangi, petai selong, jaat, sintrong, tomat, leunca, dan lain-lain.

Istana lalap menyajikan makanan sehat karena nutrisi beragam dan seimbang untuk tubuh terdapat dalam sajian menunya. Ada karbohidrat pada nasi; protein dan lemak pada daging ayam, tahu, tempe; mineral, air, vitamin, dan serat pada berbagai lalapan juga sambel.

Istana Lalap dan Indscript Creative

Istana Lalap sendiri merupakan sebuah bagian dari Indscript Creative yang bergerak di bidang literasi. Indscript Creative yang baru-baru ini membuka perpustakaan untuk umum memang sedang melebarkan sayapnya agar dapat merangkul masyarakat lebih dekat dengan dunia literasi. Dengan adanya Istana Lalap, diharapkan masyarakat sekitar khususnya pembeli  dan penikmat makanan dapat lebih teredukasi dan termotivasi untuk melirik dunia literasi di perpustakaan Indscript seperti menulis atau membaca buku.

Indscript creative
Indscript creative


Munculnya Istana Lalap Indscript dilatarbelakangi oleh Indari Mastuti (owner dari Indscript Creative) yang kebingungan menentukan menu atau makanan untuk menjamu para tamu atau klien yang datang ke toko buku dan kantor Indscript Creative Bandung. Kenapa bingung? Karena hampir setiap hari bahkan setiap waktu perpustakaan Indscript kedatangan tamu secara dadakan atau melalui janji temu.

Indari Mastuti merupakan seorang penulis berpengalaman sekaligus seorang ibu rumah tangga yang sangat concern kepada edukasi literasi dan pemberdayaan perempuan. Tentunya, dalam hal makanan  pun ia ingin menyuguhkan yang terbaik bagi tamu atau kliennya, khususnya bagi yang berasal dari luar kota.

Dengan adanya Istana Lalap Indscript, Indari Mastuti tidak perlu bingung lagi untuk menghadirkan sajian bagi para tamunya. Makanan lezat sekaligus sehat akan selalu siap senantiasa tersaji. Begitupun dengan makanan otak yang selalu tersedia di toko buku Indscript.

Review Istana Lalap


Istana lalap indscript
Indscript creative


Pada suatu hari di cuaca yang sangat cerah, saya dan beberapa teman blogger diberi kesempatan untuk meliput Istana Lalap yang lokasinya berada di Jalan PLN Dalam 203D. Suatu lokasi yang memang tidak asing lagi bagi saya karena di sana tempat saya bertumbuh bersama adik dan nenek tercinta. Dengan nafas terengah-engah sehabis setengah berlari karena sudah melebihi jam undangan, sayapun masuk untuk pertama kalinya ke perpustakaan dan toko buku Indscript Creative.


Istana lalap indscript
Indscript creative


Tampak suasana ramai ibu-ibu sedang menghabiskan jamuan makanan Sunda. Beritanya sehabis olahraga rutin setiap minggu pagi dengan masyarakat sekitar, Indari Mastuti melakukan grand opening Istana Lalap. Sayapun diberi kesempatan untuk mencicipi hidangan khas Istana Lalap tersebut. 

Dimulai dari ayam bakarnya yang terbalut bumbu sempurna. Daging ayam yang juicy membuat rasa gurih pada nasi putih hangat. Rasanya membuat lidah ingin selalu bergoyang karena dilengkapi rasa sambal yang pas (asin, manis, pedas, gurih). Berbagai lalapan yang tersedia juga ikut mewarnai kenikmatan makanan dengan rasanya yang bervariasi.


Istana lalap Indscript
Indscript creative


Over all, i really love the food. Its make me feel homy and comfy! Terlebih lagi ada perpustakaan dan toko bukunya, bikin betah berlama-lama di sana. Perut dan otak kenyang sekaligus. So, butuh tempat kongkow sekaligus asupan yang sehat untuk tubuh dan otak? Istana Lalap Indscript solusinya.


Plandemic Growth YouTube Channel: Donna Maria Ananda

2 comments:

  1. Waah asyik ya, sekarang kalau ke Indscript bisa ngobrolin tentang literasi sambil menikmati menu Istana Lalap ya...

    ReplyDelete
  2. Baca nulis tentang buku, lalu makan. Nikmat.

    ReplyDelete

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...