Friday, December 30, 2022

Camilan Kaya Protein Untuk Rayakan Tahun Baru

Penulis: Dhona Maria Ananda


Hola teman- teman, tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki tahun 2023, ya. Aktivitas di hari-hari tahun 2022 pun menjadi sejarah bagi para pelakunya. Ada yang merayakan tahun baru 2023 dengan pergi berlibur, kah? Atau seperti saya yang menikmati masa me time dengan berdiam diri di rumah bersama keluarga tercinta?

Bukannya tidak ingin liburan juga, sih, saya hanya memperhitungkan situasi kondisi yang mana saya masih memiliki balita dengan cuaca ekstrim yang terjadi akhir- akhir ini. Saya tidak mau memaksakan liburan akhir tahun yang berujung dengan penyesalan alias semua anggota keluarga jatuh sakit ketika selesai berlibur. Atau, memang saya saja yang terlalu khawatir, ya?

But anyway, meskipun liburan tahun baru hanya di rumah saja, bukan berarti its not gonna be fun! Apalagi ditemani camilan khas tahun baru yang berbau-bau party. Nah, lagi- lagi karena cuaca ekstrim, saya sekarang lebih memilah-milih camilan tahun barunya. Maklum, sebagai ibu ada dorongan atau naluri yang ingin selalu menjaga dan melindungi anggota keluarganya. Alhasil saya pun searching mengenai camilan-camilan sehat untuk menemani tahun baru nanti. Dan, saya menemukan referensi bahwa salah satu camilan sehat adalah protein.

Camilan tahun baru
Shopee

Fungsi Protein

Dilansir dari berbagai sumber, berikut saya akan tuliskan berbagai fungsi dan manfaat protein untuk kesehatan tubuh:

1. Sebagai sumber energi

Protein merupakan cadangan energi terakhir yang digunakan tubuh untuk beraktivitas. Sebelumnya aktivitas tubuh menggunakan energi dari karbohidrat dan lemak terlebih dahulu. Bayangkan apa yang terjadi kalau tubuh kita kekurangan protein, berbagai penyakit mungkin akan datang menghampiri.

2. Memperbaiki dan membangun jaringan tubuh

Ibarat batu bata yang berperan penting dalam membentuk fondasi rumah, protein sangat dibutuhkan oleh hampir semua bagian tubuh. Dalam kondisi normal, jumlah protein yang dibutuhkan tidak sebanyak orang yang sedang sakit, hamil, dan menyusui.

3. Membentuk antibodi atau imunitas

Antibodi atau imunitas merupakan pertahanan alami tubuh kita dalam melindungi dan memerangi apapun yang menyerang tubuh. Konsumsi protein secukupnya agar daya tahan tubuh kita terjaga.

4. Memicu reaksi biokimia

Salah satu jenis protein yang dibutuhkan tubuh adalah enzim. Enzim bertanggungjawab atas sejumlah reaksi biokimia yang terjadi di dalam tubuh.

5. Mengirim sinyal ke tubuh

Selain enzim, protein yang dibutuhkan tubuh adalah hormon. Hormon sangat penting untuk mengatur sinyal dan proses biologis antara sel, jaringan, dan organ. 


Acuan Kebutuhan Protein

Kebutuhan setiap orang pada dasarnya berbeda-beda. Namun pada umumnya adalah 0,8 gram/BB/hari. Jika berat badan 50kg, maka protein yang dibutuhkan kurang lebih 40 gram/hari. Jika ingin mengetahui acuan berdasarkan jenis kelamin dan usia, maka:

1. Balita: 10 gram/hari

2. Anak (6-12 thn): 20-35 gram/hari

3. Remaja pria: 55 gram/hari

4. Remaja wanita: 50 gram/hari

5. Pria dewasa: 60 gram/hari

6. Wanita dewasa: 50 gram/hari

7. Wanita hamil/menyusui: 70 gram/hari


Camilan Protein Tahun Baru

Dari beragam makanan protein, berikut camilan tahun baru yang saya pilih: 

1. Kacang pistachio

Camilan tinggi protein
Alodoc

Menurut berbagai sumber, kacang pistachio mengandung semua asam amino esensial penyusun protein. Selain itu, kacang pistachio juga merupakan sumber serat, vit B6, dan fosfor. Pilih kacang tanpa flavour, ya.

2. Stik keju

Camilan tinggi protein
Resepedia
Keju merupakan sumber makanan yang kaya mineral, lemak, kalsium, dan protein. Stik keju mengandung sekitar 7 gram protein. Pilih stik keju real untuk memenuhi asupan protein, ya.

3. Telur rebus

Camilan diet
Kompas
Menurut asosiasi jantung Amerika, satu telur rebus mengandung 6 gram protein. Jadi, sesuaikan jumlahnya dengan kebutuhan, ya. Cara klasik penyajiannya adalah dengan taburan garam dan merica. 

4. Selai kacang

Camilan sehat
Halosehat
Dilansir dari berbagai sumber, selai kacang memgandung lemak sehat esensial, vitamin, mineral, dan antioksidan. Dua sendok selai kacang setara dengan 8 gram protein. Selai ini bisa dioles ke roti gandum atau cracker gandum sebagai camilan.

So, tunggu apa lagi, segera siapkan camilan protein tahun baru versi mu! Selamat Tahun Baru 2023, ya.


YouTube Channel Plandemic Growth: Donna Maria Ananda





No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...