Sunday, January 29, 2023

Ah, Aku Jatuh Cinta: Guratan Cinta

Penulis: Dhona Maria Ananda

Buku Antologi Aku Jatuh Cinta
Private doc

Makna Cinta

Cinta, sebuah kata yang tak akan ada habisnya untuk dibahas. Bagaimana tidak, semua yang ada di dunia ini mengandung makna cinta, terlahir karena cinta dan atas nama cinta. 

Cinta adalah sebuah sihir yang membuahkan keajaiban rasa, karsa dan karya. Cinta adalah sebuah kata yang mampu mengubah para pelakunya. Cinta adalah sebuah kekuatan super yang dapat mengalahkan apapun penghalangnya. 

Tabiat Cinta

Jangan main - main dengan cinta. Jangan pernah juga mengejar cinta, karena ia lari bila dipaksa. Biarkan cinta datang dengan sendirinya. Cinta juga tak dapat diusir dengan seenaknya, karena ia akan semakin melekat dengan kuat.  Biarkan ia pergi dengan semaunya. Karena melepas cinta pun membutuhkan lebih banyak cinta. 

Teori Cinta

Siapa yang tak pernah jatuh cinta?. Saya yakin semua mahluk bernyawa di dunia ini pernah merasakannya. Pahit manisnya, jatuh bangunnya, deritanya tiada akhir, kalau kata patkai si babi lucu dalam film kera sakti. Namun, cinta sejati tidak begitu. Bisa jadi cinta yang hadir saat seseorang sedang "sakit" memang dapat terasa menyiksa. Atau kadarnya yang serba terlalu.

Aku jatuh cinta
Private doc

Takdir Cinta

Teman, kita terlahir pun karena cinta yang disematkan kepada orangtua kita secara naluriah. Pendidikan pertama yang diwariskan orangtua kepada anaknya pun adalah cinta. Ia membuat manusia tumbuh dan berkembang dengan sempurna. Begitupun dengan semua mahluk hidup. 

Teman, lihat betapa indah dan sempurnanya semua tercipta. Gunung menancap dengan kokohnya. Lautan samudera membentang dengan luasnya. Bumi mengelilingi matahari dengan tepatnya. Matahari sendiri tidak diam di tempatnya. Namun, mengorbit pusat galaksi Bimasakti. Bintang - bintang yang jauh pun ikut bergerak bersama dengan periode yang berbeda - beda. Seperti planet mengorbit matahari. Sungguh keanekaragaman cipta dan kedahsyatan kuasa terjadi disana. 

Guratan Cinta

Teman, kita membutuhkan banyak cinta untuk melihat dan mendengar dengan seksama. "Membaca" pun akan jauh lebih dalam bila kita telah jatuh cinta. Maka, jatuh cintalah setiap saat. Kita akan menemukan begitu banyak bahasa cinta dari- Nya. Guratan cinta mendalam tersirat dan tersurat disetiap masa.

Aku jatuh cinta
Private doc


Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda

Sunday, January 22, 2023

Bangun Setelah Runtuh: Para Pengantin Surga

Penulis: Dhona Maria Ananda

Buku antologi bangun setelah runtuh
Private doc

Pernikahan

Pernikahan adalah awal dari babak kehidupan baru. Sebuah episode yang sangat dinantikan oleh para insan manusia, yang telah bosan melewati masa kesendirian. Petualangan solo sudah berakhir, dan sekarang tibalah waktunya untuk mewariskan pengalaman yang di dapat. Tentunya, dengan saling berbagi peran. Ada yang menjadi seorang istri dan ibu, atau suami dan bapak. Begitulah idealnya yang ada dipikiran para calon pengantin. Sungguh indahnya. 

Cerita Pernikahan

Namun, semuanya kembali lagi kepada takdir yang maha kuasa. Ada yang memang dijodohkan berpasangan di dunia dengan jodoh yang "pas", sebagai ajang bersyukur. Layaknya Siti Khadijah atau Siti Aisyah dengan baginda Rosululloh Muhammad SAW. Atau Siti Fatimah dengan Ali bin abi thalib RA. Ada juga yang dijodohkan sebagai ladang pahala bersabar, seperti Siti Asyiah dan Firaun. Namun, tidak sedikit juga yang belum atau bahkan tidak mendapatkan jodoh hingga akhir hayatnya.


Bangun setelah runtuh
Private doc

Bangun Setelah Runtuh

Sebagai manusia, tentunya ada saatnya kita merasa tak berdaya, putus asa terhadap rahmat- Nya. Masa depan tampak begitu kelabu, seolah warna - warni kehidupan tak nampak lagi di pelupuk mata. Saudara - saudariku, izinkanlah diri ini berucap kata, sebelum air mata mengalir tak berasa. 

Teruntuk Siti Asyiah ku, jadikanlah sabar dan shalat sebagai perisaimu. Agar Allah kelak bangunkan kau sebuah istana di surga. Engkaupun tentu menjadi ratu para bidadari di sana. Teruntuk saudara - saudariku yang belum menemukan jodohnya, tetaplah berprasangka baik pada- Nya. Mungkin Allah ingin menjagamu agar tetap suci dari keinginan dunia yang sesaat. Itu terbaik untukmu saat ini. Atau mungkin jodohmu sedang menunggumu di akhirat sana, selalu mendoakanmu, agar kau senantiasa taat dalam kesabaran. 

Para Pengantin Surga

Jangan berputus asa dengan apapun yang terjadi dalam kehidupan duniawi kita, karena ada kehidupan yang lebih kekal nanti. Karena kita semua ada dalam genggaman- Nya. Tersenyumlah wahai para pengantin surga, putus asa sangat tidak layak kita pedulikan. Bangkitlah, tetap terjaga, jangan semakin runtuh. Agar keajaiban senantiasa mengelilingimu. Agar IA semakin mencintamu. 

Bangun setelah runtuh
Private doc


Plandemic growth youtube channel: Donna Maria Ananda

Sunday, January 15, 2023

Membungkus Masa Lalu: Titik sebelum koma

 Penulis: Dhona Maria Ananda

Buku antologi membungkus masa lalu
Private doc


Dunia Paralel

Seorang fisikawan, Hugh Everett III, pernah mengemukakan sebuah teori yang isinya sempat mengguncangkan dunia.
Betapa tidak, ia menyebutkan bahwa sejarah masa lalu dan masa depan ada dalam dunia paralel. Hal tersebut didapatkan melalui keahliannya menggunakan rumus mekanika kuantum dan gelombang universal. Itu artinya, di luar sana, ada dunia tak terbatas yang membentang luas. Itu artinya, kita bisa menjalani beberapa kehidupan yang berbeda dalam satu waktu.

Pilihan dan Energi

Terlepas dari pro dan kontra teori tersebut, saya mengambil pengetahuan yang saya anggap baik. Terlepas siapa atau darimana teori tersebut berasal. Saya meyakini adanya suatu dunia paralel tersebut melalui satu faktor penghubung, yaitu pilihan. Iya, kita kadang tidak menyadari, setiap hari kita telah terlatih untuk mengambil pilihan. Dari pagi sampai malam hari. Dari membuka mata hingga menutup mata. Artinya, setiap pilihan - pilihan yang kita ambil dalam menghadapi hidup, telah menciptakan dunianya sendiri. Energi - energi yang terbentuk dalam pilihan yang kita ambil, akan selaras atau berbenturan dengan energi sekitarnya. Juga membentuk suatu frekuensi gelombang kehidupan yang akan dijalani.

Membungkus masa lalu
Private doc

Membungkus Masa Lalu

Saya percaya, setiap orang memiliki masa lalu. Dan setiap masa lalu memiliki cerita uniknya sendiri, terlepas dari hitam dan putihnya kehidupan. Karena, hitam dan putihnya kehidupan juga sangat dipengaruhi oleh struktur sosial suatu masyarakat. 
Saya berpendapat bahwa, masa lalu boleh kita bungkus, namun tidak boleh kita lupakan. Karena darinya kita dapat banyak belajar untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. Karena darinya kita dapat belajar merefleksikan sesuatu yang lebih baik ke depan. Karena darinya kita dapat mewariskan pola kehidupan yang lebih beradab. Karena darinya kita belajar untuk tidak membubuhkan tanda koma, sesudah tanda titik.

Teman, mari kita fokus untuk menciptakan dunia paralel yang lebih baik di masa depan. Dengan terus belajar mengambil pilihan yang lebih bijak. Agar tercipta frekuensi gelombang yang selaras dengan diri dan alam sekitar.
Agar tercipta hubungan sinergi antara diri dengan dinamika kehidupan. Bismillah.
Membungkus masa lalu
Private doc




Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda

Sunday, January 8, 2023

Dear Future Me: Kepakan Sayap Cinta

 Penulis: Dhona Maria Ananda


Dear future Me Buku Antologi
Private doc


Dear Future Me

Berbahagialah sayang, kau telah sampai ke titik ini. Kau masih tegar berdiri dan bertahan, sampai detik ini. Itu tandanya kau mampu melewati semua yang kau hadapi. Itu tandanya kau kuat menjalani semuanya. Itu tandanya kau hebat. Tersenyumlah sayang. 

Dear Future Me

Ingatkah kau sayang, berapa ribu malam yang kau tempuh dalam ketakutan. Berapa ribu siang yang kau jalani dalam kekhawatiran. Kau selalu merasa sendiri dalam keramaian. Berbekal cerita yang kau tanggung dipundakmu sendiri. Cerita yang memang tidak semua orang punya. Cerita yang membuat pribadimu terbagi. Cerita yang membuatmu rapuh. Cerita yang sulit untuk kau ungkap meski banyak kesempatan berbagi. Tak mengapa sayang. 


Dear future me
Canva

Dear Future Me

Ingatkah kau sayang, kau selalu merasa inferior atas apapun. Kau benci perkembangan biologismu. Padahal anak perempuan seusiamu mendambakan itu. 

Kau benci berdiri di depan cermin dan lensa kamera. Karena mereka dapat melihatmu apa adanya. Kaupun selalu mencoba menjadi orang lain. Padahal mereka belum tentu cocok dengan perangkatmu. 

Kau selalu menghindari kontak mata dengan spontan. Dan kau bingung tentang kesalahan yang membuatmu selalu gagal memasuki gerbang kehidupan. Padahal kunci sudah kau genggam. Kaupun hanya bisa terdiam membisu, karena merasa tidak ada tempat untuk berlabuh. Cukup sayang. 

Dear Future Me

Sayangku, jika kau tak sanggup untuk bersukacita atas apa yang terjadi, cukup gapailah ketenangan hati dan pikiran. Karena keajaiban selalu berdiri disampingnya. Itu tandanya kau telah berlaku bijak. Pada dirimu dan kehidupanmu. Itu tandanya kau telah mampu untuk mencinta dan memeluk dirimu sendiri. Itu tandanya kau menang, mengepakan sayap cinta- Nya. 

For Dear Future Me on 2023

Dear, dhona sayang. Bangkitlah. Kau sekarang menjadi seorang ibu. Putrimu akan selalu memperhatikan gerak - gerik mu. Ia akan mencontohmu. Jadikan ia lebih baik darimu. Jadikan ia pribadi yang kokoh. 

Tumbuh dan berkembanglah bersamanya ke arah lebih baik. Hapus air mata dengan tawa bersamanya. Aku yakin kau akan bisa melewati rintangan, seperti sebelumnya.

Maaf dan terimakasih atas segalanya. Kau hebat. Peluk hangat, Dhona Maria Ananda.

Dear future me
Private doc


Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...