Sunday, February 26, 2023

Surat Untuk Ayahku: Perahu Retak

Penulis: Dhona Maria Ananda

Buku antologi
Private doc


Ayah, apa kabar? Apakah engkau baik-baik saja? Ku lihat berat badanmu turun banyak akhir-akhir ini. Tidak seperti saat terakhir kita bertemu, kau mengenakan pakaian adat sunda berwarna abu - abu dengan gagahnya.


Ada apa gerangan? Andai engkau mau bercerita kepadaku dengan terbuka, pasti dengan senang hati aku akan mendengarkan. Namun, memang setelah kau memutuskan untuk menikah lagi, kita seperti terpaut jarak dan waktu.


Ayah, Aku tahu kau sangat kehilangan ketika ibu tiada. Kaupun lebih sering lagi menyibukan diri dengan jenjang karir sebagai seorang dosen. Agar waktu dapat berjalan seperti biasanya. Berharap tidak akan ada yang berubah. Berharap kesepian hanyalah mimpi buruk. Karena bila tersadar, keberadaan anak - anak mu akan selalu membangkitkan kenangan pahit itu. 

Namun, bukankah seharusnya kau semakin dekat dengan kami, bukan sebaliknya?


Buku Antologi
Private doc


Ayah, tahukah kau, aku sempat patah hati mendengar kau menikah kembali. Bukan karena tidak setuju, namun karena kau tidak memberitahukanku, putri sulungmu. 

Ungkapan a father is a first love daughter, tampaknya sudah tidak berlaku untukku. Aku sudah merasakan sayap - sayap ku patah. Kehilangan seorang ibu sudah cukup berat bagiku, ditambah lagi aku seperti kehilanganmu.


Ayah, jujur aku seperti tak mengenalmu ketika kau menikah kembali. Kau seperti menghilang ditelan bumi. Dering telepon yang biasanya kurindukan setiap minggu, sudah tak kuharapkan lagi. 

Apa salahku wahai ayah? Apa kau benar - benar telah melupakan putri sulungmu?


Ayah, maafkan celotehan anakmu ini, yang mungkin belum mengenal seperti apa dirimu sebenarnya. Salahkan saja keadaan yang memang tidak mendukung bersatunya keluarga kita sampai sekarang. Atau mungkin kesalahan kita dalam mengambil pilihan - pilihan yang ada. Agar tenang jalani hidup ini.


Ayah, mari kita coba lupakan semua luka dengan memulai awal yang baru. Semoga kesempatan itu akan datang, sebelum semuanya terlambat menyadari. Bahwa, kita adalah keluarga yang saling mencintai. Bahwa, ikatan darah tidak akan pernah terputus. 

Maukan?

Buku antologi
Private doc


Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda

Saturday, February 18, 2023

Stop Gosip: Gosip Positif

 Penulia: Dhona Maria Ananda

Buku antologi
Private doc


Stop Gosip

Sedari dulu, saya memang tidak suka gosip. Entah karena saya kurang suka berkomunikasi dengan banyak orang. Entah karena memang saya termasuk pribadi yang introvert. Entah saya yang kurang bisa mengemukakan pendapat secara verbal. Maksud hati mau bilang ini yang keluar dari mulut itu. Hehe.

Yang jelas, satu hal yang tidak pernah berubah. Saya sangat tidak suka melihat manusia membicarakan kejelekan manusia lainnya. Seperti orang kurang kerjaan, pikir saya. Masih banyak yang lebih penting dikerjakan, daripada sekedar mengenyangkan mulut dengan obrolan tidak berbobot. 

Orang yang tidak dikenalpun dibicarakan seolah sudah kenal dekat, padahal tidak pernah bertemu langsung. Baru katanya. Apalagi yang dibicarakan adalah orang yang dikenal. Seolah yang membicarakan lebih baik dari pada yang dibicarakan.

Gosip Positif

Sesuai dengan definisinya, gosip adalah sebuah obrolan atau rumor kosong, yang biasanya berkaitan tentang urusan pribadi atau orang lain. Namun sebenarnya, ada juga gosip yang berfaedah. Seperti menggosipkan buku, menggosipkan resep masakan atau menggosipkan fitur gadget terkini. Asal tidak menyinggung seorang manusia, saya pribadi sih setuju aja bergosip. 

Meskipun pada dasarnya kata gosip jadi digeser definisinya sedikit ke arah yang lebih positif. Lebih tepatnya sedikit memaksa, Hehe. Toh itu semua bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan kita. Karena, tidak membawa efek domino yang tidak baik kedepannya. Dan yang lebih penting, tidak menabung dosa. Apalagi sampai berinvestasi dosa, mengerikan sekali.

Buku antologi
Private doc

No Gosip

Mulai sekarang, mari kita selalu memposisikan diri sebagai manusia yang memanusiakan manusia. Manusia yang selalu mencoba berempati pada sekelilingnya. Agar kehidupan kita selalu selaras harmoni dengan sesama. Agar keberuntungan selalu menaungi kita dan kedamaian senantiasa terjaga. 

Ah, indahnya dunia tanpa wabah prasangka negatif. Yang ada semakin banyak teman. Jumlah musuh jadi berkurang. Bersinergi tentu lebih menyenangkan daripada berkonflik bukan?. Salahsatunya dengan menghindari gosip. Bisa kan? Pasti bisa!

Kalau begitu ayo kita mulai gerakan diri kita dan orang lain untuk stop gosip. Atau setidaknya berusaha untuk bergosip positif selalu. Bismillahirohmanirohim.

Buku antologi
Private doc



Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda

Monday, February 13, 2023

My Traveling, My Way

Penulis: Dhona Maria Ananda

My traveling my way
Private doc

Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk memaknai sebuah perjalanan. Semua orang berhak atas pemaknaannya sendiri terlepas dari itu benar atau salah.

Traveling bukan lagi hal mewah, ia telah menjadi sebuah gaya hidup. Ada yang menjadikan kegiatan travelling sebagai hobi atau juga program wajib pada sebuah komunitas atau organisasi. Bahkan pada beberapa orang, traveling adalah sebuah pekerjaan. Namun, tetap saja masih ada sebagian orang yang menganggap sebelah mata hobi ini. Mereka mungkin beranggapan, ‘untuk apa sih traveling itu? ada manfaatnya?‘ 

Apa itu Traveling?

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai manfaat traveling, saya ingin bahas tentang kosakatanya lebih dulu. Kira - kira, ada yang penasaran seperti saya, bedanya traveling sama travelling apa?. Mungkin sangat jarang bagi kita menggunakan kata ‘traveling’ untuk menerjemahkan kata ‘bepergian’ dalam bahasa inggris. Seringkali, penggunaan kata ‘travelling’ lebih populer ketimbang ‘traveling’. Mungkin karna travelling dengan double l terlihat lebih ‘nginggris’. 

Awalnya, saya mengira ejaan ‘travelling’ dengan double l adalah penggunaan yang salah kaprah. Sebab itu, saya selalu menulis ‘traveling’, bukan ‘travelling’. 

Setelah saya melihat begitu ramai orang yang menggunakan double l dalam penulisan ‘traveling’, saya jadi berpikir dan mencoba untuk mencari info di google mengenai ejaannya yang tepat. Ternyata, ‘traveling’ maupun ‘travelling’ keduanya tidak ada yang salah dan memiliki arti yang sama. Bedanya, ‘traveling’ adalah american english sementara ‘travelling’ adalah british english.


My traveling my way
Private doc

Manfaat Traveling

Nah sekarang, apa sih manfaat traveling itu? Jawabanya sangatlah beragam. Ada yang untuk memaknai kebersamaan, kehidupan, kehadiran diri, dan lain sebagainya.

Pertanyaan selanjutnya, apa travelling berarti kita harus melancong ke tempat yang jauh? Jawabannya bergantung kepada masing - masing individu dalam memaknai kata travelling. 

Bisa saja traveling hanya ke tempat - tempat terdekatnya, atau bahkan secara virtual lewat internet. Kalau saya sedang malas melakukan perjalanan, terkadang saya bertraveling lewat buku. Hehe. Apapun pilihan traveling versi kita, yang penting bisa me-refresh kembali jiwa raga, agar siap kembali beraktivitas. 

Traveling yuk!


My traveling my way
Private doc


Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda

Sunday, February 5, 2023

No More Insecure: Kunci Gembok Insecure

Penulis: Dhona Maria Ananda

No more insecure
Private doc

Arti Insecure

Teman, pernahkan kita merasakan perasaan cemas atau takut berlebihan? Pernahkah kita merasa ada bagian yang tidak bisa menerima diri kita apa adanya? kita tidak merasa nyaman dengan diri kita, dan tidak bisa mencinta dengan tulus adanya kita. Hal tersebut dinamakan insecure

Sifat Insecure

Kendati demikian, Insecure sebenarnya wajar pada setiap manusia yang mengalaminya. Akan tetapi, insecure dapat terjadi secara terus menerus dan bertahan lama. Hal ini tentu berdampak tidak baik untuk kesehatan mental kita.


No more Insecure
Private doc

Pengalaman Insecure

Saya pribadi, pernah mengalami rasa insecure yang dalam dan berkepanjangan. Hal tersebut sebabkan oleh trauma masa kecil. Saya merupakan survivor dari child sexual abuse. Memang kejadiannya hanya beberapa menit. Namun, dampaknya begitu awet dan hebat. Adalah pembelajaran seumur hidup untuk melewatinya. 

Sejak SD saya selalu merasa minder, entah kenapa. Padahal semuanya baik - baik saja. Secara fisik dan materi saya tidak kekurangan suatu apapun. Secara prestasi akademik pun, saya termasuk murid yang dilirik guru. 

Sewaktu SMP, kemideran saya semakin meningkat. Saya tidak pernah merasa percaya diri bergaul dengan teman - teman perempuan. Dan saya sangat benci bercermin. Seolah bayangan saya melihat saya dengan penuh ejekan. 

Apalagi setelah tanda - tanda kewanitaan mulai muncul. Adalah aib untuk saya bila terumbar di depan banyak orang. Padahal, teman - teman perempuan saya tampak tidak masalah menghadapinya. Saya yang memang overthinking, menganggap tanda - tanda kewanitaan bisa mengancam saya. Dan dapat mengundang pelecehan orang yang berlaku kurang ajar. 

Hikmah Insecure

Apapun itu, saya yakin setiap orang memiliki puzzle kehidupanya masing - masing. Setiap masalah, kesalahan dan pengalaman akan membawa setiap manusia pada suatu titik kesadaran. Dimana, pencapaian kesadaran ini diikuti dengan suatu pencerahan. Pencerahan tersebut, membuat setiap kita lebih memahami arti dan makna kehidupan. 

Kunci Gembok Insecure

Kunci yang dapat membuka gembok insecure adalah cinta, terhadap diri sendiri, orang lain dan mahluk sekitarnya. Selamat tinggal insecure. Saya berjanji untuk menikmati setiap proses baik dan buruk kehidupan dengan cinta.



Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...