Sunday, February 5, 2023

No More Insecure: Kunci Gembok Insecure

Penulis: Dhona Maria Ananda

No more insecure
Private doc

Arti Insecure

Teman, pernahkan kita merasakan perasaan cemas atau takut berlebihan? Pernahkah kita merasa ada bagian yang tidak bisa menerima diri kita apa adanya? kita tidak merasa nyaman dengan diri kita, dan tidak bisa mencinta dengan tulus adanya kita. Hal tersebut dinamakan insecure

Sifat Insecure

Kendati demikian, Insecure sebenarnya wajar pada setiap manusia yang mengalaminya. Akan tetapi, insecure dapat terjadi secara terus menerus dan bertahan lama. Hal ini tentu berdampak tidak baik untuk kesehatan mental kita.


No more Insecure
Private doc

Pengalaman Insecure

Saya pribadi, pernah mengalami rasa insecure yang dalam dan berkepanjangan. Hal tersebut sebabkan oleh trauma masa kecil. Saya merupakan survivor dari child sexual abuse. Memang kejadiannya hanya beberapa menit. Namun, dampaknya begitu awet dan hebat. Adalah pembelajaran seumur hidup untuk melewatinya. 

Sejak SD saya selalu merasa minder, entah kenapa. Padahal semuanya baik - baik saja. Secara fisik dan materi saya tidak kekurangan suatu apapun. Secara prestasi akademik pun, saya termasuk murid yang dilirik guru. 

Sewaktu SMP, kemideran saya semakin meningkat. Saya tidak pernah merasa percaya diri bergaul dengan teman - teman perempuan. Dan saya sangat benci bercermin. Seolah bayangan saya melihat saya dengan penuh ejekan. 

Apalagi setelah tanda - tanda kewanitaan mulai muncul. Adalah aib untuk saya bila terumbar di depan banyak orang. Padahal, teman - teman perempuan saya tampak tidak masalah menghadapinya. Saya yang memang overthinking, menganggap tanda - tanda kewanitaan bisa mengancam saya. Dan dapat mengundang pelecehan orang yang berlaku kurang ajar. 

Hikmah Insecure

Apapun itu, saya yakin setiap orang memiliki puzzle kehidupanya masing - masing. Setiap masalah, kesalahan dan pengalaman akan membawa setiap manusia pada suatu titik kesadaran. Dimana, pencapaian kesadaran ini diikuti dengan suatu pencerahan. Pencerahan tersebut, membuat setiap kita lebih memahami arti dan makna kehidupan. 

Kunci Gembok Insecure

Kunci yang dapat membuka gembok insecure adalah cinta, terhadap diri sendiri, orang lain dan mahluk sekitarnya. Selamat tinggal insecure. Saya berjanji untuk menikmati setiap proses baik dan buruk kehidupan dengan cinta.



Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda

No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...