Saturday, February 18, 2023

Stop Gosip: Gosip Positif

 Penulia: Dhona Maria Ananda

Buku antologi
Private doc


Stop Gosip

Sedari dulu, saya memang tidak suka gosip. Entah karena saya kurang suka berkomunikasi dengan banyak orang. Entah karena memang saya termasuk pribadi yang introvert. Entah saya yang kurang bisa mengemukakan pendapat secara verbal. Maksud hati mau bilang ini yang keluar dari mulut itu. Hehe.

Yang jelas, satu hal yang tidak pernah berubah. Saya sangat tidak suka melihat manusia membicarakan kejelekan manusia lainnya. Seperti orang kurang kerjaan, pikir saya. Masih banyak yang lebih penting dikerjakan, daripada sekedar mengenyangkan mulut dengan obrolan tidak berbobot. 

Orang yang tidak dikenalpun dibicarakan seolah sudah kenal dekat, padahal tidak pernah bertemu langsung. Baru katanya. Apalagi yang dibicarakan adalah orang yang dikenal. Seolah yang membicarakan lebih baik dari pada yang dibicarakan.

Gosip Positif

Sesuai dengan definisinya, gosip adalah sebuah obrolan atau rumor kosong, yang biasanya berkaitan tentang urusan pribadi atau orang lain. Namun sebenarnya, ada juga gosip yang berfaedah. Seperti menggosipkan buku, menggosipkan resep masakan atau menggosipkan fitur gadget terkini. Asal tidak menyinggung seorang manusia, saya pribadi sih setuju aja bergosip. 

Meskipun pada dasarnya kata gosip jadi digeser definisinya sedikit ke arah yang lebih positif. Lebih tepatnya sedikit memaksa, Hehe. Toh itu semua bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan kita. Karena, tidak membawa efek domino yang tidak baik kedepannya. Dan yang lebih penting, tidak menabung dosa. Apalagi sampai berinvestasi dosa, mengerikan sekali.

Buku antologi
Private doc

No Gosip

Mulai sekarang, mari kita selalu memposisikan diri sebagai manusia yang memanusiakan manusia. Manusia yang selalu mencoba berempati pada sekelilingnya. Agar kehidupan kita selalu selaras harmoni dengan sesama. Agar keberuntungan selalu menaungi kita dan kedamaian senantiasa terjaga. 

Ah, indahnya dunia tanpa wabah prasangka negatif. Yang ada semakin banyak teman. Jumlah musuh jadi berkurang. Bersinergi tentu lebih menyenangkan daripada berkonflik bukan?. Salahsatunya dengan menghindari gosip. Bisa kan? Pasti bisa!

Kalau begitu ayo kita mulai gerakan diri kita dan orang lain untuk stop gosip. Atau setidaknya berusaha untuk bergosip positif selalu. Bismillahirohmanirohim.

Buku antologi
Private doc



Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda

No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...