Monday, February 13, 2023

My Traveling, My Way

Penulis: Dhona Maria Ananda

My traveling my way
Private doc

Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk memaknai sebuah perjalanan. Semua orang berhak atas pemaknaannya sendiri terlepas dari itu benar atau salah.

Traveling bukan lagi hal mewah, ia telah menjadi sebuah gaya hidup. Ada yang menjadikan kegiatan travelling sebagai hobi atau juga program wajib pada sebuah komunitas atau organisasi. Bahkan pada beberapa orang, traveling adalah sebuah pekerjaan. Namun, tetap saja masih ada sebagian orang yang menganggap sebelah mata hobi ini. Mereka mungkin beranggapan, ‘untuk apa sih traveling itu? ada manfaatnya?‘ 

Apa itu Traveling?

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai manfaat traveling, saya ingin bahas tentang kosakatanya lebih dulu. Kira - kira, ada yang penasaran seperti saya, bedanya traveling sama travelling apa?. Mungkin sangat jarang bagi kita menggunakan kata ‘traveling’ untuk menerjemahkan kata ‘bepergian’ dalam bahasa inggris. Seringkali, penggunaan kata ‘travelling’ lebih populer ketimbang ‘traveling’. Mungkin karna travelling dengan double l terlihat lebih ‘nginggris’. 

Awalnya, saya mengira ejaan ‘travelling’ dengan double l adalah penggunaan yang salah kaprah. Sebab itu, saya selalu menulis ‘traveling’, bukan ‘travelling’. 

Setelah saya melihat begitu ramai orang yang menggunakan double l dalam penulisan ‘traveling’, saya jadi berpikir dan mencoba untuk mencari info di google mengenai ejaannya yang tepat. Ternyata, ‘traveling’ maupun ‘travelling’ keduanya tidak ada yang salah dan memiliki arti yang sama. Bedanya, ‘traveling’ adalah american english sementara ‘travelling’ adalah british english.


My traveling my way
Private doc

Manfaat Traveling

Nah sekarang, apa sih manfaat traveling itu? Jawabanya sangatlah beragam. Ada yang untuk memaknai kebersamaan, kehidupan, kehadiran diri, dan lain sebagainya.

Pertanyaan selanjutnya, apa travelling berarti kita harus melancong ke tempat yang jauh? Jawabannya bergantung kepada masing - masing individu dalam memaknai kata travelling. 

Bisa saja traveling hanya ke tempat - tempat terdekatnya, atau bahkan secara virtual lewat internet. Kalau saya sedang malas melakukan perjalanan, terkadang saya bertraveling lewat buku. Hehe. Apapun pilihan traveling versi kita, yang penting bisa me-refresh kembali jiwa raga, agar siap kembali beraktivitas. 

Traveling yuk!


My traveling my way
Private doc


Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda

No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...