Sunday, March 5, 2023

Ikhlas Melepas Yang Terkasih: Ketukan Ikhlas

Penulis: Dhona Maria Ananda

Buku antologi
Private doc


Sesungguhnya setiap diri sedang berada dalam pengasingannya. Dunia hanyalah tempat singgah untuk para pengembara kekekalan abadi. 

Kerinduan panjang yang terus membuncah, akan terbayarkan kelak. Di penghujung waktu yang tidak akan pernah kembali.

Realita Ikhlas

Sebuah rangkaian kata - kata puitis selalu kembali terurai. Ketika saya sedang berusaha untuk ikhlas dalam memaknai setiap peristiwa kehidupan. Tentunya setelah sebagian tisu dalam box menjadi basah. Akibat dari luapan emosi jiwa yang terpendam lama. 

Gampang - gampang susah memang praktiknya, tidak sesederhana katanya, sangat gampang diucapkan. Apalagi sudah menyangkut sesuatu yang disayangi atau dicintai. Tambah satu box lagi tisu deh, meleleh. 


Buku antologi
Private doc

Konsep Ikhlas

Ikhlas adalah sebuah puncak manifestasi jiwa keillahian tertinggi. Tidak setiap orang bisa mencapainya. Setidaknya hal tersebut tidak akan ada pada jiwa - jiwa yang kosong, juga lalai. 

Ikhlas adalah penerimaan dengan cinta, baik buruk yang terjadi. Entah dalam hal menerima atau melepas sesuatu, yang jauh dari rencana atau keinginan kita. Siapa bilang melepas tidak butuh cinta. Justru dibutuhkan lebih banyak cinta untuk melepas dibanding memiliki. Dan konsep ikhlas berperan disana.

Makna Ikhlas

Sampai detik ini, sayapun masih belajar untuk terus memaknai konsep ikhlas. Sebuah pembelajaran seumur hidup yang akan terus dijalani. Terutama ikhlas dalam menerima takdir sebagai child sexual abuse survivor. Juga kehilangan ibunda tercinta di waktu sedang butuh - butuhnya. Akankah hidup ini terasa berbeda bila saya tak mengalami hal tersebut? Terkadang pikiran nakal ini berkelana ketika kelelahan hati bergumam. Astaghfirullahhal'adzim.

Ketukan Ikhlas

Satu hal yang pasti, apapun yang terjadi dengan diri saya, saya bukan satu - satunya orang yang paling menderita. Ada banyak versi saya lainnya diluar sana, yang mungkin lebih parah kondisinya. 

Dan saya yakin, apapun masalahnya, kadar rasa yang menjalar adalah sama sakitnya. Bukankah Ia tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya? 

Jadi, masalah menghampiri kita karena kita dipercaya bisa menyelesaikannya. Masalah ada karena kita ada. Dan ikhlas adalah kunci pintu kita mengetuk Arsy-Nya.


Buku antologi
Private doc


Plandemic Growth Youtube Channel: Donna Maria Ananda

No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...