Saturday, March 18, 2023

Surat untuk ibuku: I love you more than 3000

Penulis: Dhona Maria Ananda


Buku Antologi
Private doc


Ibu, apa kabar mu saat ini? Telah lama kita tak saling jumpa, juga sapa. Bolehkah aku memeluk mu? Aku masih mengingat, kenangan 21 tahun lalu. Ketika kau hadir di mimpiku, untuk mengucapkan selamat tinggal. Sejak saat itu, kau pun menghilang.


Ibu, aku sempat termenung lama sekali, ketika mencoba menulis surat ini. Pena ku seakan tak dapat bergerak, pikiranku kosong, kehilangan kata. Seakan dunia terhenti sejenak.


Ibu, tak terasa telah 29 tahun kita terpisah ruang dan waktu. Aku masih teringat kepingan kenangan itu, saat kita lebih banyak bertemu Di Rumah Sakit.  

Akupun bertekad untuk tidak jatuh sakit. Bertekad menyimpan jauh rasa sakit, hingga tak terasa.


Buku Antologi
Private doc


Ibu, terimakasih aku ucapkan atas perjuangan mu selama ini melawan penyakit itu. Terimakasih atas pengobatan yang telah kau jalani agar tetap dapat terjaga hingga titik akhir. Maafkan aku yang berusia delapan tahun kala itu, belum bisa berbuat apa-apa.


Ibu, tahukah kau, betapa anakmu ini sangat merindukan mu, lebih dari apapun. Seolah ada lubang menganga, apapun tak dapat mengisi dan menutupnya. Aku masih teringat, ketika detik-detik itu, aku mencoba berdialog dengan Tuhan ku. "Tuhan, jangan Kau ambil ibuku dulu, kumohon". Sambil berlinang air mata, aku menyatakan ketidaksiapan kepada Sang Pencipta. Namun, takdir berkata lain. 


Ibu, Aku tahu betapa kau sangat mengkhawatirkan anak-anak mu. Waktu itu jiwamu terus berusaha bertahan dan bangkit, meski tubuhmu sudah tidak dapat menahan sakit. Tak mengapa bu, pergilah dengan tenang, tanpa beban. Serahkan semua kepada-Nya. 


Ibu, tahukah kau, bahwa anak mu kini telah menjadi seorang ibu? Iya, ada tangan mungil yang selalu menggenggam tanganku. Ada seorang gadis kecil yang kini memanggil mu nenek. Apa engkau sedang tersenyum, wahai ibuku?.


Ibu, meskipun keadaan ku sedang tidak baik, semangat mu akan selalu menjadi obor kehidupan ku. Menemani setiap langkah dan nafas di setiap denyut nadi ku sampai akhir. 

I love you more than 3000, mom.




Plandemic Growth YouTube Channel: Donna Maria Ananda

No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...