Thursday, October 19, 2023

Manfaat Terapi Hijau Untuk Kesehatan Mental

 Penulis: Dhona Maria Ananda

Manfaat terapi hijau untuk kesehatan mental
zonadona.com

Apa yang Zoners rasakan ketika melihat warna hijau? Menyejukan, menenangkan, dan menyegarkan tentunya 😇

Iyez...karena itu hijau merupakan salah satu warna yang digunakan untuk terapi penyembuhan, baik untuk penyakit fisik ataupun mental.


👉 Dasar Terapi Hijau ditulis oleh Craig Chalquist, PhD (2009), dalam tulisannya yang berjudul "a look at the ecotherapy Research Evidence", yaitu:

🌿 Pemutusan dari duniawi

Menghentikan berbagai kegiatan atau aktivitas yang menimbulkan berbagai gejala psikologis seperti kecemasan, frustasi, dan depresi.

🌿 Koneksi kembali ke alam

Membawa kapasitas yang lebih besar untuk kesehatan, harga diri, keterkaitan diri, hubungan sosial, dan kegembiraan.

🌿 Rekoneksi

Menghidupkan kembali semangat batin sehingga dapat menggantikan rasa patologis kematian batin atau keterasingan dari diri sendiri, orang lain, dan dunia.


👉 Manfaat terapi hijau untuk kesehatan mental, di antaranya:

🌿 Membuat bahagia dan mengurangi tekanan mental

Hal tersebut diteliti oleh Exeter university yang menyebutkan bahwa orang yang tinggal di daerah hijau memiliki kesehatan fisik dan mental yang lebih baik dibandingkan dengan yang tinggal di lingkungan perkotaan.

🌿 Atasi Depresi

Dalam bukunya (1996), Howard Clinebell menuliskan bahwa ekoterapi dapat memiliki kekuatan regeneratif, meningkatkan mood, mengurangi kecemasan, stres, dan depresi.

🌿 Meningkatkan motivasi

Kesimpulan dari penelitian tahun 2007 yang dilakukan oleh university of Essex di Inggris, bahwa hanya dengan berjalan-jalan di ruang hijau sekitar dapat mengurangi tingkat depresi sebanyak 71 persen.

Begitupun dengan lima menit berjalan di taman atau melihat sesuatu yang hijau dapat meningkatkan suasana hati, harga diri, dan motivasi.



#terapihijaudankesehatanmental #manfaatterapihijau #kesehatanmental




No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...