Wednesday, December 13, 2023

Kenali Beragam Jenis Gangguan Makan Pada Wanita

Penulis: Dhona Maria Ananda

Beragam jenis gangguan makan
Zonadona.com


Makan merupakan kebutuhan manusia agar dapat bertahan hidup. Beragam nutrisi yang di dapat dari makanan sangat penting agar sel-sel tubuh dapat beregenerasi dengan baik.

Namun, bagi wanita kegiatan makan yang terlihat simpel dapat menjadi masalah akibat adanya gangguan-gangguan tertentu. 


👉 Gangguan Makan merupakan penyakit yang ditandai perilaku tidak sehat yang berkaitan dengan makanan atau lapar.

Berikut merupakan beberapa jenis gangguan makan pada wanita:


🌼 Binge Eating

Binge eating atau gangguan makan pesta merupakan gangguan makan berlebihan yang ekstrim atau perilaku hilangnya kontrol terkait makan. 

Pemicunya adalah kecemasan, ada tekanan berlebihan, kebosanan, dan depresi. Dampak dari binge eating di antaranya diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan hipertensi.


🌼 Anorexia Nevorsa

Anorexia nervosa adalah suatu kondisi yang ditandai dengan rasa takut berlebih (abnormal) terhadap kenaikan berat badan. Hal tersebut dapat mendorong orang untuk kelaparan dan menjadi sangat kurus. 

Pemicunya dapat berupa peristiwa traumatis, perubahan hidup, bahkan ambisi untuk unggul dalam olahraga atau kecantikan.


🌼 Bulimia Nervosa

Bulimia nervosa merupakan gangguan makan yang ditandai dengan episode purging dan binging dengan cara diinduksi sendiri, olahraga berlebihan, atau menggunakan berbagai macam obat kimia (pil diet, pencahar, diuretik.) 

Pemicunya meliputi tekanan hidup, faktor biologis, dan adanya tekanan masyarakat untuk menjadi kurus.


🌼 Night Eating Syndrome

Night eating syndrome merupakan gangguan makan yang ditandai dengan tertundanya ritme sirkadian atau jam biologis tubuh yang mengatur waktu makan. 

Pengidap gangguan ini akan memiliki kebiasaan makan pada tengah malam, bahkan setelah tertidur. Pemicunya dapat berupa gangguan jam biologis tubuh, program diet tertentu, genetik, atau stres dan depresi.


🌼 Pica

Pica adalah jenis gangguan berupa adanya keinginan dan nafsu makan terhadap zat atau benda yang bukan makanan serta tidak memiliki nilai gizi. Pemicunya malnutrisi dan beberapa penyakit mental.


🌼 Rumination Disorder

Rumination disorder merupakan salah satu penyakit gangguan makan di mana pengidapnya memuntahkan kembali makanan yang masuk dalam perut di luar kesadaran dan terjadi berulang.

Pada umumnya, kondisi ini dapat terjadi 15 - 2 jam setelah makan. Penyebabnya bisa karena faktor psikologis atau medis.




#eatingdisorder #beragamgangguanmakan #womenshealth #healthproblem







No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...