Sunday, December 3, 2023

Kebiasaan Ini Dapat Menurunkan Kesuburan Wanita

Penulis: Dhona Maria Ananda 

Berbagai kebiasaan yang dapat menurunkan kesuburan wanita
Zonadona.com


Selain intensitas hubungan intim, serta kesuburan pria, ada satu faktor penting lagi yang dapat meningkatkan peluang kehamilan. 

Hal tersebut adalah faktor kesuburan wanita. Oleh karena itu, sangat penting pula untuk Zoners mengetahui penyebab penurunan kesuburan wanita. 


👉 Berikut merupakan kebiasaan sehari-hari yang dapat menurunkan kesuburan wanita:

🥀 Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok dapat mengacaukan hormon dan merusak DNA. Merokok juga merupakan penyebab dari 13 persen kasus infertilitas, Zoners. 

Selain itu, merokok dapat mengganggu perkembangan janin dan menurunkan peluang kehamilan. Nikotin dan berbagai zat kimia lainnya dapat masuk ke dalam darah sehingga meningkatkan kemungkinan pertumbuhan sel-sel abnormal pada rahim. 


🥀 Kebiasaan Minum Alkohol

Kebiasaan meminum minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko gangguan ovulasi dan endometriosis, Zoners. Hal tersebut dapat menurunkan kesuburan. 


🥀 Kebiasaan Terpapar Zat Kimia

Secara tidak sadar, wanita sering terpapar zat kimia yang terdapat dalam produk pembersih rumah tangga. Hal tersebut dapat mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh.

Bahkan, tingkat kesuburan wanita yang sering terpapar zat kimia industri, pestisida, atau zat polutan dapat menurun hingga 29 persen. 


🥀 Kebiasaan Makan Berlebihan

Makan makanan secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas. Hal tersebut dapat menyebabkan kesuburan menurun karena terhambatnya proses ovulasi. 


🥀 Kebiasaan Tidak Berolahraga

Dengan rutin berolah raga, Zoners dapat menjaga keseimbangan hormon kesuburan dalam tubuh. 

Namun, pilihlah olah raga yang sesuai dengan kapasitas kemampuan tubuh, karena olah raga yang terlalu berat dapat membuat tubuh stres.


🥀 Kebiasaan Tidak Mengonsumsi Sayur dan Buah

Banyak makan sayur dan buah dapat menurunkan risiko terkena fibroid rahim hingga 50 persen. 

Selain itu, sayur dan buah yang tinggi antioksidan dapat membantu mengurangi radikal bebas, mempertahankan kesehatan sel telur, dan memengaruhi kondisi kesehatan reproduksi.


🥀 Kebiasaan Tidak Melakukan Medical Check Up 

Medical check up secara rutin dapat meningkatkan peluang untuk memiliki keturunan. 

Karena dengan hal tersebut kemungkinan-kemungkinan penyakit atau penghambat terjadinya kehamilan dapat terdeteksi secara dini, dan sebaliknya.



#howtogetpregnant #infertility #penyebabketidaksuburanwanita #kebiasaanyangdapatmenurunkankesuburanwanita







No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...