Thursday, December 7, 2023

Konsumsi Makanan ini agar Fit di Musim Hujan

Penulis: Dhona Maria Ananda 

Makanan sehat saat musim hujan
Zonadona.com


Musim hujan sangat identik dengan basah dan lembap. Hal tersebut tentunya berhubungan dengan rendahnya sinar matahari yang didapat sehingga suhu lingkungan menjadi lebih dingin, Zoners.

Biasanya pada musim hujan banyak bermunculan penyakit yang berhubungan dengan pernafasan, seperti flu, asma, dan lainnya. 

Selain itu, ketika cuaca dingin orang-orang dengan penyakit diabetes, hipertensi, akrithis, dan jantung harus mendapatkan perhatian ekstra. 

Oleh karena itu, penting kiranya menjaga asupan nutrisi makanan yang sesuai agar di musim hujan imunitas tubuh tetap terjaga. Berikut beberapa di antaranya:


🌼 Kacang

Kacang merupakan makanan yang kaya akan senyawa bioaktif. Kacang juga kaya akan senyawa fenolik, protein, fitosterol, dan serat yang sangat baik untuk membantu mengurangi peradangan, kolesterol tinggi, kanker, dan lainnya.

Kacang juga mencegah penambahan berat badan karena rasa ingin ngemil di musim hujan dan memberikan kehangatan kepada tubuh. 

Contoh: kacang brazil, kenari, pistachio, mete, dan almond.


🌼 Sayuran dan Buah

Perbanyak konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C karena dapat mencegah dari berbagai penyakit pernafasan seperti asma, flu, dan lainnya.

Contoh: jeruk, bayam, kentang, dan brokoli.


🌼 Protein Nabati

Sayuran yang kaya akan protein nabati sangat membantu meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga suhu badan anak tetap hangat.

Contoh: lobak, wortel, dan bayam.


🌼 Asam Lemak Omega-3

Sebagian orang pada musim hujan mengalami kerontokan rambut dan kulit kering. Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 bersifat anti inflamasi sehingga dapat membantu menghidrasi dan mengurangi iritasi kulit juga rambut rontok. Selain itu, omega-3 dapat mencegah berbagai macam penyakit pernafasan.

Contoh: ikan salmon dan tuna.


🌼 Makanan Berserat

Makanan berserat menyeimbangkan asupan kalori ekstra, menambah sistem imunitas tubuh, meningkatkan hidrasi, dan mengurangi masalah pencernaan.

Contoh: lobak dan ubi jalar.





#womenshealth #dailytipstostayhealthy #makananyangcocokdimusimhujan #healthyfoodforrainyseason #lifestyle






No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...