Sunday, January 21, 2024

Kenali Penyebab & Gejala Pelvic Inflammatory Disease

Penulis: Dhona Maria Ananda

Penyebab dan gejala radang panggul
Zonadona.com


Dilaporkan dari Cleveland Clinic, lebih dari satu juta wanita di Amerika setiap tahunnya terkena Penyakit Radang Panggul (PID.)

Penyakit radang panggul ini paling sering terjadi pada wanita berusia antara 15-25 tahun dan dapat menular lho, Zoners.


👉 Penyakit radang panggul (PID) adalah infeksi yang terjadi pada rahim, saluran tuba, dan atau ovarium.

PID berkembang ketika jenis bakteri tertentu menyebar dari vagina ke organ reproduksi. Skemanya: bakteri dari vagina ditularkan melalui leher rahim dan naik ke rahim, saluran tuba, dan ovarium.

Biasanya, serviks berfungsi untuk mencegah bakteri masuk ke organ reproduksi lainnya. Namun, infeksi yang serius membuat serviks tidak dapat melakukannya dengan baik.


👉 Kebanyakan wanita terserang penyakit radang panggul 90% melalui hubungan intim tanpa kondom. Bakteri dari infeksi menular merupakan penyebab paling umum dari penyakit radang panggul seksual.

Dua infeksi yang paling umum menyebabkan PID adalah gonore dan klamidia.


👉 Dalam beberapa kasus, penyakit peradangan panggul dapat terjadi karena kondisi setelah persalinan dan operasi panggul. Selain itu bakteri yang menyebabkan peradangan panggul juga dapat masuk melalui kehamilan dan mendapatkan perangkat intrauterine (IUD.)


👉 Gejala penyakit radang panggul dapat berupa nyeri di perut atau perut bagian bawah dan keputihan yang tidak normal (warna dan bau.)

Selain itu, gejala lainnya dapat berupa demam atau menstruasi, mual dan muntah, serta nyeri saat berhubungan intim.

Adanya sensasi terbakar saat buang air kecil, menstruasi/bercak darah tidak teratur, serta kram sepanjang bulan merupakan gejala umum lainnya.


👉 Gejala PID dari infeksi gonore atau klamidia dapat dirasakan dalam hitungan hari atau minggu. Namun, jika penyakit radang panggul disebabkan oleh gejala lain yang akan terasa setelah beberapa bulan.





#penyakitginekologi  #kesehatanperempuan #penyakitradang panggul #penyebabdangejalapenyakitradangpanggul #penyebabradangpanggul #gejalaradangpanggul




No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...